Pengen Pindah Rumah? Ini Doa Menempati Tempat Tinggal Baru

Pengen Pindah Rumah? Ini Doa Menempati Tempat Tinggal Baru

PeciHitam.org – Siapa yang menempati rumah baru atau tempat tinggal baru, maka disunnahkan untuk berdoa saat memulai untuk menempatinya, ini Doa menempati tempat tinggal baru :

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Latin: “A’udzu bikalimaatillaahit taammaati min syarri maa khalaq.”

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya.”

Seperti yang diriwayatkan Imam Muslim, dari Khaulah binti Hakim ra., ia berkata: Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda:

مَنْ نَزَلَ مَنْزِلًا ثُمَّ قَالَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِكَ

Artinya: “Siapa yang singgah di suatu tempat, lalu ia membaca: A’udzu bikalimaatillaahit taammaati min syarri maa khalaq (Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk yang diciptakan-Nya) maka tak ada sesuatupun yang membahayakannya sehingga ia beranjak dari tempatnya tersebut.” (HR. Muslim)

Hadits di atas mencakup tinggal dengan niatan untuk sementara (mampir atau singgah) seperti musafir (orang dalam perjalanan), dan begitu juga berlaku bagi orang yang menempati satu rumah untuk bermukim (tinggal atau menetap) di tempat tersebut, baik itu milik sendiri ataupun bukan.

Baca Juga:  Doa Agar Dipertemukan Jodoh bagi Para Tuna Asmara

Begitu juga dianjurkan untuk membaca:

 اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Latin: “Allahumma innii asaluka khara al-maulaja wa khaira al-makhraja, bismillahi walajna bismillahi kharajna, wa ‘ala allahi rabbina tawakkalnaa.”

Artinya: “Ya Allah aku memohon kepadamu sebaik-baiknya tempat masuk dan sebaik-baiknya tempat keluar, dengan nama Allah kami masuk dan dengan nama Allah kami keluar, dan hanya kepada Allah, Tuhan kami, kami berserah diri.”

 (HR. Abu Dawud no.4432, al-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir no.3378. al-Albani mensahihkan sanad dalam as-Shahihah no.225 dan dinilai sahih dalam Sahih al-Jami’ no.839, namun dilemahkan olehnya dalam Dha’if Sunan Abi Dawud no.1086, sedangkan Abdul Qadir al-Arna’uth menghasankannya, sebagaimana dalam Raudhat al-Muhadditsin no.4579, dan disebutkan juga Imam Nawawi dalam Al-Adzkarnya, no.58, beliau mengatakan sebagai hadis hasan.)

Doa di atas tidak hanya untuk saat menempati tempat tinggal baru atau rumah baru dan memasukinya untuk pertama kali, akan tetapi sebaiknya diucapkan setiap kali masuk rumah dan keluar rumah.

Baca Juga:  Ingin Lepas dari Semua Kesusahan dan Masalah? Amalkan Doa Nabi Yunus Ini

Atau membaca basmalah saat memasukinya, seperti yang ditunjukkan oleh hadits berikut:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا دَخَلَ الرَّجُلُ بَيْتَهُ فَذَكَرَ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ وَعِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ لَا مَبِيتَ لَكُمْ وَلَا عَشَاءَ وَإِذَا دَخَلَ فَلَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ دُخُولِهِ قَالَ الشَّيْطَانُ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَإِذَا لَمْ يَذْكُرْ اللَّهَ عِنْدَ طَعَامِهِ قَالَ أَدْرَكْتُمْ الْمَبِيتَ وَالْعَشَاءَ

Artinya: “Dari Jabir bin Abdullah bahwa dia mendengar Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Apabila seseorang hendak masuk rumahnya kemudian dia berzikir kepada Allah ketika masuk dan ketika akan menyantap makanan maka syaitan akan mengatakan kepada pengikutnya, ‘Kalian tidak bisa tidur di sini dan tidak pula mendapatkan bagian makanan’. Kemudian apabila dia memasuki rumahnya namun tidak berzikir kepada Allah ketika masuknya maka syaitan akan berkata, ‘Kalian bisa menginap malam ini’. Dan apabila dia tidak berzikir kepada Allah ketika menyantap makanan maka syaitan akan mengatakan, ‘Kalian bisa menginap dan makan di sini.’.” (HR. Muslim)

Kedua doa menempati tempat tinggal baru tersebut tidak khusus hanya saat memasuki rumah untuk pertama kali, tetapi dibaca oleh seseorang yang ingin memasuki rumah sesudah bepergian dan juga dianjurkan untuk membacakan Al-Qur’an di rumah tersebut, khususnya surat al-Baqarah untuk mengusir dan melindungi rumah dari gangguan syetan.

Baca Juga:  Kisah Syekh Nawawi yang Bermunajat Doa Pakai Bahasa Jawa di Mekkah

Diriwayatkan dalam Shahih Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Artinya: “Jangan jadikan rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya syetan lari dari rumah yang dibacakan surat al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim)

Doa menempati tempat tinggal baru yang dijelaskan di atas alangkah baiknya dibaca baik rumah tersebut milik sendiri atau bukan seperti mengontrak, menyewa maupun dipinjami.

Semoga informasi tersebut di atas dapat bermanfaat bagi kita dan dapat mendekatkan kita kepada Allah SWT sekaligus menjauhkan kita dari syetan selama menempati tempat tinggal yang baru.

Mochamad Ari Irawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *