6 Kebiasaan Buruk Saat Jalankan Ibadah Puasa yang Harus di Hindari

kebiasaan buruk saat puasa

Pecihitam.org – Bagi umat Islam, Ramadhan merupakan bulan yang dinanti-nanti karena begitu istimewa. Kaum mukmin, selama sebulan penuh, diwajibkan menjalankan ibadah puasa dengan menahan lapar, dahaga dan hawa nafsu. Namun dibalik itu semua Allah akan melimpahkan pahala dan karunia yang berlipat ganda.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Bulan Ramadhan juga sangat istimewa karena pintu taubat dibuka sebesar-besarnya, setiap amal kebaikan dilipat gandakan pahalanya, dan bonus Lailatul Qadar bagi yang bisa mendapatkannya. Namun ternyata tidak sedikit pula orang yang kurang memanfaatkan dengan baik kesempatan emas yang ada hanya setahun sekali ini.

Tidak jarang umat muslim melakukan kebiasaan buruk saat mereka melaksanakan ibadah puasa ini yang justru dapat membuat berkurangnya pahala yang diperoleh. Lantas apa saja kebiasaan buruk yang sering terjadi saat puasa itu?

1. Menganggap Puasa Ramadhan Hanya Sebatas Ritual

Kebiasaan buruk pertama yang sering dilakuakn oleh umat muslim saat bulan Ramadhan adalah mereka menganggap bahwa puasa hanya sebatas ritual saja. Banyak orang yang berpuasa karena melihat orang lain berpuasa, ya hitung-hitung biar seperti temannya.

Orang yang seperti ini biasanya hanya mengartikan puasa sebagai ajang tidak makan dari pagi sampai sore hari. Sedangkan esensi ibadah puasa yang sebenarnya telah dilupakan, ia lupa bahwa puasa adalah untuk mensucikan hati dan jiwa serta melatik keikhlasan.

Baca Juga:  Penyebab Datangnya Penyakit ‘Ain dan Cara Menyembuhkannya

2. Tidak Mengetahui Hukum

Orang yang mengerjakan puasa akan tetapi ia tidak mengetahui hukum puasa Ramadhan itu sendiri, maka orang itu tidak mengetahui dengan pasti mengenai ibadah yang sedang ia kerjakan. Padahal ukuran diterimanya suatu ibadah oleh Allah SWT selain keikhlasan adalah mengetahui ilmunya.

Maka dari itu, penting bagi kita terlebih dahulu mengetahui ilmu yang berkaitan dengan hukum puasa Ramadhan tersebut, bukan hanya itu namun juga ilmu syariat lainnya. Ilmu itu bisa diperoleh dengan cara mengaji kepada ulama atau orang yang lebih memahami.

3. Terlalu Memikirkan Makan dan Minum

Terlalu memikirkan makan dan minum juga menjadi salah satu kebiasaan buruk saat puasa. Banyak orang yang berpuasa tapi justru meributkan mengenai masalah makanan dan minuman apalagi ketika mau mendekati waktu berbuka.

Kebiasaan seperti ini bisa akan membuat konsentrasi seseorang berfokus kepada makanan dan minuman dari pada melakukan ibadah seperti shalat sunnah, dzikir, tadarrus Qur’an dan ibadahan lainnya.

Baca Juga:  Menjaga Lisan, Berkata Baik atau Diam, Maka Dirimu Akan Selamat

4. Mengerjakan Perkara Selain Ibadah Secara Berlebihan

Kebiasaan buruk ini biasanya paling sering dilakukan dengan terlalu banyak mengonsumsi makanan saat buka dan sahur. Hal ini mereka lakukan supaya tidak merasa kelaparan dan kehausan saat berpuasa.

Padahal yang seperti ini bisa membuat seseorang jadi malas untuk melakukan ibadah yang wajib ataupun sunnah. Contoh ketika kekenyangan setelah berbuka umumnya akan malah berangkat shalat tarawih.

5. Kebanyakan Tidur Saat Puasa

Memang tidak dipungkiri bahwa tidurnya orang yang berpuasa itu juga pahala. Akan tetapi banyak orang yang berlebihan, yang pada akhirnya mereka lebih banyak menghabiskan waktu berpuasanya hanya untuk tidur.

Selain itu, ada pula kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh orang saat ia berpuasa di bulan Ramadhan yakni menyibukkan diri bukan untuk beribadah kepada Allah. Seperti menonton TV, mendengarkan musik dan hal lain yang malah tidak ada hubungannya denga ibadah sama sekali.

6. Ikut Puasa Tapi Tidak Sholat

Kebiasaan buruk terakhir ini yang paling fatal, yaitu ikut menjalankan ibadah puasa akan tetapi tidak shalat. Puasa merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan oleh umat Islam, akan tetapi shalat juga memiliki hukum yang sama.

Baca Juga:  Inilah Adab Bercanda dalam Islam yang Wajib Diperhatikan

Shalat adalah tiang agama tidak ada alasan apapun yang dapat membatalkan kewajiban seseorang untuk menjalankan shalat. Maka jika seseorang melaksanakan puasa namun mereka tidak shalat, maka ibadah puasanya tersebut akan sia-sia saja. Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah sholatnya. Jika sholatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Jika sholatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi.”

Jadi, mari berusaha bersama-sama dan saling mengingatkan untuk menjadi umat muslim yang baik dan taat. Semoga pahala ibadah kita semua diterima oleh Allah Swt. Amiin.

Wallahua’lam bisshawab.

Lukman Hakim Hidayat