Inilah Keutamaan Bulan Rajab yang Wajib Kamu Tahu!

Keutamaan Bulan Rajab

Pecihitam.org – Bulan Rajab termasuk dalam empat bulan terhormat (arba’atun hurum) yang memiliki banyak sekali keutamaan di dalamnya. Sebagaimana yang di jelaskan oleh Ibnu Katsir dalam tafsirnya, Rajab berasal dari kata tarjib yang memiliki makna menghormat.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Selain itu, ada beberapa keutamaan-keutamaan lainnya yang terdapat di dalam bulan Rajab antara lain :

1. Termasuk bulan Haram

Allah Swt menyebutkan keutamaan dari bulan-bulan haram termasuk bulan Rajab di dalam Surat At-Taubah ayat 36

إن عدة الشهور عند الله اثنا عشر شهرافي كتاب الله يوم خلق السماوات وااالأرض منها أربعة حرم ذلك الدن القيم فلا تظلمو افيهن أنفسكم وقاتلو االمشركين كافة كما يقاتلونكم كافة واعملواأن الله مع المتقين

“ Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlahh kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beseta orang-orang yanng bertakwa.” (QS. At-Taubah: 36)

Ibnu Katsir menjelaskan bahwa apabila seseorang melakukan perbuatan dosa di bulan-bulan haram maka akan mendapatkan sanksi yang lebih berat dari pada bulan-bulan yang lainnya. Namun sebaliknya, apabila seseorang senantiasa beramal shaleh saat memasuki bulan-bulan haram tersebut maka pahalanya akan lebih banyak di bandingkan bulan-bulan lain, kecuali bulan Ramadhan

Baca Juga:  Inilah Keutamaan Membangun Masjid yang Harus Kamu Tahu

Sedangkan, Buya Hamka juga menyampaikan bahwa bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang di hormati.

“ Enam bulan selepas haji yaitu pada bulan Rajab di jadikan bulan yang di hormti, hentikan berperang, hilangkan dendam, supaya dapat pula mengerjakan umrah di bulan suci itu. Sampai ke zaman kita sekarang ini seluruh Tanah Arab, di pandang bahwa bulan Rajab adalah bulan ziarah besar, mengerjakan umrah, dan penduduk Makkah sendiri mengadakan ziarah besar ke makam Rasulullah Saw di Madinah”. ( Lihat Buya Hamka, Tafsir Al Azhar)

2. Terjadinya peristiwa Isra’ Mi’raj di bulan Rajab

Peristiwa Isra’ mi’raj merupakan proses perjalanan luar biasa yang di alami oleh Rasulullah Saw dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa kemudian naik ke Sidratul Muntaha bersama malaikat Jibril dan di tempuh hanya dalam waktu kurang dari satu malam.

Baca Juga:  Bid'ah Dan Ghuluw Saat Wafatnya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah

Dari peristiwa Isra’ Mi’raj inilah kemudian Rasulullah Saw menerima perintah Shalat lima waktu langsung dari Allah Swt. Sedangkan peristiwa Isra’ Mi’raj ini terjadi pada tanggal 27 Rajab, sehingga sebagian besar muslim menyambut bulan rajab dengan bershalawat untuk memperingatinya.

3. Bulan Rajab adalah bulan yang dekat dengan Ramadhan

Antara bulan Rajab dan bulan Ramadhan hanya di pisahkan dengan bulan Sya’ban saja. Bulan Rajab juga di jadikan oleh para ulama untuk melakukan persiapan ruhiyah menyambut bulan Ramadhan. Bahkan ulama terdahulu selalu mempersiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan sejak bulan Rajab seraya berdo’a,

اللهم بارك لنا فى رجب و شعبان وبلغنا رمضان

“ Yaa Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta pertemukanlah kami dengan Ramadhan” (HR. Baihaqi dan Thabrani)

Doa bulan Rajab ini dibaca dengan tujuan untuk meminta kepada Allah Swt agar selalu di berkahi di bulan Rajab dan Sya’ban serta di pertemukan dengan bulan Ramadhan.

Baca Juga:  Pentingkah Mendatangi Pengajian Majlis Taklim? Berikut Manfaat Pengajian Majlis Taklim

Itulah beberapa keutamaan yang terdapat pada bulan Rajab, oleh sebab itu kita di anjurkan untuk mengerjakan beberapa amalan sunnah seperti puasa rajab, bershalawat dan lain sebagainya. Karena banyak sekali keistimewaan di dalamnya dan akan mendapatkan pahala yang lebih besar di bandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Semoga bermanfaat. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik