Jelang Hari Santri 2019, PCNU Pringsewu Siapkan Beragam Kegiatan Menarik

PCNU Pringsewu

Pecihitam.org – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pringsewu, Provinsi Lampung sudah mempersiapkan berbagai jenis kegiatan untuk memeriahkan puncak Hari Santri yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2019, mendatang.

Adapun berbagai jenis kegiatan tersebut diantaranya perlombaan, pentas seni, dan berbagai kreativitas santri siap digelar oleh panitia.

Ketua Hari Santri PCNU Kabupaten Pringsewu KH Munawir mengungkapkan bahwa kemeriahan dan syiar Hari Santri harus terus senantiasa digaungkan di tengah masyarakat.

“Hal ini untuk menunjukkan jati diri santri yang memiliki peran penting dalam mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar KH Munawir, dikutip dari situs resmi NU, Sabtu, 7 September 2019.

“Santri saat ini harus mampu meneruskan dan mempertahankan peran pentingnya seperti yang telah dicontohkan para ulama dan santri terdahulu dalam perjuangan merebut kemerdekaan,” sambungnya.

Baca Juga:  Sambut Hari Santri, Pemkot Pasuruan: Santri, Contoh Nyata Cerdas Secara Sosial

Menurutnya, upaya meneruskan perjuangan santri di era saat ini adalah dengan mewujudkan rasa syukur serta meneruskan cita-cita luhur dengan memperkuat berbagai aspek kehidupan seperti agama, pendidikan, ekonomi, budaya, dan sebagainya.

“Oleh sebab itu agenda Hari Santri di Kabupaten Pringsewu berupaya untuk memperkuat aspek-aspek tersebut,” kata KH Munawir.

Pada tahun 2019, lanjut KH Munawir, Panitia Hari Santri akan menggelar serangkaian kegiatan, di antaranya Santri Expo 2019 dan Food Festival yang digelar di Pendopo Pringsewu. Berbagai hasil kreativitas santri ditampilkan baik dalam bidang agama, seni, maupun ekonomi.

“Puncak kegiatan yakni upacara hari santri dan kirab budaya santri yang memang menjadi agenda utama Hari Santri setiap tahunnya,” ungkapnya.

Baca Juga:  Gus Ulil Sebut Kiai Nurul Huda Reinkarnasi Gus Dur

Pihaknya juga mengungkapkan bahwa kegiatan Hari Santri saat ini terus mempertahankan dan meningkatkan kuantitas serta kualitas kegiatan seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah, setiap tahunnya Hari Santri di Kabupaten Pringsewu berlangsung meriah dengan puluhan agenda kegiatan,” ucap KH Munawir.

“Semoga tahun ini berjalan sukses. Minta doanya. Dari Santri untuk Negeri. Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.