Meneladani Rasulullah dengan Mengambil Manfaat Puasa Senin Kamis

manfaat puasa senin kamis

Pecihitam – Puasa sunnah yang dilakukan pada hari senin dan kamis merupakan salah satu ibadah sunnah yang banyak dilakukan oleh para muslim. Meskipun hanya sebuah ibadah sunah, manfaat puasa Senin Kamis sangat banyak. Puasa Senin-Kamis juga memiliki kelebihan dan keutamaan luar biasa.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Diriwayatkan dari Abu Qotadah Al Anshori, Rasulullah SAW pernah ditanya tentang puasa pada hari Senin. Beliau menjawab sebagai berikut:

ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

Artinya: “Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.”(HR. Muslim)

Manfaat puasa Senin Kamis yang pertama adalah karena di hari Senin, Rasulullah SAW dilahirkan. Maka dari itu, Senin merupakan hari yang mulia. Untuk itu, kita disunnahkan agar berpuasa.

Sebuah hadits di riwayatkan pula dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda sebagai berikut:

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

Artinya: “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.”(HR. Tirmidzi).

Manfaat kedua puasa Senin-Kamis menurut hadits di atas adalah agar amalan umat Islam menjadi lebih baik ketika dihadapkan pada Allah saat hari Senin dan Kamis. Seorang muslim pasti akan sangat bahagia apabila amalan yang dihadapkannya pada Allah adalah amalan-amalan baik yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga:  Bolehkah Kita Menerima Hadiah dari Tabungan di Bank?

Anjuran untuk senantiasa puasa di hari Senin dan Kamis adalah langsung dari Rasululullah SAW. Bahkan, Rasulullah SAW sendiri sangat menaruh perhatian terhadap puasa hari Senin dan Kamis ini. Dalam hadis riwayat Imam Nasai dan Ibnu Majah dari Sayidah Aisyah, dia berkata;

إِنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يَتَحَرَّى صِيَامَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ.

Artinya: “Rasulullah SAW biasa menaruh pilihan berpuasa pada hari Senin dan Kamis.”

Salah satu alasan mengapa Nabi SAW menaruh perhatian khusus terhadap puasa hari Senin dan Kamis ini adalah karena pada kedua hari tersebut amal-amal seseorang dilaporkan kepada Allah. Dan Nabi Saw ingin agar amal-amalnya dilaporkan dalam keadaan beliau berpuasa.

Manfaat puasa Senin Kamis yang ketiga adalah menegakkan sunnah Rasulullah SAW. Rasulullah berpuasa pada hari Senin-Kamis. Maka sebagai umatnya, alangkah baik apabila kita meneladani beliau dengan turut berpuasa di hari Senin dan Kamis.

Baca Juga:  Dalil dan Syarat Bolehnya Melakukan Otopsi Jenazah

Berikut adalah niat puasa pada hari Senin:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ يَوْمَ اْلِإثْنَيْنِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالىَ.

Nawaitu shouma ghadin yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat berpuasa besok hari Senin sunah karena Allah Ta’ala.”

Niat pada hari Kamis adalah sebagai berikut;

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ يَوْمَ اْلخَمِيْسِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالىَ.

Nawaitu shouma ghadin yaumal khomisi sunnatan lillahi ta’la.

“Saya niat berpuasa besok hari Kamis sunah karena Allah Ta’la.”

Tidak ada yang sia-sia dalam perintah dan larangan Allah SWT. Seluruhnya memiliki hikmah dan kemaslahatan. Kemaslahatan ini tidak hanya dirasakan di dunia, tetapi juga dirasakan kelak di akhirat. Begitu juga dengan ibadah puasa, ada banyak hikmah dan manfaat mengerjakannya. Hikmah puasa itu tidak hanya didapat dari penjelasan Rasulullah SAW, tetapi juga dari pengalaman orang yang mengerjakannya.

Mari meneladani Rasulullah SAW dengan menjalankan puasa Senin dan Kamis serta merasakan manfaatnya. Selain tiga manfaat di atas, tubuh kita pun akan menjadi sehat karena terbiasa berpuasa sunnah. Selain itu, puasa Senin-Kamis juga mempunyai banyak manfaat lain sesuai dengan penjelasan berikut ini:

Baca Juga:  Wasiat Wajibah, Alternatif Memberikan Harta Waris kepada Anak Angkat

Izzuddin bin Abdis Salam dalam kitab Maqashidus Shaum mengumpulkan banyak riwayat terkait manfaat dan hikmah ibadah puasa. Dari sekian banyak riwayat tersebut, ia menyimpulkan ada delapan manfaat puasa yang perlu kita perhatikan. Ia mengatakan:

للصوم فوائد: رفع الدرجات، وتكفير الخطيئات، وكسر الشهوات، وتكثير الصدقات، وتوفير الطاعات، وشكر عالم الخفيات، والانزجار عن خواطر المعاصي والمخالفات

Artinya: “Puasa memiliki beberapa faidah: meningkatkan kualitas (iman), menghapus kesalahan, mengendalikan syahwat, memperbanyak sedekah, menyempurnakan ketaatan, meningkatkan rasa syukur, dan mencegah diri dari perbuatan maksiat.”

Demikian penjabaran tentang manfaat puasa Senin Kamis. Semoga bermanfaat. Wallahu A’lam.

Ayu Alfiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *