Tafsir, Kandungan dan Terjemahan Surah Al Baqarah Ayat 215

Al Baqarah ayat 215

Pecihitam.org – Pada edisi kali ini kita masih melanjutkan seri Tafsir Al Qur’an yaitu pada Surah Al Baqarah ayat 215. Kandungan ayat ini berisi penjelasan tentang Orang-orang yang diberi nafkah.

Allah SWT Berfirman di dalam Al Qur’an surah Al Baqarah ayat 215;

يَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ ۖ قُلْ مَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Artinya: Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan”. Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya (QS. 2: 215)

Baca Juga:  Alasan Mengapa pada Zaman Nabi Mushaf Al-Quran Tidak Ditulis di Kertas

Tafsir Surah Al Baqarah ayat 215

(Mereka bertanya kepadamu) hai Muhammad (tentang apa yang mereka nafkahkan). Dalam Tafsir Jalalain dijelaskan bahwa yang bertanya itu ialah Amar bin Jamuh, seorang orang tua yang hartawan.

Ia menanyakan kepada Nabi Muhammad SAW apa yang akan dinafkahkan dan kepada siapa dinafkahkannya?

(Katakanlah) kepada mereka (Apa saja harta yang kamu nafkahkan) ‘harta’ merupakan penjelasan bagi ‘apa saja’ dan mencakup apa yang dinafkahkan yang merupakan salah satu dari dua sisi pertanyaan, tetapi juga jawaban terhadap siapa yang akan menerima nafkah itu, yang merupakan sisi lain dari pertanyaan dengan firman-Nya,

(maka bagi ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan), artinya mereka lebih berhak untuk menerimanya. (Dan apa saja kebaikan yang kamu perbuat) baik mengeluarkan nafkah atau lainnya, (maka sesungguhnya Allah mengetahuinya) dan akan membalasnya.

Baca Juga:  Surah Al-Mujadalah Ayat 2-4; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Agar lebih mudah memahaminya, penulis mengambil juga intisari penafsiran Quraish Shihab. Dalam Tafsir ringkas tersebut dijelaskan bahwa ketika orang-orang Mukmin bertanya kepadamu (Muhammad SAW) mengenai masalah infak khususnya kepada siapa saja yang berhak diberi nafkah.

Maka Jawablah bahwa “Infak itu dikeluarkan dari harta yang baik, untuk diberikan kepada orang tua, kerabat dekat, anak yatim, orang miskin, dan orang yang terputus dari keluarga dan hartanya. Kebaikan apa saja yang kalian perbuat, akan diketahui dan akan dibalas pahala oleh Allah.”

Demikianlah penjelasan Tafsir surah Al Baqarah ayat 215 berdasarkan Tafsir Jalalain dan Tafsir quraish Shihab. Pokok isi ayat ini adalah menjelaskan tentang siapa-siapa saja yang berhak dinafkahi. Semoga Bermanfaat

Baca Juga:  Surah Sad Ayat 49-54; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an
M Resky S
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG