Inilah Keutamaan Membaca Surat Al Ikhlas yang Wajib Kamu Tahu

keutamaan surat al ikhlas

Pecihitam.org – Surat Al Ikhlas sendiri merupakan surat yang ke 112 dalam Al-Qur’an, Surat ini berbicara tentang tauhid dan adab bertauhid sehingga surat Al Ikhlas berbobot sepertiga dari Al-Qur’an. Ada banyak keutamaan surat Al Ikhlas yang perlu kita ketahui.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Seperti yang disabdakan Rasulullah Dari Abu Sa’id al-Khudri r.a dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنَّها لَتَعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرْآنِ

“Demi (Allah) yang jiwaku di tangan-Nya, sesungguhnya surah al-Ikhlas sebanding (dengan) sepertiga al-Qur’an”(HR. Bukhori)

Mengapa surat Al Ikhlas sebanding dengan sepertiga dari Al Qur’an karena didalam Al Qur’an terdapat tiga pembahasan yaitu tauhid, syariat dan berita tentang makhluk. Kendati demikian bukan berarti dengan membaca tiga kali surat Al Ikhlas dapat mengganti bacaan seluruh Al Qur’an, maksudnya adalah dari segi ganjaran sama dengan membaca seluruh Al Qur’an.

Adapun keutamaan ataupun fadhilah dari membaca surat Al Ikhlas yaitu.

1. Akan mendapatkan cinta dari Allah

Sesuai dengan sabda Rasulullah, bahwa orang yang mencintai surat ini maka ia akan dicintai oleh Allah SWT. Dari A’isyah Radhiyallahu ‘anha, beliau berkata:

Baca Juga:  Kaum Sufi di antara Wahabi dan Syiah

أَنَّ النَّبِيَّ بَعَثَ رَجُلاً عَلَى سَرِيَّةٍ، وَكَانَ يَقْرَأُ لأَصْحَابِهِ فِي صَلاَتِهِ، فَيَخْتِمُ بِـ قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ، فَلَمَّا رَجَعُوا، ذَكَرُوا ذَلِكَ لِلنَّبِيِّ ، فَقَالَ: ((سَلُوْهُ، لأَيِّ شَيْءٍ يَصْنَعُ ذَلِكَ؟))، فَسَأَلُوْهُ، فَقَالَ: لأَنَّهَا صِفَةُ الرَّحْمَنِ، وَأَنَا أُحِبُّ أَنْ أَقْرَأَ بِهَا، فَقَالَ النَّبِيُّ : ((أَخْبِرُوْهُ أَنَّ اللهَ يُحِبُّهُ)).

“Sesungguhnya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengutus seseorang kepada sekelompok pasukan, dan ketika orang itu mengimami yang lainnya di dalam shalatnya, ia membaca, dan mengakhiri (bacaannya) dengan قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ, maka tatkala mereka kembali pulang, mereka menceritakan hal itu kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau pun bersabda: “Tanyalah ia, mengapa ia berbuat demikian?” Lalu mereka bertanya kepadanya. Ia pun menjawab: “Karena surat ini (mengandung) sifat ar Rahman, dan aku mencintai untuk membaca surat ini,” lalu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Beritahu dia, sesungguhnya Allah pun mencintainya”(HR. Bukhori, muslim)

2. Akan dimasukan kedalam surga

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

Baca Juga:  Surat al Ikhlas; Tulisan Arab, Manfaat dan Hadis Tentang Keutamaannya

أَقْبَلْتُ مَعَ رَسُوْلِ اللهِ ، فَسَمِعَ رَجُلاً يَقْرَأُ قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ. اللهُ الصَّمَدُ، فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ : ((وَجَبَتْ))، قُلْتُ: وَمَا وَجَبَتْ؟ قَالَ: ((الجَـنَّةُ)).

“Aku datang bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu beliau mendengar seseorang membaca: قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ. اللهُ الصَّمَدُ  Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Telah wajib,” aku bertanya: “Apa yang wajib?” Beliau bersabda, “(Telah wajib baginya) surga. (HR. At- Tirmidzi dan Nasa’i)

3. Akan diampuni dosanya.

Dikisahkan ada seseorang yang berada dalam masjid, ia telah selesai mengerjakan sholat, ketika bertasyahud ia berdoa agar diampuni dosanya dan terdapat bacaan surat Al Ikhlas didalamnya. Kemudian Rasulullah mendengar doa tersebut dan beliau bersabda :

Baca Juga:  Ilmu Tajwid dalam Islam, Siapakah Penggagasnya? Ini Sejarahnya!

“ Sungguh ia telah diampuni dosa-dosanya” beliau mengucapkannya sebanyak tiga kali. (HR. Abu Dawud, Ahmad, dan Nasa’i)

4. Mendapatkan pahala setara orang yang berada di dalam kubur.

ﻭَﺣَﺪِﻳْﺚُ ﻋَﻠِﻲٍّ ﺭَﺿِﻲَ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻨْﻪُ ﻣَﺮْﻓُﻮْﻋًﺎ ﻣَﻦْ ﻣَﺮَّ ﻋَﻠَﻰ ﺍﻟْﻤَﻘَﺎﺑِﺮِ ﻭَﻗَﺮَﺃَ ﻗُﻞْ ﻫُﻮَ ﺍﻟﻠﻪُ ﺃَﺣَﺪٌ ﺃَﺣَﺪَ ﻋَﺸَﺮَ ﻣَﺮَّﺓً ﻭَﻭَﻫَﺐَ ﺍَﺟْﺮَﻩُ ﻟِﻼَﻣْﻮَﺍﺕِ ﺍُﻋْﻄِﻰَ ﻣِﻦَ ﺍْﻻَﺟْﺮِ ﺑِﻌَﺪَﺩِ ﺍْﻷَﻣْﻮَﺍﺕِ ﺭَﻭَﺍﻩُ ﺃَﺑُﻮْ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺍﻟﺴَّﻤَﺮْﻗَﻨْﺪِﻱ

Hadits dari Ali r.a secara marfu’“Barangsiapa melewati kuburan kemudian membaca surat al-Ikhlas 11 kali dan menghadiahkan pahalanya kepada orang yang telah meninggal, maka ia mendapatkan pahala sesuai bilangan orang yang meninggal. (HR. Abu Muhammad al-Samarqandi). (Lihat : Tafsir al-Mudzhiri I/3733 dan al-Hafidz al-Suyuthi dalam Syarh al-Shudur I/303)

Itulah beberapa keutamaan surat Al Ikhlas, semoga kita dapat membaca dan mengamalkannya secara istiqamah. Wallahua’lam.

Lukman Hakim Hidayat