Inilah Mukjizat Nabi Daud As yang Tidak Dimiliki oleh Para Nabi Sebelumnya

mukjizat nabi daud

Pecihitam.org – Nabi Daud As diutus oleh Allah Swt untuk menuntun Bani Israel agar kembali ke jalan-Nya. Nabi Daud As merupakan keturunan ke-13 dari Nabi Ibrahim As dari garis keturunan anak keduanya yaitu Nabi Ishak As.

Nabi Daud lahir dan tinggal di Bethlehem. Ia di utus oleh Allah SWT setelah sepeninggalnya Nabi Musa As dan Nabi Harun As, dan sampai bertahun-tahun berlalu tanpa adanya peristiwa yang mengejutkan. Saat itu manusia hidup tanpa ada bimbingan dan tuntunan dari seorang Rasul.

Kemudian kaum Bani Israil juga terusir dari negerinya sendiri karena mereka telah ingkar terhadap kitab suci Taurat. Mereka juga sudah tidak mengindahkan dan mengikuti ajaran-ajaran yang terdapat dalam kitab Taurat yang di wariskan oleh Nabi Musa As. Saat itu seakan kitab Taurat telah hilang dan tidak di anggap lagi oleh mereka.

Nabi Daud As diberi mukjizat oleh Allah SWT yang tidak diberikan kepada Nabi yang lain sebelumnya. Seperti dalam Firman-Nya dalam Surat As-Saba’ ayat 10-11.

Baca Juga:  Meski Romantis, Ternyata Rasulullah dan Aisyah Juga Pernah Bertengkar

“Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud karunia dari kami. (Kami berfirman) ‘ Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud dan Kami telah melunakkan besi untuknya. (yaitu) buatlah baju-baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya, dan kerjakanlah amalan yang shaleh. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan.” (Q.S As-Saba : 10-11).

Berikut adalah beberapa Mukjizat yang dikaruniakan Allah terhadap Nabi Daud As antara lain ialah:

  • Allah Swt mengutus Nabi Daud As sebagai Nabi dan di sertai dengan kesempurnaan ilmu, ketelitian amal perbuatan serta kebijaksanaan dalam menyelesaikan berbagai pereselisilan dalam masyarakat pada masa pemerintahannya.
  • Nabi Daud As sangat pandai dalam berkata-kata dan mampu melebur jiwa yang keras hanya dengan membacakan ayat dari mulutnya.
  • Allah Swt juga menurunkan kitab Zabur kepada Nabi Daud As, yang merupakan kitab suci berupa kumpulan qasidah serta ayat-ayat yang mengandung tasbih dan pujian-pujian kepadaa Allah Swt. Dalam kitab Zabur juga berisi tentang kisah-kisah umat-umat terdahulu dan termasuk di dalamnya menyebutkan berita tentang akan datangnya Nabi Muhammad SAW. Nabi Daud menerima risalah kenabiannya pada usia 40 tahun.
  • Allah Swt menundukkan gunung-gunung dan memperintahkannya untuk ikut bertasbih berulang-ulang seperti Nabi Daud As.
  • Nabi Daud As di berikan peringatan dan pemahaman oleh Allah Swt tentang maksud suara atau bahasa-bahasa burung.
  • Nabi Daud As dikaruniakan oleh Allah Swt berupa suara yang merdu oleh Allah Swt. Suara Nabi Daud As sangat indah dan membuat orang yang mendengarnya menjadi terkesima, bahkan orang yang sakit pun menjadi sembuh ketika mendengar suara Nabi Daud As. Oleh sebab itu, Nabi Daud As sering dijadikan sebagai kiasan apabila ada seseorang muslim yang memiliki suara merdu disebutkan bahwa ia telah memperoleh suara emas dari Nabi Daud As.
  • Allah Swt juga memberikan kekuatan kepada Nabi Daud As sehingga beliau dapat melenturkan serta melembutkan besi. Ia juga dapat membuat baju-baju dan lingkaran-lingkaran besi dengan tangannya tanpa melalui pemanasan/ pembakaran dengan api.
  • Nabi Daud As telah diberikan kesempatan mejadi Raja dan memimpin kerajaan Israel yang kuat dan tidak dapat di kalahkan oleh musuh. Beliau juga selalu berhasil memenangkan di setiap peperangan melawan musuhnya. Nabi Daud menjadi raja pada usianya 30 tahun. Kemudian Nabi Daud menjadikan Baitul Maqdis (Yarussalem) sebagai Ibu kota kerajaanya.
Baca Juga:  Filosofi Shalat Berjamaah dalam Kepemimpinan dan Hidup Bernegara

Itulah beberapa keistimewaan dan mukjizat Nabi Daud as. yang diberikan Allah kepadanya untuk memimpin umat Bani Israel. Demikian semoga bermanfaat. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG