Bacalah Doa Ini Ketika Hati Dilanda Rindu Pada Seseorang

doa ketika rindu seseorang

Pecihitam.org – Pada dasarnya, perasaan rindu menjadi salah satu fitrah manusia. Siapa saja pasti pernah mengalami perasaan rindu. Bahkan terkadang rindu datang tanpa ketuk pintu terlebih dahulu. Terlebih lagi ketika kita berada dalam jarak yang cukup jauh dari orang yang dirindukan. Maka panjatkanlah doa ketika kita sedang rindu seseorang.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Akan tetapi hal yang wajib dimengerti adalah, jangan sampai perasaan rindu itu justru membawa kita mengikuti rayuan setan yang menyesatkan. Apa lagi jika yang kita rindukan seseorang yang bukan mahramnya. Oleh sebab itu, ketika angin rindu itu menghampiri hati, sebaiknya berdoalah kepada Allah Swt, agar diberi perlindungan dan pertolongan.

Ada doa-doa yang bisa dibaca ketika seseorang mengalami perasaan rindu. Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Doa Nabi Yusuf as (Surat Yusuf ayat 4)

Bacaan doa ketika dilanda rindu yang pertama adalah doa Nabi Yusuf yang juga diambil dari Surat Yusuf ayat 4. Selain itu beberapa orang juga ada yang mengatakan bahwa doa ini akan mempermudah untuk bertemu jodoh, bagi yang masih sendiri serta dapat mempererat hubungan suami istri. Berikut doanya:

إِذْ قَالَ يُوسُفُ لِأَبِيهِ يَا أَبَتِ إِنِّي رَأَيْتُ أَحَدَ عَشَرَ كَوْكَبًا وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ رَأَيْتُهُمْ لِي سَاجِدِينَ

Baca Juga:  Fadhilah Surat Maryam bagi Ibu Hamil, Salah Satunya Memberi Ketenangan

“Idz Qaala Yuusufu Li Abiihi Yaa Abati Inni Ra Aitu Ahada’ Asyara Kaukabauw Wasy syamsa Wal Qamara Ra aituhum Lii Sajidin”

Artinya: “(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: “Wahai ayahku, sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku” (QS Yusuf: 4)

2. Surat Thaha ayat 39

Ayat Al-Qur’an yang juga dapat dibaca sebagai doa mustajab ketika rindu kepada seseorang juga terdapat dalam surat Thahaa ayat 39. Doa ini sebaiknya dibaca setiap selesai melaksanakan shalat dengan rasa yang tulus ikhlas. Banyak yang meyakini bagi siapa yang membaca doa ini maka rasa rindu yang terpendam akan terobati dengan cara yag benar. Berikut doa tersebut:

وَأَلْقَيْتُ عَلَيْكَ مَحَبَّةً مِنِّي وَلِتُصْنَعَ عَلَىٰ عَيْنِي

“Wa-alqaytu ‘alayka mahabbatan minnii walitushna’a’laa ‘ainii”

Artinya: “Dan aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari-Ku, dan supaya kamu di asuh di bawah pengawasan-Ku.”(Qs Thaha: 39)

3. Surat Al Fatihah

Surat yang setiap hari kita baca ini memang memiliki banyak keistimewaan. Selain menjadi surat pembuka dalam Al-Qur’an, ternyata Al Fatihah juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit, memperluas rezeki, menjauhkan diri dari sifat pelupa, dan bahkan bisa menjadi salah satu obat rindu. Caranya bisa dengan mengirimkan hadiah al Fatihah kepada orang yang kita rindukan.

Baca Juga:  Ini Bacaan Sayyidul Istighfar, Raja Dari Segala Istighfar

4. Surat Al-Baqarah ayat 165

Potongan surat Al-Baqarah ayat 165 juga dipercaya bisa menjadi doa ketika seseorang dilanda rindu kepada orang lain. Adapun ayat yang dapat dibaca itu adalah:

يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ اللَّهِ ۖ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَشَدُّ حُبًّا لِلَّهِ

“Yuhibbunahum kahubillahi wallazina amanuu ashaddu hubbanlillah”

Artinya: “Mereka mencintainya (memuja dan mentaatinya) sebagaimana mereka mencintai Allah; sedang orang-orang yg beriman itu lebih cinta (taat) kepada Allah”. (Al-Baqarah: 165)

5. Surat Ali-Imran ayat 14

Tidak hanya surat Al-Baqarah ayat 65 saja, sebagian orang juga menggabungkan bacaan ayat tersebut dengan Surat Ali-Imran ayat 14.

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ

Artinya: “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). (Ali-Imran:14)

5. Doa Rindu Orang Tua

Baca Juga:  Ini Keutamaan Membaca Sayyidul Istighfar di Pagi dan Sore Hari

Sebagai anak, ketika jauh dari orang tua baik semasa hidup terlebih ketika mereka sudah dipanggil Sang Pencipta tentu saja akan merasa rindu dengan mereka. Karena merekalah yang sudah membesarkan dan merawat kita. Perasaan rindu yang teramat sangat ini bisa terobati dengan senantiasa mengirimkan doa untuk orang tua seperti berikut:

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

“Allahummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiiraa.”

Artinya: “Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku diwaktu kecil”.

Demikianlah, doa-doa yang bisa dilantunkan ketika kita sedang merasakan rindu kepada seseorang. Ada baiknya untuk senantiasa mengamalkannya dalam keseharian agar kita terhindar dari bisikan atau godaan setan karena perasaan rindu tersebut. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik