Gus Kikin, Sosok yang Disebut-sebut Pengganti Gus Sholah

Pecihitam.org – Sepeninggal KH Shalahuddin Wahid (Gus Sholah), KH Abdul Hakim Mahfudz yang akrab disapa Gus Kikin disebut-sebut akan melanjutkan estafet kepemimpinan di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Hal itu diungkapkan oleh pengasuh Pesantren Putri Tebuireng, KH Fahmi Amrullah. Ia menyebut Gus Kikin sudah ditunjuk sebelum Gus Sholah wafat.

“Sebelum beliau (Gus Sholah) wafat, Tebuireng ini sudah ada mekanisme, jadi sudah menunjuk wakil pengasuh (menjadi pengasuh) yaitu Gus Kikin,” kata Fahmi, dikutip dari CNN Indonesia, Senin, 3 Februari 2020.

Di Tebuireng, kata Fahmi, ada majelis keluarga yang telah dibentuk Gus Sholah sebelum wafat.

“Mejelis itu bertugas membantu memberikan masukan terhadap kepemimpinan Pondok Pesantren Tebuireng ke depan,” ujarnya.

Baca Juga:  Pesantren Milik KH. Ma'ruf Amin Terbuka Bagi Santri Mengabdi SGTP

Majelis keluarga tersebut, kata Fahmi, terdiri dari sembilan orang yang mewakili putra-putri pendiri Pondok Pesantren Tebuireng KH Hasyim Asy’ari.

Fahmi mengatakan, terkait siapa yang bakal membantu Gus Kikin memimpin PP Tebuireng ke depan, juga bergantung pada putusan majelis keluarga. 

“Insya Allah kalau di Tebuireng mekanisme ini semoga nanti jalan dan bisa tanpa hambatan,” ujarnya.

Diketahui, Gus Sholah menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta, pukul 20.55 WIB, Minggu, 2 Februari 2020. Almarhum dikabarkan sempat kritis setelah menjalani operasi jantung.

Mantan Wakil Ketua Komnas HAM ini dimakamkan di pemakaman keluarga yang berada di dalam Pesantren Tebuireng, pukul 16.00 WIB, Senin, 3 Februari 2020.

Baca Juga:  Alasan Pelaku Tusuk Imam Masjid Pekanbaru: Kecewa Sering Konsultasi Tapi Tak Diberi Solusi
Muhammad Fahri