Mau Istri yang Sempurna? Pilihlah Perempuan yang Punya Ciri Ini

Mau Istri yang Sempurna, Pilihlah Perempuan yang Punya Ciri Ini

Pecihitam.org – Pernikahan adalah ibadah paling besar dan juga dapat menyempurnakan setengah dari agamanya. Pernikahan itu bukan untuk dimain-mainkan, olehnya itu banyak sekali para lelaki ingin memperoleh istri yang sempurna agar dia selamat dan juga dapat menyempunakan sebahagian dari agamanya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Istri yang sempurna itu tidak selalu identik dengan istri yang salehah, akan tetapi istri yang sempurna itu istri yang memiliki sifat-sifat berikut. Ini 8 (delapan) sifat perempuan yang sunhat dipilih oleh lelaki yaitu:

1. Perempuan yang beragama

Sunnah memilih perempuan yang beragama, salehah, takut kepada Allah swt, selalu beribadah dan menjauhkan semua yang diharamkan.

Rasulullah saw pernah bersabda:

تُنْكَحُ المَرْأَةُ لِمَالِهَا وَجَمَالِهَا وَحَسَبِهَا ودِيْنِهَا فَعَلَيْكَ بِذَاتِ الدِيْنِ

Menikahlah Perempuan itu karena hartanya, karena cantiknya, karena bangsanya dan karena agamanya maka pastikanlah menikah dengan Perempuan yang mempunyai agama.

Rasulullah saw juga pernah bersabda:

“Barang siapa yang ingin menikah dengan perempuan karena harta dan cantik rupanya, maka diharamkan harta dan cantik rupanya itu. Artinya dicegahkan harta dan cantiknya. Barang siapa yang menikah karena agamanya, maka Allah memberi rezeki yang mempunyai harta dan juga cantik rupanya.

Dari dua hadis di atas dapat dipahami bahwa sebaiknya bagi lelaki memilih istri yang mempunyai agama kerena dapat membantunya dalam menjalankan ibadah dan mendirikan agama.

Baca Juga:  Pentingnya Sifat Malu dalam Islam yang Wajib Kamu Ketahui

2. Perempuan yang baik akhlaknya

Memilih istri yang baik akhlaknya dapat membantu suami dalam menyelesaikan ibadah. Karena istri yang buruk akhlak dan lidahnya dapat membahayakan suami, tidak memberinya manfaat.

Sebahagian ulama berkata: janganlah menikah dengan perempuan yang mempunyai enam sifat, yaitu:

  • Al-Annah, yaitu perempuan yang banyak keluh kesah, mengadu-ngadukan halnya, keadaannya selalu menghiasi diri.
  • Al-Mannanah, yaitu perempuan yang banyak mengungkit kepada suami, seperti “aku berbuat kebaikan kepadamu tetapi kamu tidak berbuat kebaikanmu kepadaku”.
  • Al-Khananah, yaitu perempuan yang menginginkan suami lain dan anak dari suami yang lain. Inilah sebahagian sifat yang wajib dijauhkan.
  • Al-Khazaqah, yaitu perempuan yang ketika melihat atau ingin kepada sesuatu, dia selalu meminta kepada suami untuk dibelikannya.
  • Al-Baraqah, yaitu mempunyai dua makna. Pertama, perempuan yang sepanjang hari hanya makan dan menghiasi diri agar cantik wajahnya. Kedua, perempuan yang rakus atau tidak merasa cukup dengan makanan yang ada, dan tidak mau makan bersama dengan suami kecuali sendiri.
  • Al-Syadaqah, yaitu perempuan yang banyak bicara.
Baca Juga:  Larangan bagi Manusia Bersifat Sombong Walau Hanya Seberat Dzarroh

3. Perempuan yang cantik rupanya

Sunnah memilih perempuan yang cantik karena dapat memelihara dirinya dari keinginan kepada perempuan lain. Namun, jangan menikah dengan perempuan yang cantik rupanya saja tetapi tidak mempunyai agama.

4. Perempuan yang sedikit maharnya (maskawin)

Rasulullah saw pernah bersabda: perempuan yang lebih baik adalah yang cantik dan sedikit maharnya. Rasulullah saw juga pernah bersabda, perempuan yang berkah adalah perempuan yang cepat menikah, cepat mengandung dan sedikit maharnya.

 5. Perempuan yang banyak anak.

 Rasulullah saw pernah bersabda:

بِالوَلُوْدِ الوَدُوْدِ

“Tetapkan dirimu menikah dengan perempuan yang banyak anak dan yang banyak kasih sayang kepada suaminya.

6. Perempuan gadis.

Rasulullah saw pernah bersabda: bagi Jabir r.a, yang menikah dengan istri janda:

هَلاً بِكْرًا تُلَاعِبُهَا وَتُلَاعِبُكَ

Mengapa engkau tidak menikah dengan gadis supaya engkau bermain-main dengan dia dan dia bermain-main dengan engkau.

7. Perempuan yang baik nasabnya (keturunan)

Sunnah memilih perempuan yang baik keturunan yaitu dari anak cucu orang-orang yang beragama dan dari anak cucu orang alim.

Baca Juga:  Min Haitsu Laa Yahtasib, Keajaiban Datang dari Arah yang Tak Disangka-sangka

Sabda Rasulullah saw, pilihlah perempuan yang merupakan tempat manimu, artinya perempuan yang suka berhubungan seksual karena kemuliaanmu itu tertinggal padanya.

8. Perempuan yang bukan kerabat dekat

Memilih perempuan dari kerabat dekat itu dapat mengurangkan syahwat,. Rasulullah saw pernah bersabda:

“Jangan kamu menikah dengan kerabat dekat karena dapat mengakibatkan anaknya itu lahir lemah tubuhnya.

Jadi kepada para lelaki yang ingin memperoleh istri yang sempurna, maka pilihlah perempuan yang ada 8 (delapan) sifat yang sudah disebutkan di atas. Semoga bermanfaat dan tepat pada pilihannya. Wallahu a’lam.

Disarikan Dari: Kitab Muhimmah (kitab yang disamping kitab al-Yawaqib wa al-Jawahir), hal. 42-45.

Mehri Andani MB