Fadhilah Surat Maryam bagi Ibu Hamil, Salah Satunya Memberi Ketenangan

Fadhilah Surat Maryam bagi Ibu Hamil

Pecihitam.org – Al-Qur’an adalah obat bagi siapapun yang membacanya serta mengamalkannya, sehingga akan menciptakan rasa tenang dan kedamaian di dalam hati pembacanya. Seluruh surat-surat yang ada di daalam Al-Qur’an mempunyai fadhilahnya masing-masing. Salah satu surat yang sangat populer yaitu Surat Maryam, yang menjadi surat andalan yang sering di baca oleh ibu yang sedang hamil. Kira-kira apa saja ya fadhilah membaca Surat Maryam bagi ibu hamil?

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Seorang ibu yang sedang hamil memang di anjurkan untuk sering-sering membaca Al-Qur’an, selain memberikan ketenangan pada diri ibu juga dapat menenangkan janin yang ada dalam kandungan. Surat Maryam termasuk dalam Surat Makkiyah dan terdiri dari 98 ayat. Isi kandungan Surat Maryam ini juga berkaitan dengan kisah Maryam binti Imran yaitu ibunda dari Nabi Isa As.

Beliau hamil dan melahirkan seorang putra tanpa adanya hubungan dengan seorang laki-laki. Tidak hanya itu, Siti Maryam pun harus menerima hujatan dari orang-orang terhadap dirinya dan putranya (Nabi Isa As). Namun bunda Maryam tetap teguh pendirian pada keimanannya terhadap Allah Swt, sehingga banyak sekali hikmah yang sangat luar biasa dari kisah Siti Maryam tersebut.

Baca Juga:  13 Keutamaan Doa Kafaratul Majelis Yang Patut Diketahui

Tubuh dari ibu yang sedang hamil memang sangat mudah berubah-rubah dan tidak stabil, apalagi kondisi psikisnya yang labil akibat dari hormon yang tidak seimbang pada masa kehamilan. Itulah kenapa ibu hamil di anjurkan membaca Surat Maryam. Karena Surat Maryam dapat menstabilkan konsisi psikis dan emosional ibu hamil.

Berikut beberapa keutamaan dan fadhilah membaca Surat Maryam bagi ibu hamil:

1. Memberikan ketenangan

Tidak hanya ayatnya saja yang di baca, sebaiknya makna dan isi kandungan dari Surat Maryam tersebut kalau bisa dihayati, sehingga tahu kisah perjuangan dari Siti Maryam yang dengan seizin Allah Swt beliau mampu menghadapi masa kehamilannya sendirian. Hal ini dapat memberikan ketenangan dan menghilangkan rasa kekhawatiran ataupun gejala-gejala yang sering di alami oleh ibu hamil seperti mual, tidak selera makan, dan pendarahan.

Rasa sakit di rasakan oleh seorang ibu saat melahirkan di ceritakan dalam Surat Maryam ayat 23-25, bahwa Siti Maryam pun sempat berputus asa menahan rasa sakit selama persalinannya,

Baca Juga:  Tiga Doa Pelunas Hutang, Bacalah! Insya Allah Malam Tidur Nyenyak dan Siang Tidak Ketakutan

فَأَجَاءَهَا الْمَخَاضُ إِلَىٰ جِذْعِ النَّخْلَةِ قَالَتْ يَا لَيْتَنِي مِتُّ قَبْلَ هَٰذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَنْسِيًّا
فَنَادَاهَا مِنْ تَحْتِهَا أَلَّا تَحْزَنِي قَدْ جَعَلَ رَبُّكِ تَحْتَكِ سَرِيًّا
وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا

“Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma. Dia berkata: “ Aduhai, alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi di lupakan. Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: “ Janganlah kamu bersedih hati, Sesungguhnya Tuhan-mu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.” (QS. Maryam:23-25)

2. Doanya ibu hami diijabah Allah

Bagi ibu hamil yang senantiasa rutin membaca Surat Maryam maka ia akan di ijabah doa-doanya dan juga agar di permudah serta di lancarkan saat melahirkan. Kekhawatiran ibu hamil biasanya semakin besar apabila telah mendekati masa persalinan, sebaiknya dalam kondisi seperti ini maka usahakan agar selalu husnudzon kepada Allah Swt dan meminta perlindungan bagi anaknya dan juga dirinya agar di berikan kelancaran menjelang persalinan samapi pasca persalinan selesai.

Baca Juga:  Doa Mendengar Orang Meninggal Secara Lengkap Beserta Artinya

3. Diberikan anak yang sholeh, sholehah dan berbakti kepada orang tua

Karena di dalam Maryam terdapat doa untuk anak masih dalam Rahim, sebagai berikut,

وَبَرًّا بِوَالِدَيْهِ وَلَمْ يَكُنْ جَبَّارًا عَصِيًّا

“Dan seorang yang berbakti kepada kedua orang tuanya, dan bukanlah ia yang sombong lagi durhaka.”(QS. Maryam: 14)

Demikianlah beberapa fadhilah membaca Surat Maryam bagi ibu hamil yang dapat memberikan ketenangan, dan mempermudah proses selama persalinan dan di berikan anak yang sholeh, sholehah serta berbakti kepada orang tuanya. Wallahua’lam bisshawab

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik