Suriah Tuding Erdogan Dukung Kelompok Teroris Ikhwanul Muslimin

Pecihitam.org – Perwakilan Suriah di PBB, Bashar Jaafari menegaskan negaranya akan terus memerangi teroris di semua wilayahnya, termasuk Idlib.

“Suriah akan terus memerangi teroris di wilayahnya, Idlib adalah wilayah Suriah, sementara rezim Erdogan mencampakkan prinsip kerukunan hidup bertetangga,” ujar Bashar, dikutip dari Liputan Islam, Sabtu, 29 Februari 2020.

Menurutnya, keberadaan tentara Turki jauh dari titik-titik pantau menunjukkan dukungannya kepada kelompok-kelompok teroris.

“Rezim Turki menjadikan titik-titik pantau di wilayah Suriah sebagai pusat operasi untuk menyokong organisasi-organisasi teroris,” ungkap Bashar di sidang Dewan Keamanan PBB mengenai Idlib pada Sabtu, 29 Februari 2020.

Bashar mengatakan bahwa Erdogan menjadikan tentara Turki sebagai perisai bagi organisasi garis keras, Ikhwanul Muslimin.

Baca Juga:  Kritik Kiai Ma'ruf ke Evie Effendi: Tidak Ada yang Ilmiah dari Penjelasannya

“Erdogan menjadikan tentara Turki sebagai perisai bagi organisasi Ikhwanul Muslimin,” ungkapnya.

Sementara itu, pihak perwakilan Turki untuk PBB pada kesempatan yang sama menuding Presiden Suriah Bashar Assad tidak mewakili rakyat Suriah sehingga tak layak ditanggapi.

“Assad tidak mewakil rakyat Suriah, dan tak patut ditanggapi, dan keberadaan kami di Suriah utara adalah demi melindungi warga sipil,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Ankara berkoordinasi dengan Moskow mengenai pergerakan Turki di zona de-eskalasi Suria, dan bahwa tentara Suriah sengaja menyerang pasukan Turki pada Kamis lalu.

“Tak syak lagi, rezim Suriah dan sekutunya berusaha mengosongkan Idlib dari penduduknya,” tudingnya.

Selain itu, pihak Turki juga mengklaim bahwa pemerintah Suriah dan sekutunya berusaha menyeret Turki ke dalam perang kotor.

Baca Juga:  Presiden Suriah Beberkan Tujuan 'Busuk' Agresi Militer Turki
Muhammad Fahri