Tanda-tanda Orang yang Diterima Taubatnya oleh Allah

tanda tanda orang diterima taubatnya

Pecihitam.org – Manusia memang makhluk ciptaan Allah Swt yang paling sempurna di antara semua makhluk-Nya karena manusia di berikan akal dan nafsu oleh Allah Swt. Namun, terkadang manusia terlena karena nafsu sehingga pasti manusia pernah melakukan kesalahan atau kedzaliman dan kekhilafan setiap harinya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Karena pada dasarnya memang manusia itu tempatnya salah dan lupa. Meskipun begitu, sebagai seorang hamba maka sebaiknya jika kita telah menyadari kesalahan kita maka haruslah segera kembali kepada Allah Swt dan bertaubat memohon agar di ampuni segala dosa-dosa dan kesalahan baik yang sengaja maupun tidak di sengaja.

Manusia di berikan kesempatan oleh Allah Swt untuk bertaubat sehingga ia dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan yang telah di perbuat dan kembali mendekatkan diri kepada Allah Swt. Tapi, bagaimana kita bisa tahu apakah taubat kita telah diterima oleh Allah Swt atau belum? Adakah tanda-tanda orang yang telah diterima taubatnya oleh Allah Swt?

Allah Swt sangat menyayangi hamba-Nya, sehingga sekalipun seseorang telah melakukan kesalahan atau kelalaian apapun maka Allah Swt akan selalu membukakan pintu taubat untuk hamba-Nya kecuali dosa syirik.

Ketika seseorang telah diberikan petunjuk oleh Allah Swt sehingga menyadari kesalahan-kesalahannya dan kemudian bertaubat, namun ia merasa bahwa kesalahan-kesalahannya terlalu banyak sehingga muncul perasaan khawatir dan takut bahkan ada yang sampai berputus asa kalau tobatnya tersebut belum di terima oleh Allah Swt.

Baca Juga:  Inilah Bahayanya Mengkafirkan Sesama Muslim

Adapun berikut adalah beberapa penjelasan mengenai tanda tanda orang yang diterima taubatnya oleh Allah Swt:

1. Hatinya merasa lebih tenang dan damai

Seseorang yang telah di terima oleh Allah Swt dapat di rasakan berdasarkan kondisi hatinya yang terasa lebih damai dan tenang karena semakin rajin dalam beribadah sehingga semakin dekat dengan Allah Swt. ini akan sangat berbeda ketika sebelumnya dia sering melakukan maksiat, karena hatinya akan terasa gelisah dan tidak di temukan kedamaian di dalam hatinya.

2. Berkumpul dengan orang-orang shaleh

Seseorang yang di terima taubatnya oleh Allah Swt maka ia akan lebih suka dan lebih sering berkumpul dengan orang-orang yang sholeh yang selalu mengajak dalam kebaikan dan menjadikannya lebih dekat dengan Allah Swt.

Ketika seseorang telah menjauhi lingkungan orang-orang yang bermaksiat, maka ia akan di lindungi oleh Allah Swt dari perbuatan maksiat pula.
Sebagaimana dalam firman Allah Swt dalam Surat At-Taubah ayat 112, berikut,

Baca Juga:  Betulkah Minum Air Kencing Unta Itu Boleh Dijadikan Obat?

“ Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang melewat, yang ruku’ yang sujud, yang menyuruh berbuat ma’ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang yang mikmin itu.” (QS. At-Taubah : 112).

4. Lebih suka menyibukkan dirinya dengan kegiatan ibadah

Seseorang yang taubatnya telah diterima oleh Allah Swt, maka hatinya akan selalu di gerakkan untuk selalu melaksanakan ibadah serta menjauhi segala larangan-larangan Allah Swt.

5. Lebih mudah bersyukur

Hal ini karena telah menyadari akan kebesaran Allah Swt sehingga semakin besar pula rasa syukur atas setiap kenikmatan-kenikmata yang telah Allah berikan kepadanya. Sebagaimana dalam firman Allah Swt dalam Surat Al-Baqarah ayat 243, sebagai berikut:

“Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang yang keluar dari kampong halaman mereka, sedang mereka beribu-ribu (jumlahnya) karena takut mati, maka Allah Swt berfirman kepada mereka: “ Matilah kamu”, kemudian Allah Swt menghidupkan mereka. Sesunggunya Allah mempunyai karunia terhadap manusia tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur,” (QS. Al-Baqarah).

6. Selalu menjaga sikap dan ucapannya

Hal ini ditunjukan dengan keseharian yang menjadi lebih ramah, santun dan berusaha agar seseorang tidak merasa tersakiti hatinya di karenakan sikap dan ucapan yang kurang berkenan bagi orang lain.

Baca Juga:  Inilah Tiga Tingkatan Puasa Menurut Imam Al Ghazali

7. Merasa dosanya banyak

Orang yang sudah dekat dengan Allah akan selalu merasa bahwa dosa-dosanya banyak sehingga ia terus menurus beribadah dan berusaha untuk memperbaiki dirinya dan meningkatkan keimananya kepada Allah Swt.

Demikian, beberapa tanda-tanda orang yang telah diterima taubatnya oleh Allah Swt. Bahkan Allah Swt selalu merindukan hamba-Nya agar segera bertaubat dan kembali kepada-Nya, Allah Swt selalu membukakan pintu taubat setiap waktu bagi siapapun manusia yang ingin bertaubat dan kembali di jalan-Nya. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik