Mengapa Mesir Disebut Sebagai Bumi Para Nabi? Ternyata Ini Alasannya!

Mesir Bumi Para Nabi

Pecihitam.org – Mesir yang sering disebut sebagai bumi para nabi merupakan negara yang sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika bagian timur. Banyak orang-orang yang pergi kesana untuk menuntut ilmu. Karena disana dari sejak dahulu kala merupakan pusat peradaban. Di sana pula universitas tertua berdiri, ya Al-Azhar namanya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Adapula yang pergi ke sana hanya sekedar menyelami akan keindahan negeri tersebut. Dari kekayaan akan keindahannya, Mesir mendapatkan beberapa julukan, ada yang menyebutnya negeri Fira’un, negeri para nabi dan negeri Piramida.

Berikut ini kami sajikan keistimewaan akan negeri yang terkenal dengan kemegahannya serta mendapat julukan bumi para Nabi.

Mesir sejak zaman dahulu sudah terkenal akan keindahan dan pola arsitektur piramidanya. Mata yang memandangnya telah mampu membuat terkesima dan bertanya-tanya akan cara pembuatannya.

Jadi, wajar saja jika negeri tersebut mendapatkan julukan negeri terindah dari beberapa negeri lainnya. Pasalnya hingga kini belum ada bangunan yang mampu menandinginya. Bahkan Menara Eiffel di Paris dan Patung Liberty di AS masih belum bisa menandingininya.

Baca Juga:  Ternyata Pemuda Ini yang Jadi Sahabat Nabi Musa di Surga

Selain karena Piramida, Mesir juga terkenal sebagai negeri para nabi. Pasalnya di negeri tersebut banyak nabi-nabi Allah yang diutus.

Mungkin kita sudah banyak mendengar kisah-kisah tentang Nabi Musa melawan Firaun, kisah Nabi Yusuf yang terkenal dengan ketampanannya, kisah Nabi Harun dan kisah Nabi Yusya’ bin Nun yang telah membebaskan Baitul Maqdis. Semua utusan tersebut berasal dari Mesir.

Pertanyaannya kenapa Mesir mendapatkan julukan negeri para nabi? Mungkinkah banyak nabi yang lahir di Mesir?

Berikut ini akan kami paparkan dengan sekilas.

Pertama, pada dasarnya dari 25 Nabi dan Rasul yang wajib kita ketahui, hanya ada beberapa saja yang lahir di Bumi Kinanah ini, yaitu Nabi Yusuf, Idris, Musa dan Harun. Namun, meskipun demikian banyak nabi lain di utus ke Negeri Fira’un tersebut.

Baca Juga:  Ini 3 Sumpah Nabi Muhammad SAW Untuk Kebaikan Umat Islam

Kedua, selain Nabi Musa dan Harun, di Mesir juga terdapat nabi yang tidak tercantum kedalam 25 nabi dan rasul yang wajib kita ketahui. Di sana terdapat beberapa orang yang diangkat menjadi nabi, seperti Nabi Khidir, Samuel, Danial dan Nabi Yusya’ bin Nun.

Ketiga, hampir seluruh nabi dan rasul pernah melewati begeri yang penuh dengan keindahan ini. Tidak hanya melewati sahaja, bahkan banyak yang pernah tinggal di Mesir. Sejarah telah mencatat bahwa nabi akhiruzzaman, yakni Nabi Muhammad SAW juga pernah menginjakkan kakinya ke negeri Sungai Nil ini.

Keempat, gunung Sinai yang terletak di Mesir menjadi salah satu tempat yang sangat bersejarah bagi kaum muslim. Karena di tempat inilah, Nabi Musa menerima wahyu, dan di bukit ini pula Nabi Saleh as. dimakamkan.

Hingga kini, Gungung Sinai menjadi bagian dari wisata yang sangat diminati pelancong.

Baca Juga:  Bagaimana Etika Tawasul Yang Benar Agar Doa Kita Segera di Kabulkan Allah SWT?

Para pembaca sekalian, demikian tulisan yang mengupas alasan di balik disebutnya Mesir sebagai bumi para nabi.

Dari ulasan di atas dapat kita simpulkan bahwa di negeri Piramid ini banyak para nabi yang singgah dan melaksanakan tugasnya sebagai nabi. Jadi, wajar saja jika Mesir mendapatkan julukan bumi para Nabi
Semoga bisa menambah pengetahuan dan jangan lupa untuk selalu saling berbagi Ilmu. Wallahu a’lam bisshawab!

Faisol Abdurrahman