Ini Daftar 22 Hoax di Bulan April, Kominfo: Banyak Terkait Pilpres 2019

Daftar 22 Hoax di Bulan April

Pecihitam.org – Pemilu sudah usai, namun penyebaran konten Negatif, narasi kebencian dan Hoax pilpres belum juga berhenti di Media Sosial. Terutama Hoax di Bulan April ini..

Dilansir dari news.detik.com (19/04), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat setidaknya ada 22 hoax yang beredar di masyarakat. Dari 22 hoax yang dihimpun, paling banyak terkait Pemilu 2019.

Kominfo menginventarisasi puluhan hoax tersebut beserta analisisnya. Berikut ini 22 hoax Pilpres yang telah diinventarisasi oleh Kominfo hingga Kamis (18/4/2019):

Selain itu, Beberapa hoax yang dideteksi Kominfo di antaranya mengenai eksodus WNI ke luar negeri karena khawatir terjadi chaos seusai pilpres, salam dua jari di millennial road safety festival, dan penghitungan hasil quick count di Metro TV yang memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca Juga:  Pesan Pemilu dari Gus Mus: Kalau Kalah Legowo, Kalau Menang Tak Euforia Berlebihan

Hoax lain yang dideteksi Kominfo adalah soal tudingan lembaga survei yang berpihak kepada salah satu pasangan capres-cawapres, isu adanya kecurangan di pilpres, seperti surat suara yang tercoblos.

Selain itu, ada hoax yang menyebutkan cawapres Sandiaga Uno diusir Prabowo Subianto karena menolak ikut deklarasi kemenangan.

Hoax lain yang dideteksi Kominfo adalah klaim KKB Papua soal tewasnya prajurit TNI dan surat suara yang dibakar, Prabowo-Sandi yang menang berdasarkan exit poll di Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand, hingga soal Syekh Ali Jaber yang mendukung Jokowi.

Laporan ini dikeluarkan Subdit Pengendalian Konten Internet Kominfo. Laporan penyaringan hoax pilpres di media sosial ini rutin dilakukan Kominfo.

Baca Juga:  NKRI Bersyariah: Cuma Manifes Politik Kekecewaan

Redaksi

Redaksi at Pecihitam.org
Suka Menulis? Silahkan kirimkan tulisan dengan topik seputar Keislaman ke email redaksi di portalpecihitam@gmail.com
Redaksi