Istimewa, Inilah Khasiat Al Quran Sebagai Obat Segala Penyakit

al quran sebagai obat segala penyakit

Pecihitam.org – Al Quran adalah Mukjizat nabi Muhammad Saw yang diperuntukkan bagi seluruh umat Muslim. Al Quran selain sebagai penolong umat di akhirat kelak juga menjadi penolong di dunia. Salah satunya adalah sebagai asy Syifa atau obat. Bahkan ada yang mengatakan bahwa Al Quran dapat digunakan sebagai obat untuk segala penyakit.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Beberapa ayat di dalam Al Qur’an yang menerangkan khasiat Al Quran sebagai obat segala penyakit antara lain terdapat dalam surat Yunus ayat 57, surat Al Isra’ ayat 82 dan surat al Fusilaat ayat 44. Adapun berikut bacaan dan ulasannya:

1. Surat Yunus ayat 57

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ

“Wahai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS.Yunus:57)

Dalam ayat diatas ditunjukkan bahwa Al Qur’an diturunkan bukan hanya sebagai pedoman dan pelajaran bagi manusia, akan tetapi ia diturunkan sebagai obat.

Baca Juga:  Membaca Al-Quran Dengan Cepat, Apakah Dibolehkan?

2. Surat al Isra’ ayat 82

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِين

“Dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS.al-Isra’:82)

Bagi orang yang beriman tentu al Qur’an bukan hanya sekedar bacaan ataupun tulisan yang biasa saja, karena Al Qur’an merupakan suatu kemukjizatan yang dapat menuntun dan menolong bagi siapa saja yang menimaninya.

3. Surat Fussilat ayat 44

قُلْ هُوَ لِلَّذِينَ آمَنُوا هُدًى وَشِفَاءٌ

Katakanlah: “Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin.” (QS.Fussilat:44).

Jadi sudah sangat jelas bahwa Al Quran merupakan obat baik untuk penyakit dzahir maupun batin. Adapun yang paling sering ayat-ayat Al Qur’an digunakan sebagai obat dengan cara ruqyah.

Ada satu kisah ruqyah yang fenomenal  yang dilakukan oleh sahabat Rasulullah dengan memaca surat Al Fatikhah. Hal ini diabadaikan di dalam Hadits Rasulullah SAW :

Baca Juga:  Mencontoh Amalan Sebelum Tidur Rasulullah SAW

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ كُنَّا فِي مَسِيرٍ لَنَا فَنَزَلْنَا فَجَاءَتْ جَارِيَةٌ فَقَالَتْ إِنَّ سَيِّدَ الْحَيِّ سَلِيمٌ وَإِنَّ نَفَرَنَا غَيْبٌ فَهَلْ مِنْكُمْ رَاقٍ فَقَامَ مَعَهَا رَجُلٌ مَا كُنَّا نَأْبُنُهُ بِرُقْيَةٍ فَرَقَاهُ فَبَرَأَ فَأَمَرَ لَهُ بِثَلَاثِينَ شَاةً وَسَقَانَا لَبَنًا فَلَمَّا رَجَعَ قُلْنَا لَهُ أَكُنْتَ تُحْسِنُ رُقْيَةً أَوْ كُنْتَ تَرْقِي قَالَ لَا مَا رَقَيْتُ إِلَّا بِأُمِّ الْكِتَابِ قُلْنَا لَا تُحْدِثُوا شَيْئًا حَتَّى نَأْتِيَ أَوْ نَسْأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا قَدِمْنَا الْمَدِينَةَ ذَكَرْنَاهُ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ وَمَا كَانَ يُدْرِيهِ أَنَّهَا رُقْيَةٌ اقْسِمُوا وَاضْرِبُوا لِي بِسَهْم

Dari Abu Sa’id Al-Khudri berkata, “Dalam sebuah perjalanan jauh, kami singgah di suatu tempat. Kemudian datang hamba sahaya perempuan berkata, ‘ketua kampung kami sakit, adalah di antara kalian yang bisa meruqyah? Lalu salah seorang di antara kita bangkit dan kami tidak tahu sebelumnya dia bisa meruqyah. Kemudian laki-laki itu meruqyahnya sehingga si ketua kampung itu sembuh. Karena itu sang ketua kampung menyuruh memberinya hadiah 30 kambing dan kami dijamu dengan susu kambing.

Ketika dia kembali kami bertanya kepadanya apakah dia ahli meruqyah atau pernah meruqyah? Laki-laki itu menjawab, saya hanya membacakannya Ummul Kitab (Alfatihah). Kami katakana padanya agar jangan menceritakan hal ini hingga kita datang atau menanyai Rasulallah. Ketika kita sudah sampai Madinah kami menceritakannya kepada Nabi Saw, beliau berkata, “Lalu siapa yang memberitahukannya, bahwa itu adalah ruqyah. Bagikanlah kambing itu, dan aku juga diberi bagian.” (HR. Bukhari)

Dari penjelasan dan kisah diatas menunjukan bahwa Al Quran bisa dijadikan sebagai obat untuk segala penyakit, bukan hanya penyakit batin namun juga penyakit dzahir atas izin dari Allah SWT. Wallahua’lam.

Baca Juga:  Bahayanya Dakwah Muallaf, Baru Belajar Islam kok Malah Sok 'Ngajarin'
Lukman Hakim Hidayat