Doa Masuk Rumah dan Keluar Rumah Agar Mendapat Perlindungan

doa masuk rumah

Pecihitam.org – Ketika masuk rumah kita disunnah kan untuk mengucapkan basmalah. Manfaatnya adalah supaya setan merasa tidak betah atau nyaman berada di rumah kita.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Jika setan ikut tinggal di rumah akan terasa dengan banyaknya masalah yang terjadi di rumah tangga, sebab setan senang melihat manusia ribut dan tidak tenang tinggal di rumahnya sendiri,. Disamping itu penghuni rumah juga malas untuk melakukan ibadah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga menganjurkan seseorang untuk mengucapkan salam tatkala memasuki rumah. Tujuannya agar keberkahan datang, baik kepada yang mengucapkan maupun keluarganya. Selain mengucapkan basmalah dan salam juga disunnahkan membaca doa masuk rumah.

Berikut ini adalah lafadz doa masuk rumah;

اَللّٰهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Baca Juga:  Rahasia dan Keutamaan Surat Al Fatihah yang Jarang Diketahui

Allahumma innii as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa’alallohi robbina tawakkalnaa

Artinya:”Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakkal”

Untuk doa masuk rumah yang kosong atau tidak berpenghuni berikut ini adalah doanya.

اَلسَّلاَمُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِاللهِ الصَّالِحِيْنَ
Assalaamu ‘alainaa wa ‘alaa ‘ibaadillaahish shoolihiin.

Artinya:”Semoga keselamatan atas kita, hamba-hamba Allah yang shalih.”

Kemudian pada saat kita hendak keluar dari rumah kita juga di sunnahkan membaca doa. Hal tersebut agar supaya kita pada saat meninggalkan rumah tidak melakukan hal yang buruk, baik di sengaja maupun tidak disengaja, di jauhkan dari hal-hal maksiat, atau hal-hal buruk lain yang merugikan diri kita dan orang lain.

Baca Juga:  Amalan yang Dapat Menghapus Dosa Walaupun Sebanyak Buih Lautan

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ
Bismillaahi tawakkaltu ‘alallooh laa hawlaa walaa quwwata illaa bilaahi

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah aku bertawakal kepada Allah, tiada daya kekuatan melainkan dengan Allah.

Atau bisa juga membaca doa keluar rumah yang lebih panjang berikut:

بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ، أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ، أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَليَّ

Bismillahi tawakkaltu ‘alallahi, allahumma inni a‘udzu bika an adlilla au udlalla, au azilla au uzalla, au adhlima au udhlama, au ajhala au yujhala ‘alayya

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah. Ya Allah, aku berlindung dari berbuat sesat atau disesatkan, dari tergelincir atau digelincirkan, dari buat zalim atau dizalimi, dari kebodohan atau dibodohi.” (Muhyiddin Abi Zakariya Yahya ibn Syaraf an-Nawawi, Al-Adzkar).

Demikian semoga bermanfaat. Wallahua’lam bisshawab.

Baca Juga:  Amalan dan Doa Menempati Rumah Baru
Arif Rahman Hakim
Sarung Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published.