Tak Hanya Indonesia, Jemaah Haji di 5 Negara Ini Juga Batal Berangkat

Pecihitam.org – Pelaksanaan ibadah haji merupakan rituan terbesar bagi umat muslim di seluruh dunia.

Namun, akibat pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, sejumlah negara, termasuk Indonesia, memutuskan membatalkan pemberangkatan ibadah haji tahun 2020 bagi warganya.

Selain Indonesia, ada lima negara lainnya juga mengambil keputusan serupa, yakni Malaysia, Brunei, Singapura, Thailand, dan Kamboja.

Indonesia seharusnya mengirim lebih dari 220 ribu jamaah haji. Sementara, Malaysia mengirim 36 ribu jamaah dan Brunei 1.000 jamaah untuk tahun ini. Jumlah tiga negara lainnya tidak diketahui.

Keputusan pembatalan itu dilakukan pemerintah di negara-negara tersebut demi mencegah penyebaran Covid-19 di tengah-tengah warga mereka.

Dilansir dari Dhaka Tribune, dikutip lewat Republika, Senin, 15 Juni 2020, lantaran pandemi Covid-19, otoritas Arab Saudi tengah mempertimbangkan membatalkan ibadah haji tahun ini atau melakukannya secara simbolis.

Baca Juga:  Soal Pembatalan Haji Secara Sepihak, Fraksi Golkar: Menag Tak Hormati DPR

Sebelumnya, Arab Saudi juga telah menangguhkan perjalanan umroh pada akhir Februari karena pandemi Covid-19.

Hingga Minggu, 14 Juni 2020 sore, kasus positif Covid-19 di kerajaan tersebut tercatat mencapai 127.541 dengan tambahan 4.233 kasus.

Selain itu, ada penambahan 40 pasien yang meninggal sehingga total menjadi 972 jiwa.

Sementara itu, umat Muslim di seluruh dunia, termasuk dari Bangladesh selaku negara Muslim terbesar ketiga di dunia, sedang menunggu keputusan Kerajaan Arab Saudi.

Menurut Kementerian Urusan Agama Bangladesh, negara itu seharusnya mengirim 137.198 jamaah haji ke Arab Saudi untuk melakukan haji tahun ini. Namun, dalam keadaan di tengah pandemi, hanya 64.594 orang yang telah mendaftar.

Baca Juga:  Terapkan Aturan Ketat, Masjid Nabawi Kembali Dibuka untuk Jemaah
Muhammad Fahri