Istimewa, Inilah Rahasia Angka 7 dalam Islam yang Jarang Diketahui

Rahasia Angka 7 dalam islam

Pecihitam.org – Diantara banyaknya angka dan banyaknya bilangan ada yang sangat akrab dan merupakan bilangan istimewa dalam Islam. Angka tersebut ialah angka 7 (tujuh) dimana angka ini sangat akrab digunakan oleh umat Islam, selain juga terdapat rahasia dan kisah-kisah di dalam Al-Qur’an Hadits dan kisah lainnya yang berkaitan dengan ibadah.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Peneliti Al-Qur’an menyatakan bahwa ada sebuah sistem yang tersimpan didalam angka 7. Jika kita mengamatinya angka 7 juga menjadi petunjuk kehidupan dan alam. Dimana yang pertama yaitu alam semesta yang tak terlepas dari angka tujuh, tercantum dalam surat ath-Thalaq ayat 12:

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ الْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْمًا

“Hanya Allah yang menciptalan tujuh lapis langit dan menciptakan bumi seperti itu (langit) juga susunannya. (maknanya tujuh lapisan bumi) diantara semua itu perintah dan takdir Allah berlaku. Dia juga menerapkan hukum-hukumnya disemua itu, supaya kalian mengetahui wahai para hamba-Ku bahwa sesungguhnya Allah adalah dzat yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu dan ilmuNya meliputi segala sesuatu sehingga tidak ada yang tersembunyi dari Nya (QS. Ath-Thalaq: 12)

Dari firman Allah diatas ditegaskan bahwa Allah memilih angka 7 dijadikan sebagai jumlah tingkatan langit dan juga bumi. Selain itu menurut riwayat Allah juga menciptakan dunia dan seisinya dalam waktu 7 hari. Penyebutan angka tujuh juga ada dalam surat Al-Baqoroh ayat 29:

Baca Juga:  Tanggung Jawab Terhadap Anak Akibat Perceraian

هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَىٰ إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ ۚ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

“Dialah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak menciptakan langit lalu dijadikanNya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Hal ini juga berlaku pada struktur atom, dan juga struktur elektron. Kemudian rahasia angka 7 dalam islam ialah angka yang memiliki posisi penting dan sering diucapkan berulang-ulang oleh Rasulullah Saw. Ketika Rasulullah sedang berbicara tentang dosa besar, beliau menyebutkan dosa-dosa besar hingga tujuh macam. Demikian juga saat berbica tentang hari akhir dimana beliau juga mengatakan bahwa saat itu siksaan hingga tujuh kali lipat besar bumi.

Baca Juga:  Tahukah Kamu? Wedang Jahe Ternyata Adalah Minuman Surga

“Siapa saja yang berbuat lalim sepanjang satu jengkal tanah, maka dia akan dibebani beban seberat tujuh bumi.” (HR Bukhari Muslim)

Begitu pula dalam ibadah dimana ketika kita sujud juga menggunakan tujuh anggota tubuh. Menurut Syaikh Muhammad Syatha Dimyati beliau mengatakan:

وَيُقَالُ لَا اِلَهَ اِلَّا الله مُحَمَّدٌ رَّسُوْلُ اللهِ سَبْعُ كَلِمَاتٍ وَلِلْعَبْدِ سَبْعَةُ اَعْضَاءٍ وَلِلنَّارِ سَبْعَةُ اَبْوَابٍ فَكُلُّ كَلِمَةٍ مِنْ هَذِهِ الْكَلِمَاتِ السَبْعِ تُغْلِقُ بَابًا مِنْ اَبْوَابِ النَّارِ السَبْعَةِ عَنْ كُلِّ عُضْوٍ مِنَ الْاَعْضَاءِ السَبْعَةِ

“Dikatakan, lafadz Lailaha illaLlahu Muhammada Rasulullah terdiri dari tujuh kata. Pada diri hambapun terdapat tujuh anggota badan. Neraka juga memiliki tujuh pintu. Barang siapa membaca tujuh kata ini, maka dapat mengunci pintu-pintu neraka dari setiap anggota badan yang tujuh.” (Syekh Muhammad Syatha Dimyathi, Kifayatul Atqiya wa Minhajul Ashfiya (Indonesia: Daru Ihya Al-Kutub Al-Arabiyah, hal. 109)

Tujuh anggota badan merupakan sumber terjadinya kemaksiatan. Mata, lidah, telinga, tangan, perut, alat kelamin dan kaki. Dengan membaca lafadz لا إله إلا الله محمد رسول الله, (la ilaha illallah muhammad rasulullah) yang berjumlah tujuh kata harapannya ialah Allah akan mengampuni dosa-dosa dari ketujuh anggota badan tersebut.

Baca Juga:  Mendalami Makna Dan Faedah Sabar Dalam Islam

Demikianlah ulasan mengenai rahasia angka 7 yang ternyata begitu istimewa dalam agama Islam. Bahkan jika di ulas lebih panjang keistimewaan angka ini masih banyak sekali. Semoga bermanfaat dan semakin menambah khazanah pengetahuan kita bersama. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik