Istimewa! Ternyata Shalat Tahajud Dapat Menyembuhkan Penyakit Ini

tahajud menyembuhkan penyakit

Pecihitam.org – Shalat tahajjud atau shalat malam adalah salah satu shalat sunnah yang memiliki banyak keutamaan dalam ajaran Islam. Sebab, sepertiga malam dimana waktu yang dianjurkan untuk melaksanakan shalat ini merupakan waktu dimana para malaikat turun ke langit bumi. Pada sepertiga malam juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa dan Allah akan mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan oleh hamba-Nya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Selain keutamaan diatas, mungkin belum banyak orang yang tahu bahwa ternyata shalat tahajud ini berdampak untuk kesehatan tubuh dan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Lantas, apa saja penyakit yang dapat disembuhkan dengan shalat ini? Berikut informasinya.

1. Mengobati Diabetes

Manfaat dari shalat tahajud bagi kesehatan ialah dapat membantu menyembuhkan diabetes. Dari beberapa penelitian dikatakan bahwa shalat tahajud tersebut membuat kandungan kortisol menjadi rendah.

Dalam dunia medis kortisol ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kandungan gula darah dengan cara merangsang metabolisme karbohidrat. Ketika kortisol ini bertambah maka kandungan gula darah dalam tubuh pun akan menjadi ikut naik.

Baca Juga:  Rahasia Wali Besar Hadramaut Pengarang Qasidah Sa'duna Fiddunya

2. Mencegah Pembengkakan Jantung

Manfaat selanjutnya dari shalat tahajud bagi kesehatan ternyata dapat mencegah dan mengobati pembengkakan jantung. Yang mana menurunnya kandungan kortisol itu memiliki banyak kelebihan. Dengan rendahnya kortisol tersebut maka ia akan menghalangi pengeluaran urine.

Shalat tahajjud ini dianjurkan bagi mereka yang menderita pembengkakan jantung dan gagal ginjal karena dapat mereduksi kortisol. Ketika kortisol ini tereduksi, maka tidak akan terjadi pembengkakan dan pembuangan urine pun akan semakin lancar.

3. Mencegah Hipertensi dan Hipotensi

Sepertiga malam ternyata menjadi waktu yang penting bagi otak manusia. Pada waktu tersebut otak manusia akan melepaskan serotonin, beta endorsin, dan melatonin. Dengan lepasnya ketiga zat tersebut maka akan membuat seseorang merasa lebih tenang sampai homeostasis terbangun.

Namun, berbeda apabila homeostasis terganggu, maka akibatnya adalah orang tersebut akan mudah mengalami pusing dan bisa saja mengakibatkan hipertensi (tekanan darah tinggi) atau juga hipotensi (tekanan darah rendah).

Oleh sebab itu, orang yang rajin shalat tahajud dapat mengalami relaksasi secara maksimal. Kemudian, keseimbangan tubuh juga akan lebih terbangun dan membuat peluang hipertensi atapun hipotensi bisa diturunkan.

Baca Juga:  Sikap Selow Rasulullah Ketika Shalat Punggungnya Dinaiki Anak Kecil

4. Lebih Penyabar

Orang dengan kortisol tinggi akan mudah merasa depresi yang berlebihan. Maka dari itu kita dianjurkan untuk shalat tahajud sebab waktu malam hari tersebut kadar kortisol akan menurun membuat seseorang menjadi lebih rileks, tidak akan mudah terbebani dan tidak tertekan dengan segala permasalahan yang dapat mengganggu kesehatan. Itu sebabnya orang yang gemar shalat tahajud biasanya penyabar, berwibawa, serta memiliki emosi yang terkendali.

5. Terapi Kanker Tanpa Efek Samping

Kanker adalah suatu penyakit yang mengerikan, bahkan tidak ada yang ingin merasakannya. Bagi sebagian di antara kita yang ternyata mengidap penyakit kanker, umumnya harus menjalani serangkaian pengobatan salah satunya kemoterapi.

Kemoterapi kanker versi medis ini mengandung efek samping seperti mual, rambut rontok, infeksi dan masih banyak lagi. Namun ternyata bagi orang yang terserang kanker, maka ia dianjurkan untuk rajin shalat tahajud, dan inilah bentuk terapi kanker tanpa efek samping.

Baca Juga:  Keajaiban Doa Iftitah, Ternyata Dapat Membuka Pintu Langit

Sebab ketika seseorang rajin melaksanakan shalat tahajud maka hatinya dipenuhi keimanan. Kemudian, ia juga akan semakin yakin dengan pertolongan Allah SWT sehingga membuat pikiran dan hatinya menjadi lebih tenang dalam menghadapi cobaan tersebut.

Demikian manfaat shalat tahajud bagi kesehatan yang ternyata dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Segala sesuatu datangnya dari Allah, maka perbanyaklah mengerjakan amal ibadah yang satu ini, agar diberi pertolongan oleh yang Maha Kuasa. Semoga bermanfaat. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik