Cara Mengatasi dan Bacaan Doa Agar Terbebas dari Ejakulasi Dini

Cara Mengatasi dan Bacaan Doa Agar Terbebas dari Ejakulasi Dini

PeciHitam.org – Salah satu penyakit yang ditakuti oleh seorang suami biasanya yaitu ejakulasi dini. Sebab ketika seseorang menderita ejakulasi dini, itu artinya ia tidak mampu memenuhi hak sang istri untuk mendapatkan nafkah batin atau tepatnya kenikmatan seksual. Hal tersebut seringkali dapat merenggangkan hubungan rumah tangga.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Ejakulasi merupakan suatu peristiwa penyemburan air mani yang ke luar secara mendadak yang menandai puncak kenikmatan (klimaks) bagi pria. Sedangkan yang dimaksud dengan ejakulasi dini yaitu ketidakmampuan seseorang dalam mengontrol keluarnya mani sehingga keluar hanya dalam waktu singkat.

Hal ini tentu merugikan sebab, keluarnya mani dalam waktu yang singkat kadang tidak sesuai dengan keinginannya. Meskipun masih mampu mencapai ereksi, biasanya pria yang mengalami ejakulasi dini, hubungan seksual yang dilakukan bersama istrinya terlampau cepat terjadi dan dapat mengecewakan istri karena tidak mencapai klimaks secara bersama.

Adapun untuk mengatasi hal tersebut biasanya dapat dilakukan dengan melalui latihan Kegel. Yaitu latihan otot dasar pada bagian panggul yang disebut dengan Puboccoccygeus (PC) atau Pelvic Floor Muscle. Latihan Kegel ini awalnya diperuntukkan sebagi terapi bagi wanita yang tidak dapat mengontrol keluarnya urin, sehingga sewaktu-waktu air urinnya dapat keluar begitu saja.

Baca Juga:  Kitab-kitab Ini Mengungkap Penyimpangan Muhammad bin Abdul Wahab

Otot Puboccoccygeus disebut juga dengan otot seksual, sebab meliputi atau mendukung vagina, penis, uterus, rectum dan bagian tubuh lain yang berkaitan dengan fungsi seksual seperti orgasme dan ejakulasi, baik yang terjadi pada pria maupun wanita.

Ketika latihan kegel biasanya dilakukan dengan menghentikan urine saat Anda buang air kecil untuk menemukan otot Puboccoccygeus. Lakukan hal ini sampai tiga kali hingga dapat menentukan posisi otot-otot PC tersebut.

Seperti namanya, latihan Kegel ini pertama kali diperkenalkan oleh Arnold Kegel, seorang gynecologist, yang berkarir sejak tahun 1945. Latihan ini berfungsi untuk melatih kontraksi otot PC berkali-kali dengan tujuan meningkatkan tonus dan kontraksi otot.  Manfaat dari latihan ini paling tidak dapat dirasakan setelah enam minggu.

Latihan Kegel ini telah dikembangkan untuk pria pertama kali oleh Zilberger sejak tahun 1978. Sama halnya seperti yang diperuntukkan untuk wanita, latihan Kegel untuk pria juga dititikberatkan pada penguatan otot-otot panggul. Latihan ini dinilai bermanfaat untuk menguatkan otot panggul termasuk penis serta menambah kemampuan potensi seksual.

Baca Juga:  Bagaimana Hukum Praktek Pemilu dalam Pandangan Islam? Begini Penjelasannya

Adapun caranya yaitu dengan mengencangkan dan mengendorkan otot-otot tersebut masing-masing sebanyak 10 kali, selama satu hingga satu setengah bulan. Konsultasi ke dokter juga diperlukan. Setelah melakukan segala upaya untuk mengatasi hal tersebut, barulah kita dianjurkan membaca doa berikut:

اَللَّهُمَّ قَوِّ ذَكَرِي فَإِنَّهُ مَنْفَعَةٌ لِأَهْلِي

Allohumma qawwi dzakari fa innahu manfa’atun li ahli

“Ya Allah, kuatkan penisku karena sesungguhnya hal tersebut bermanfaat bagi istriku.”

Hal ini berdasarkan kitab Faidlul Qadir karya Abdurra’uf al-Munawi, berikut redaksi lengkapnya:

وَكَانَ ابْنُ الْمُنْكَدِرِ يَقُولُ : اَللَّهُمَّ قَوِّ ذَكَرِي فَإِنَّهُ مَنْفَعَةٌ لِأَهْلِي. وَإِنَّمَا سَأَلَ قُوَّتَهُ لِيَخْرُجَ مِنْ حَقِّ زَوْجَتِهِ لَا لِقَضَاءِ النَّهْمَةِ لِأَنَّ الْمَرْأَةَ نَهْمَتُهَا فِي الرِّجَالِ فَإِذَا عَطَلهَا خِيفَ عَلَيْهَا الزِّنَا.

“Ibnul Munkadir berdoa, ‘Ya Allah, kuatkan dzakarku karena sesungguhnya hal tersebut bermanfaat bagi istriku’. Doa itu dipanjatkan agar Allah menguatkan dzakar Ibnul Munkadir semata-mata untuk memenuhi kewajibannya sebagai seorang suami yang menjadi hak istrinya, bukan untuk mengumbar syahwatnya. Sebab, birahi perempuan itu ada pada laki-laki. Apabila dibiarkan, dikhawatirkan perempuan tersebut akan terjerumus ke dalam perzinahan.”

Demikian cara mengatasi ejakulasi dini beserta doa yang dapat dibaca ketika mengalaminya. Mudah-mudahan dapat bermanfaat, agar dapat meningkatkan kualitas hubungan seksual antara suami dan istri. Sehingga dapat terjalin rumah tangga yang harmonis.

Baca Juga:  Asal Usul Kalender Islam dan Usaha Sinkronisasi dengan Kalender Jawa Oleh Sultan Agung
Mohammad Mufid Muwaffaq