Surah Maryam Ayat 7; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an

Surah Maryam Ayat 7

Pecihitam.org – Kandungan Surah Maryam Ayat 7 ini, Allah memberi kabar gembira kepada Zakaria as akan kelahiran seorang putra pewarisnya. Bahwa permohonannya untuk dianugerahi seorang putra akan terkabul, dan telah disiapkan pula supaya anaknya itu jika lahir diberi nama Yahya dan nama itu belum pernah diberikan kepada seorang pun sebelum dia.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an Surah Maryam Ayat 7

يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ اسْمُهُ يَحْيَى لَمْ نَجْعَل لَّهُ مِن قَبْلُ سَمِيًّا

Terjemahan: Hai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan (beroleh) seorang anak yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia.

Tafsir Jalalain: يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ (Hai Zakaria, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan beroleh seorang anak) yang akan menjadi waris, sebagaimana yang kamu minta اسْمُهُ يَحْيَى لَمْ نَجْعَل لَّهُ مِن قَبْلُ سَمِيًّا (yang namanya Yahya, yang sebelumnya Kami tidak pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia) dalam hal namanya, yakni seseorang yang diberi nama Yahya.

Baca Juga:  Surah Al-Kahfi Ayat 79; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Ibnu Katsir: Pembicaraan ini mengandung kalimat yang dibuang. Yaitu bahwa Allah swt memperkenankan permintaannya dalam do’a dengan firman-Nya: يَا زَكَرِيَّا إِنَّا نُبَشِّرُكَ بِغُلَامٍ اسْمُهُ يَحْيَى (“Hai Zakariya, sesungguhnya Kami memberi kabar gembira kepadamu akan [beroleh] seorang anak yang namanya Yahya.”)

Dan firman-Nya: لَمْ نَجْعَل لَّهُ مِن قَبْلُ سَمِيًّا (“Yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia.”)

Qatadah, Ibnu Juraij dan Ibnu Zaid berkata: “Yaitu tidak ada seorang pun sebelumnya yang bernama dengan nama ini.” Pendapat ini dipilih oleh Ibnu Jarir. lam naj’allaHuu min qablu samiyyan (“Yang sebelumnya Kami belum pernah menciptakan orang yang serupa dengan dia.”) ini diambil dari firman-Nya: هَلْ تَعْلَمُ لَهُ سَمِيًّا (“Apakah kamu mengetahui ada seorang yang sama dengan Dia?”) (Maryam: 65)

Baca Juga:  Ada Banyak Keutamaan Membaca Surat Yasin, Jangan Sia-siakan!

Tafsir Kemenag: Dalam ayat ini Allah memberitahukan tentang dikabulkannya doa Zakaria a.s. dan pemberian nama putranya langsung dari Allah sendiri. Allah berfirman kepada Zakaria, bahwa sesungguhnya Allah memberi kabar gembira kepadanya, bahwa permohonannya untuk dianugerahi seorang putra akan terkabul, dan telah disiapkan pula supaya anaknya itu jika lahir diberi nama Yahya dan nama itu belum pernah diberikan kepada seorang pun sebelum dia.

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Maryam Ayat 7 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Kemenag. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.