Surah Hud Ayat 28; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah Hud Ayat 28

Pecihitam.org – Kandungan Surah Hud Ayat 28 ini menyebutkan tanggapan Nabi Nuh as dalam menghadapi para penentangnya. Di mana Nabi Nuh As menjelaskan bahwa, Apa yang kuserukan ini bukan dari sisiku sendiri, karena aku tidak mengajak kalian untuk menuju kepadaku, akan tetapi kepada jalan Allah SWT.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Dia dengan anugerah dan kelembutan-Nya telah mengutus aku untuk mengemban risalah dan menyampaikan agama-Nya. Namun apabila kalian menungguku untuk memaksa kalian agar beriman kepada Allah, maka ketahuilah bahwa hal itu tidak benar, karena pemaksaan sama sekali tidak sesuai dengan hikmah Allah.

Dalam menghadapi para penentangnya, Nabi Nuh as menyebutkan sekalipun aku adalah manusia seperti kalian, akan tetapi aku memiliki dalil dan hujjah dari sisi Allah.

Aku memiliki mukjizat yang membuktikan kebenaran seruan dan dakwaanku, selain argumen dan dalil-dalil yang jelas untuk menyeru dan mengajak kalian agar menyembah Tuhan Yang Maha Esa, dan menjauhkan diri dari perbuatan syirik. Setiap manusia yang berakal akan dapat menerima dan memahami argumen dan dalil-dalil tersebut.

Baca Juga:  Surah Al Baqarah Ayat 266-269; Tafsir dan Terjemahannya

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah Hud Ayat 28

قَالَ يَا قَوْمِ أَرَأَيْتُمْ إِنْ كُنْتُ عَلَىٰ بَيِّنَةٍ مِنْ رَبِّي وَآتَانِي رَحْمَةً مِنْ عِنْدِهِ فَعُمِّيَتْ عَلَيْكُمْ أَنُلْزِمُكُمُوهَا وَأَنْتُمْ لَهَا كَارِهُونَ

Terjemahan: Berkata Nuh: “Hai kaumku, bagaimana pikiranmu, jika aku ada mempunyai bukti yang nyata dari Tuhanku, dan diberinya aku rahmat dari sisi-Nya, tetapi rahmat itu disamarkan bagimu. Apa akan kami paksakankah kamu menerimanya, padahal kamu tiada menyukainya?”

Tafsir Jalalain: قَالَ يَا قَوْمِ أَرَأَيْتُمْ (Berkata Nuh, “Hai kaumku! Bagaimana pikiranmu) coba katakan kepadaku إِنْ كُنْتُ عَلَىٰ بَيِّنَةٍ (jika aku ada mempunyai bukti yang nyata) penjelasan yang nyata مِنْ رَبِّي وَآتَانِي رَحْمَةً (dari Rabbku dan diberi-Nya aku rahmat) kenabian

مِنْ عِنْدِهِ فَعُمِّيَتْ (dari sisi-Nya tetapi rahmat itu disamarkan) disembunyikan عَلَيْكُمْ (bagi kalian) dan menurut suatu qiraat dibaca fa’amiyat أَنُلْزِمُكُمُوهَا (apa akan kami paksakan kalian menerimanya) artinya apakah kami harus memaksakan kalian untuk menerimanya وَأَنْتُمْ لَهَا كَارِهُونَ (padahal kalian tiada menyukainya?”) tidak mampu untuk melakukan hal tersebut.

Baca Juga:  Surah Al Qadr; Tafsir, Asbabun Nuzul, Keutamaan dan Artinya

Tafsir Ibnu Katsir: Allah berfirman seraya menceritakan tentang tanggapan Nabi Nuh as terhadap kaumnya. Dimana ia mengatakan: أَرَأَيْتُمْ إِنْ كُنْتُ عَلَىٰ بَيِّنَةٍ مِنْ رَبِّي (Bagaimana pendapat kalian, jika aku mempunyai bukti yang nyata dari Rabbku)

Maksudnya, berdasarkan keyakinan dan perintah yang jelas, serta kenabian yang benar, yang mana hal itu merupakan rahmat dari Allah , baginya dan juga bagi mereka.

فَعُمِّيَتْ عَلَيْكُمْ (Tetapi rahmat itu disamarkan bagi kalian) Maksudnya, disembunyikan dari kalian, sehingga kalian tidak mendapat petunjuk kepadanya dan tidak juga kalian mengetahui nilainya, bahkan kalian cepat-cepat mendustakannya.

أَنُلْزِمُكُمُوهَا (Apa akan kami paksakan kalian menerimanya?) Artinya, apakah kami harus mendesak kalian untuk menerima, sedang kalian tidak menyukainya?

Tafsir Quraish Shihab: Berkata Nuh; “Wahai kaumku, beritahu aku bagaimana jika aku benar-benar didukung oleh bukti yang kuat dari Tuhanku dan aku diberi–dengan rahmat-Nya–kenabian dan kerasulan, tapi kalian tidak dapat melihat cahaya kebenaran itu.

Baca Juga:  Surah Hud Ayat 6; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Kalian telah dibutakan dan ditipu oleh kedudukan dan kekayaan; apakah dapat dibenarkan jika aku memaksa kalian untuk mempercayai bukti itu, sementara kalian merasa terpaksa dan dan tidak suka?

Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Hud Ayat 28 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S