Tiga Doa Pelunas Hutang, Bacalah! Insya Allah Malam Tidur Nyenyak dan Siang Tidak Ketakutan

Tiga Doa Pelunas Hutang, Bacalah! Insya Allah Malam Tidur Nyenyak dan Siang Tidak Ketakutan

PECIHITAM.ORG – Setiap orang dalam hidupnya mempunyai masalah. Dan masalah setiap orang kadang tidaklah selalu sama. Di antara masalah yang kadang mengganggu pikiran manusia adalah ketika dililit hutang. Karenanya, dalam tulisan ini, kami akan berbagi tentang tiga doa pelunas hutang yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Sebelum membagikan 3 doa pelunas hutang ini, ada baiknya kami sampaikan terlebih dahulu tentang bahaya atau dampak negatif dari suka berhutang, sehingga tidak mampu melunasinya.

Dampak negatif tersebut di antaranya membuat diri kita menjadi hina. Padahal seorang mukmin adalah orang yang mulia. Tak seorang pun yang mampu untuk merendahkan harga diri seorang mukmin. Namun, kemuliaan itu kadang memudar manakala ada cacat dalam diri seorang mukmin, di antara cacat itu adalah ketidakberdayaan membayar hutang.

Dampak negatif lainnya ialah mudah berdusta. Dusta adalah sesuatu yang tidak mungkin dilakukan oleh seorang mukmin. Tetapi lain halnya ketika hutang sudah mengepung dari kanan, kiri, depan, belakang. Karena mau menghindar terlanjur janji mau bayar hutang, akhirnya ada satu pilihan yang sementara dianggap aman, yaitu berdusta.

Terus dampak hutang berikutnya adalah memutuskan hubungan silaturahmi. Seorang mukmin dengan mukmin lainnya memang seperti satu tubuh, dan merupakan saudara. Tetapi tiba-tiba saudara menjadi musuh, kawan menjadi asing disebabkan masalah hutang. Timbullah rasa benci, marah, kesal di antara mereka.

Dampak negatif lainnya adalah mudah terjebak dalam tindak kriminal. Orang yang sudah dililit hutang, tidak lagi merasa ragu untuk melakukan tindak kriminal. Mereka mulai nekad bagaimana caranya untuk menutupi hutangnya.

Baca Juga:  Doa Abu Nawas Meminta Jodoh Wanita Cantik Dan Shalihah

Selain itu, hutang bisa meninggalkan beban kepada ahli waris. Alangkah berduka anggota keluarga yang ditinggal pergi mati, apalagi kalau anggota yang keluarga yang ditinggal diwarisi hutang oleh almarhum.

Terakhir, orang yang terlilit hutang akan ditunda masuk surga, sebagaimana sabda Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa Sallam

Demi Tuhan yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya, seandainya seseorang terbunuh di jalan Allah, kemudian hidup lagi dan terbunuh lagi, kemudian hidup lagi dan terbunuh lagi, sedangkan ada tanggungan hutang padanya, maka ia tetap tidak akan masuk surga sampai melunasi hutangnya. (HR. An-Nasa’i)

Pendeknya, hutang akan membuat malam menjadi resah, tidak nyenyak tidur. Dan hutang juga membuat ketakutan di siang hari. Diam di rumah, takut didatangi penagih. Mau jalan, takut bertemu dengan orang yang mau nagih hutang. Serba meresahkan dan menyesakkan dada.

Semoga 3 doa pelunas hutang ini menjadi ikhtiar langit yang akan membebaskan diri dari belenggu hutang.

Doa Pertama
Doa ini diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud

اللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْز وَاْلكَسَلِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ غَلَبَتِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari keluh kesah dan dukacita, aku berlindung kepada-Mu dari lemah dan malas, aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir, aku berlindung kepada-Mu dari tekanan hutang dan kezaliman manusia.” (HR Abu Dawud)

Dulu doa ini diajarkan Nabi kepada Abu Umamah Al-Bahili yang waktu itu sedang galau, murung dan berdiam diri di masjid di luar waktu shalat, karena meratapi nasib yang sedang terlilit hutang.

Baca Juga:  Teks Maulid Simtuduror Karya Habib Ali bin Muhammad

Doa Kedua

Doa pelunas hutang ini terdapat dalam hadis riwayat Imam At-Tirmidzi. Diceritakan ada seorang budak mukatab yang mendatanginya Ali bin Abi Thalib. Ia pun berkata, “Aku tidak mampu melunasi untuk memerdekakan diriku.”

Ali berkata, “Maukah kuberitahukan padamu beberapa kalimat yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengajarkannya padaku, yaitu apabila engkau memiliki hutang sebesar gunung sekali pun, maka Allah akan memudahkanmu untuk melunasinya.
Ucapkanlah doa ini

 اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Ya Allah, cukupkan lah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.

Dalam riwayat yang lain, terdapat redaksi matan yang berbeda dan sedikit lebih panjang

اللهم يا غني يا حميد يا مبدئ يا معييد يا رحيم يا ودود، أغنني بحلالك عن حرامك واكفني بفضلك عمن سواك وبطاعتك عن معصيتك

“Ya Allah, Yang Maha Kaya, Maha Terpuji, Maha Pencipta, Maha Kuasa Mengembalikan, Maha Penyayang, dan Maha Kasih. Cukupi aku dengan harta halal-Mu, bukan dengan yang haram. Cukupi diriku dengan karunia-Mu, bukan selain-Mu. Isilah hari-hariku dengan taat kepada-Mu, bukan mendurhakai-Mu.

Doa ini akan lebih terasa khasiatnya jika dibaca setiap selesai shalat Jumat, tepatnya setelah membaca surat Al Fatihah, Surat Al-Ikhlas, Surat Al-Falaq dan Surat An-Nas masing-masing 7x.

Doa Ketiga
Doa ini diriwayatkan oleh Imam Muslim dan dinajurkan dibaca sebelum tidur dengan memiringkan badan ke lambung sebelah kanan. Berikut doanya

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Baca Juga:  Meneladani Doa Fatimah az-Zahra Pada Hari Jumat

“Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an). Aku berlindung kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu. Engkaulah yang terakhir, setelahMu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah utang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (HR. Muslim)

Demikian 3 doa pelunas hutang. Semoga manfaat dan berkah. Semoga Allah memberikan dan memudahkan jalan terbaik untuk melunasi hutang, agar hidup lebih tentram. Amin. Wallahu a’lam bisshawab!

Faisol Abdurrahman