Jangan Sampai Terlewatkan, Inilah 6 Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

Keutamaan Sedekah Hari Jumat

Pecihitam.org– Jumat sebagai sayyidul ayyam memang begitu kaya akan keutamaan. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah bersedekah. Maka, dalam tulisan ini akan disampaikan 6 keutamaan sedekah di Hari Jumat.

Mengawali uraian tentang keutamaan sedekah di Hari Jumat, saya kutipkan hadis riwayat Abdurrazzaq berikut:

   وَلَمْ تَطْلُعِ الشَّمْسُ وَلَمْ تَغْرُبْ مِنْ يَوْمٍ أَعْظَمُ مِنْ يَوْمِ اْلُجُمُعَةِ وَالصَّدَقَةُ فِيْهِ أَعْظَمُ مِنْ سَائِرِ اْلاَيَّامِ

“Dan tidak ada matahari yang terbit dan terbenam pada suatu hari yang lebih utama dibanding hari Jumat. Bersedekan pada hari Jumat lebih besar pahalanya daripada semua hari lainnya.”

Begitulah, Hari Jumat memang merupakan hari terbaik untuk bersedekah. Ibnu Qayyim mengibaratkan sedekah pada hari mulia ini sebagai berikut:

وِالصَّدَقَةُ فِيْهِ بِالنِّسْبَةِ إِلَى سَائِرِ أَيَّامِ اْلأُسْبُوْعِ كاَلصَّدَقَةِ فِيْ شَهْرِ رَمَضَانَ بِالنَّسْبَةِ إِلَى سَائِرِ الشُّهُوْرِ

Baca Juga:  Jawaban untuk Wahabi yang Mengatakan Hadits Qunut Subuh Itu Dhoif

“Keutamaan sedekah di hari Jumat dibanding semua hari dalam sepekan seperti keutamaan sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan bulan-bulan lainnya.”

Agar lebih termotivasi, berikut 6 keutamaan melakukan sedekah di Hari Jumat

  1. Seperti Sedekah di Bulan Ramadhan
    Keutamaan melakukan sedekah di hari Jumat jika dibandingkan dengan hari lainnya adalah seperti halnya bersedekah di bulan Ramadhan, sebagaimana perkataan Ibnu Qayyim di atas
  2. Pahala Berlipat Ganda
    Karena Hari Jumat merupakan hari terbaik, maka setiap amal kebaikan yang dilakukan di hari ini, termasuk sedekah akan dilipatgndakan nilai dan pahalanya.
  3. Membawa Keberkahan
    Bersedekah terlebih di hari Jumat akan membawa keberkahan bagi diri dan keluarga. Baik keberkahan dalam harta maupun dalam hal-hal lainnya. Perlu juga diketahui, bahwa sedekah tidak harus berbentuk uang, melainkan bisa dalam bentuk bantuan tau kebaikan-kebaikan lainnya.
  4. Memperkuat Tali Silaturahmi
    Nabi berpesan, “Saling memberilah kalian, maka kalian akan saling mencintai”. Dan pemberian atau sedekah yang dilakukan di hari Jumat sungguh akan lebih membuat ikatan tali silaturahmi menjadi kuat, bahkan akan kembali merapatkan ikatan silaturahmi yang mulai renggang.
  5. Hari Terbaik untuk Beramal Shaleh
    Jumat merupakan hari terbaik untuk memperbanyak amal shaleh. Dalam salah satu hadisnya Nabi berpesan agar memperbanyak membaca shalawat di hari ini.
Baca Juga:  Cara Bersiwak Sesuai Sunnah dan Faedah yang Tersembunyi di Baliknya

Tentu makna hadits tersebut bisa juga dipahami dengan memperbanyak amal lain yang salah satunya adalah bersedekah, berbagi kepada sesama.

  1. Mengamalkan Sunnah Nabi
    Ya, salah satu sunnah Nabi yang selalu beliau lakukan adalah bersedekah di Hari Jumat.

Disebutkan oleh Imam Bujairimi dalam Tuhfah al-Habib ‘ala Syarh al-Khatib tentang hari Jum’at disebutkan jika, “Disunnahkan memperbanyak  sedekah dan berbuat kebaikan di siang dan malam hari Jum’at. Juga disunnahkan memperbanyak shalat atas Rasulillah Shallallahu ‘alaihi Wasallam di siang dan malam harinya berdasarkan khabar.”

Demikian 6 keutamaan bersedekah di Hari Jumat. Semoga Allah senantiasa memberikan taufiq-Nya kepada kita untuk senantiasa mudah melakukan kebaikan, salah satunya bersedekah di Hari Jumat yang agung dan mulia ini. Amin ya Rabbal ‘alamin.

Baca Juga:  Anak Angkat dalam Islam dan Ketentuan Hukum Warisnya
Faisol Abdurrahman
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG