Bacalah Doa Ini Ketika Susah Tidur! Dijamin Anda Akan Istirahat dengan Lelap

Bacalah Doa Ini Ketika Susah Tidur! Dijamin Anda Akan Istirahat dengan Lelap

Pecihitam.org – Tidur adalah sarana untuk mengistirahatkan tubuh dari semua segala aktifitas yang melelahkan. Orang yang telah bekerja sepanjang hari, membutuhkan waktu tidur yang cukup di malam harinya. Tapi jika anda seorang yang insomnia padahal badan sudah lelah terasa remuk, amalkanlah doa ketika susah mau tidur yang akan kami bagikan dalam tulisan ini.

Sebagaimana kita tahu bersama, tidur merupakan suatu kebutuhan yang harus dilakukan rutin oleh setiap manusia. Karena dengan tidur badan akan menjadi lebih segar dan bertenaga. Namun, ada beberapa orang yang sulit memejamkan matanya meski tubuhnya dalam keadaan lelah.

Bagi seorang muslim, tidur digunakan sebagai pemulih keadaan tubuh agar bisa terus menerus beribadah kepada Allah swt. Aktifitas belajar, bekerja, ataupun aktifitas ibadah yang lainnya akan membuat tubuh menjadi capek.

Dengan itu, tubuh memerlukan energi baru untuk dimanfaatkan sebagai kekuatan untuk beribadah. Bahkan dalam salah satu hadits Rasulullah menganjurkan umatnya untuk tidur, sebagaimana riwayat Imam Bukhari

“Jika di antara kamu (ada) yang merasa mengantuk saat beribadah, maka segerakanlah tidur sampai tidurnya selesai(HR. Al-Bukhari)

Baca Juga:  3 Tips dan Doa Rasulullah Ketika Marah, Wajib Hafal Biar Hati Tenang

Terkadang pekerjaan yang belum selesai membuat kita selalu memikirkannya. Sehingga waktu memejamkan mata, kita selalu teringat dan terbangun kembali.

Padahal menurut medis, manusia harus tidur dalam waktu tujuh sampai delapan jam atau sepertiga waktu dalam setiap harinya. Kekurangan waktu tidur dalam setiap harinya bisa menyebabkan penyakit masuk ke dalam tubuh kita.

Gangguan tidur merupakan suatu permasalahan yang sering dijumpai dalam dunia medis. Kekurangan tidur dapat menyebabkan kondisi tubuh yang tidak segar. Selain itu, gangguan tidur dapat menyebabkan permasalahan kesehatan fisik, mental, maupun emosi seseorang. Orang yang kekurangan tidur akan lesu dan mudah sekali menguap dalam jeda waktu yang relatif singkat.

Salah satu istilah medis untuk permasalahan kesulitan untuk tidur adalah insomnia. Insomnia adalah salah satu gangguan tidur dimana seseorang merasa kesulitan untuk tidur, bahkan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa tidur.

Isomnia dapat disebabkan kebiasaan sebelum tidur yang tidak baik atau bisa juga disebabkan oleh gangguan mental.

Baca Juga:  Menenangkan Hati Dengan Dzikir? Ini Caranya!

Dalam kitab Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalaami Sayyid al-Abrar karya karya Syekh Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi disebutkan doa yang Harus dibaca ketika susah tidur. Berikut doanya.


اللهم  غَارَتِ النُّجُوْمُ وَهَدَأَتِ الْعُيُوْنُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّوْمٌ لَا تَأْخُذُكَ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِيْ أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَن يَّحْضُرُوْنِ


“Ya Allah, telah terbenam semua bintang, dan tidak berkedipsemau mata, dan Engkaulah dzat yang hidup lagi berdiri Sendiri, tidak akan mengenaiMu rasa kantuk dan tidak pula tidur. Wahai dzat yang maha hidup lagi Berdiri Sendiri, tenangkanlah malamku ini serta tidurkanlah mataku. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, dari kejelekan hamba-hamba-Nya, dari tipudaya setan dan dari kehadirannya”

Misalnya, kita bisa menambahinya dengan berwudlu. Wudlu dapat menghilangkan rasa was-was dan memberikan ketenangan dalam hati sehingga semua permasalahan yang menganggu bisa dilupakan sejenak dan tubuh bisa mendapatkan haknya untuk tidur.

Baca Juga:  Doa Agar Cepat Hamil Menurut al-Quran dan Hadis


Selain membaca doa terebut, kita bisa melengkapinya dengan ibadah yang lainya agar tidur kita menjadi ibadah yang sempurna dimata Allah swt.

Setelah berwudlu, kita dapat melakukan menambahinya dengan membaca beberapa ayat Al-Qur’an. Ibadah ini akan sangat berguna untuk menjaga tidur kita supaya tidak diganggu oleh setan ataupun hal lain yang dapat mengusik tidur kita.

Pilihan ayat yang dapat menjaga kita sewaktu tidur antara lain, ayat kursi, dua ayat terakhir pada surat Al-Baqarah, Surat Al-Ikhlas, dan Surat Al-Kafirun.

Muhammad Nur Faizi
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG