Inilah Anjuran dan Hikmah Memakai Pakaian Warna Putih Saat Jumat

pakaian putih saat jumat

Pecihitam.org– Salah satu anjuran dalam agama ini adalah menggunakan pakaian warna putih saat melaksanakan shalat Jumat. Dari manakah anjuran ini berasal dan apa hikmahnya?

Mengenai anjuran memakai pakaian warna putih saat Jumat, sumbernya adalah sabda Nabi. Berikut kami kutipkan beberapa hadis Nabi mengenai anjuran ini.

خير ثيابكم البياض, تصلون فيها جمعكم وتكفنون يها موتاكم

“Sebaik-baik pakaian kalian ialah pakaian putih. Kalian shalat Jum’at mengenakannya dan mengkafani jenazah-jenazah kalian dengannya.”

Juga disebutkan dalam hadis riwayat Ibnu Majah

خَيْرُ ثِيَابِكُمْ الْبَيَاضُ فَالْبَسُوهَا وَكَفِّنُوا فِيهَا مَوْتَاكُمْ

Sebaik-baik baju kalian adalah baju putih, maka pakailah oleh kalian (baju putih) dan kafanilah mayat kalian dengannya. (HR Ibnu Majah)

Baca Juga:  Bagaimana Hukum Menahan Hadats Buang Hajat, Kencing dan Kentut Ketika Shalat?

Jadi, itulah perintah Nabi yang memerintahkan mengenakan pakaian berwarna putih, karena ia merupakan pakaian terbaik.

Selain itu, sebagaimana disebutkan dalam hadis lain, ternyata baju putih merupakan pakaian penduduk surga.

عَنْ عَائِشَةَأَنَّ خَدِيجَةَ سَأَلَتْ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ وَرَقَةَ بْنِ نَوْفَلٍ فَقَالَ قَدْ رَأَيْتُهُ فِي الْمَنَامِ فَرَأَيْتُ عَلَيْهِ ثِيَابُ بَيَاضٍ فَأَحْسِبُهُ لَوْ كَانَ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ يَكُنْ عَلَيْهِ ثِيَابَ بَيَاضٍ

Dari Aisyah, bahwa Khadijah pernah bertanya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihiwasallam tentang Waraqoh bin Naufal, maka beliau bersabda: “Sungguh saya telah melihatnya memakai baju putih, dan setahu saya kalaulah ia termasuk penghuni neraka tak mungkin ia memakai baju putih. (HR. Ahmad)

Baca Juga:  Ini Denda Bagi Pasangan yang Berhubungan Intim Saat Haid

Menurut penjelasan Imam Al Ghazali yang disebutkan dalam kitab Ihya, memang Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam juga menyenangi pakaian hijau selain pakaian yang berwarna putih.

Namun dalam hal shalat Jumat, memang yang dianjurkan adalah pakaian putih.

Karenanya, para ulama Fiqh —sebagaimana disebutkan dalam Hasyiyata Qulyubi wa ‘Umairah — berkomentar akan kesunnahan mengenakan pakaian yan serba putih saat melaksanakan shalat Jumat.

و ان يتزين باحسن ثيابه و طيب لذكرهما فى الحديث السابق فى التخطي و اولى الثياب البيض 

Dan dianjurkan berhias dengan pakaian terbaik dan wewangian, karena keduanya disebutkan dalam hadits terdahulu. Dan pakaian yang terbaik adalah warna putih. (Hasyiyata Qulyubi wa ‘Umairah Juz I halaman 482)

Baca Juga:  Tata Cara Shalat Gerhana Bulan dan Dalil Lengkapnya
Faisol Abdurrahman
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG