Tahukah Kamu Ternyata Ini Lho Makanan Favorit Rasulullah

Makanan Favorit Rasulullah

Pecihitam.org – Tidak berbeda pada manusia umumnya Rasulullah Saw juga melakukan aktifitas-aktifitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, seperti halnya makan dan minum. Namun tahukah kamu, ternyata ada beberapa makanan favorit Rasulullah, apa saja itu? Berikut ulasannya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

1. Tharid

Yaitu masakan kaldu yang berisi kacang chickepa (himmis). Makanan ini sangat disukai oleh Rasulullah, terbukti dari perumpaan beliau terhadap makanan ini. Bahwa beliau mengumpakan thired dengan Fatimah.

 “Sama seperti tharid yang lebih sedap ketimbang semua masakan, begitu pula Fatimah yang lebih hebat dibandingkan semua perempuan,” kata Rasulullah dalam hadits riwayat Bukhari.

2. Daging kambing

Daging kambing merupakan makanan yang memiliki rasa dan bau khas, dibagian paha dan kaki depan memiliki rasa yang manis dan aroma yang khas dan jauh dari tempat yang berbahaya. Namun tidak diketahui riwayat cara pengolahan daging kambing yang menjadi favorit Rasulullah, entah dibuat sup, gulai, direndang dibakar ataupun yang lain.

Ada kisah tentang Rasulullah dengan daging kambing yaitu ketika Rasulullah diberi hadiah daging kambing oleh Zainab binti Harits seorang yahudi Khaibar. Kala itu Rasulullah menerima dengan senang hati atas pemberiannya itu.

Baca Juga:  Jabal Rahmah, Bukit Kasih Sayang; Tempat Bertemunya Nabi Adam dengan Siti Hawa

Rasulullahpun tak menaruh curiga dengan makanan tersebut, setelah beliau memakan daging tersebut Rasulullah pun baru menyadari bahwa daging tersebut mengandung racun, akhirnya beliau langsung memuntahkannya.

3. Talbinah.

Talbinah adalah sup yang terbuat dari gandum, lemak, sayur hijau dan madu.

4. Roti gandum.

Dikisahkan ketika Rasulullah mengajak Jabir bin Abdullah ke rumah salah satu istrinya. Ketika mereka sampai, istri Rasulullah mengeluarkan roti gandum. Rasulullah dan Jabir memakan roti gandum tersebut bersama dengan cuka. Rasulullah pun bersabda  “Ini adalah makanan terbaik penduduk dunia dan penduduk akhirat, hadits ini diriwayatkan oleh Ibnu Majah.

5. Kurma

Banyak sekali hadits yang menerangkan tentang kurma sebagai salah satu makanan favorit Rasulullah Saw, salah satunya yaitu:

وَعَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ اَلضَّبِّيِّ – رضي الله عنه – عَنِ اَلنَّبِيِّ – صلى الله عليه وسلم – قَالَ: – إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ, فَإِنْ لَمْ يَجِدْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى مَاءٍ, فَإِنَّهُ طَهُورٌ – رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَةَ وَابْنُ حِبَّانَ وَالْحَاكِمُ

Baca Juga:  Sholawat Nariyah; Sejarah, Bacaan, dan Fadhilah Membacanya

Dari Salman bin ‘Amir Adh Dhobbi radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian berbuka, maka berbukalah dengan tamr (kurma kering). Jika tidak dapati kurma, maka berbukalah dengan air karena air itu mensucikan.”  (HR. Ahmad, Ibnu Majah, Abu Daud, An Nasai, Tirmidzi)

6. Buah tin (zara)

Dari Abu Darda ra. “Rasulullah telah diberi hadiah satu wadah buah tin, kemudian Nabi Bersabda, ‘Makanlah!’ Lalu beliau pun memakannya dan berkata, ‘Jika engkau berkata, ‘ada buah yang diturunkan dari surga,’ maka aku bisa katakan, ‘inilah buahnya, karena sesungguhnya buah surga tanpa biji. ‘Oleh karena itu, makanlah, karena buah tin ini dapat menyembuhkan wasir dan encok.”

7. Anggur

Buah yang memiliki rasa manis segar ini ternyata disukai oleh Rasulullah, dalam suatu hadits beliau bersabda “Kalian mempunyai kismis (anggur). Ia dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan dahak.” (HR Abu Nuaim).

8. Melon atau semangka

Buah yang memiliki kandungan air yang tinggi ini juga menjadi makanan kesukaan Rasulullah, biasanya Rasulullah SAW memakan melon bersama kurma segar, sabda beliau, “Yang satu mengusir panas, yang lain mengusir dingin.” (HR. Tirmidzî)

Baca Juga:  Dahsyatnya Doa Orang Tua Bisa Menembus hingga Langit Ketujuh Tanpa Penghalang

9. Buah delima

Rasulullah bersabda: Makanlah buah delima dengan kulitnya. “Sesungguhnya kulitnya dapat membersihkan perut besar.Tidaklah sebutir biji buah delima berada di dalam perut seorang muslim, melainkan dia akan meneranginya dengan mengusir syaitan serta godaannya selama 40 hari.”

11. Minuman Favorit

Sedangkan untuk minuman Rasulullah menurut beberapa riwayat beliau Saw menyukai susu, air putih, wedang jahe, madu, minyak zaitun, dan yang lainnya.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa apa yang diperbuat Rasulullah adalah baik, termasuk makanan favorit Rasulullah pun juga baik, dan sebagai umatnya pun kita boleh mencobanya. Semoga dari penjelasan tersebut dapat menambah pengetahuan dan membawa manfaat. Amiin. Wallahua’lam.

Lukman Hakim Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published.