Hadits Shahih Al-Bukhari No. 96 – Kitab Ilmu

Pecihitam.org – Hadits Shahih Al-Bukhari No. 96 – Kitab Ilmu ini, menjelaskan bahwa anjuran untuk memberikan nasihat kepada keluarga -sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya- bukan hanya merupakan tugas kepala keluarga saja, akan tetapi juga dianjurkan kepada seorang pemimpin ataupun wakilnya untuk memberikan nasihat kepada mereka. Keterangan hadist dikutip dan diterjemahkan dari Kitab Fathul Bari Jilid 1 Kitab Ilmu. Halaman 370-371.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ أَيُّوبَ قَالَ سَمِعْتُ عَطَاءً قَالَ سَمِعْتُ ابْنَ عَبَّاسٍ قَالَ أَشْهَدُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْ قَالَ عَطَاءٌ أَشْهَدُ عَلَى ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَ وَمَعَهُ بِلَالٌ فَظَنَّ أَنَّهُ لَمْ يُسْمِعْ فَوَعَظَهُنَّ وَأَمَرَهُنَّ بِالصَّدَقَةِ فَجَعَلَتْ الْمَرْأَةُ تُلْقِي الْقُرْطَ وَالْخَاتَمَ وَبِلَالٌ يَأْخُذُ فِي طَرَفِ ثَوْبِهِ قَالَ أَبُو عَبْد اللَّهِ وَقَالَ إِسْمَاعِيلُ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ عَطَاءٍ وَقَالَ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَشْهَدُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Baca Juga:  Macam-macam Kitab Arbain dan Keistimewaan Kitab Hadis Arbain Nawawi

Terjemahan: Telah menceritakan kepada kami [Sulaiman bin Harb] berkata, Telah menceritakan kepada kami [Syu’bah] dari [Ayyub] berkata; aku mendengar [‘Atho’] berkata; aku mendengar [Ibnu ‘Abbas] berkata: aku menyaksikan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam -sedang menurut ‘Atho’, dia berkata; aku menyaksikan Ibnu ‘Abbas berkata; – bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam keluar bersama Bilal, -dan dia mengira bahwa dia tidak mendengar, – maka Nabi memberi pelajaran kepada para wanita dan memerintahkan untuk bersedekah, maka seorang wanita memberikan anting dan cincin emasnya, dan Bilal memasukkannya ke saku bajunya. Berkata Abu Abdullah; dan [Isma’il] berkata; dari [Ayyub] dari [‘Atho’], dan dia berkata; dari [Ibnu ‘Abbas] bahwa ia bersaksi terhadap Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Baca Juga:  Hadits Shahih Al-Bukhari No. 654-655 – Kitab Adzan

Keterangan Hadis: Dengan judul bab ini. Imam Bukhari menjelaskan bahwa anjuran untuk memberikan nasihat kepada keluarga -sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya- bukan hanya merupakan tugas kepala keluarga saja, akan tetapi juga dianjurkan kepada seorang pemimpin ataupun wakilnya untuk memberikan nasihat kepada mereka. Hal ini diambil dari perkataan Ibnu Abbas, “Kemudian beliau memberikan kepada nasihat kepada kaum wanita.”

Nasihat tersebut berupa sabdanya. “Saya melihat bahwa sebagian besar dari kamu (kaum wanita) menjadi penghuni neraka, karena kamu sering melakukan sumpah palsu (li’an) dan mendurhakai suami.” Sedangkan pernyataan bahwa Rasulullah telah memberikan pelajaran kepada mereka berdasarkan perkataan Ibnu Abbas. “Dan memerintahkannya untuk bersedekah” dari sini dapat disimpulkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam mengajarkan kepada mereka bahwa sadaqah dapat menghapuskan dosa atau kesalahan yang telah mereka lakukan.

Baca Juga:  Hadits Shahih Al-Bukhari No. 28 – Kitab Iman

الْقُرْط (Anting-anting). Maksudnya adalah, perhiasan yang dipakai di telinga kaum wanita. Penjelasan tentang matan hadits ini. insya Aliah akan dipaparkan dalam bab “Al ‘Idaini (dua hari raya).”

M Resky S