Khullatun Nabela, Putri Asal Kalbar Raih Juara III Kategori 20 Juz dalam MHQH 2020

Khullatun Nabela, Putri Asal Kalbar Raih Juara III Kategori 20 Juz dalam MHQH 2020

Pecihitam.org – Khullatun Nabela, putri asal Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya, Kalbar berhasil meraih juara III dalam kategori 20 Juz pada Musabaqah Hafalan Quran dan Hadist (MHQH) yang digelar Kantor Atase Agama Kedutaan Besar Saudi Arabia bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Bimas Islam Kementerian Agama RI.

Sungguh presatasi yang membanggakan, dalam ajang yang pristise ini, ia menjadi satu-satunya delegasi kontingen LPTQ Kalbar yang meraih juara.

Sementara yang mendapatkan juara I masing-masing adalah Ussy Pawennari (PPTQ Al-Hudzaifiyah, Kolaka) dan Nabilah Adawiyah (PP Nouraa, Tangerang Selatan).

Khullatun Nabela atau yang biasa dipanggil Neng Bella merupakan putri kelima dari pasangan Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatul Ulum Al-Khaliliyah Parit Surabaya, KH. Hanafi Khalil degan Nyai Hj. Masruroh.

Baca Juga:  Hadir di Unisla, Syaikh Samir dari Lebanon Tegaskan Makna Ketauhidan

Selain berprestasi dalam musabaqah ini, sebelumnya gadis kelahiran 12 Juni 2002 yang kini menginjak usia 18 tahun ini sudah sering tampil dalam beberapa ajang Musabaqah Hifdzil Quran. Mulai dari tingkat kabupaten, provinsi hingga nasional, bahkan kerap meraih juara.

Dalam MHQH 2020, selain nomor 20 juz, juga dilombakan empat kategori hafalan Al-Quran , yakni 10 juz, 15 juz, 20 juz, dan 30 juz. Selain hafalan Al-Quran, ada pula kategori hafalan hadis yakni Kitab ‘Umdat al-Ahkaam min Kalaami Khairi al-Anaam, karya Al-Hafizh Abdul Ghani al-Maqdisi.

MHQH ke-12 ini berlangsung dari tanggal 3 sampai 6 Februari 2020 di Jakarta. Sebanyak 155 peserta putra dan 103 peserta putri ikut ambil bagian dalam ajang bergengsi yang digelar di dua tempat di Jakarta tersebut.

Baca Juga:  Komitmen NU Kawal Pancasila Jadi Poin Penting dalam Deklarasi Makkah Nahdiyyin Sedunia

Untuk para pemenang, Atase Agama Kedubes Saudi Arabia telah menyiapkan hadiah, mulai SAR 5.000 hingga SAR 16.000. Mereka juga akan menjadi wakil Indonesia pada MHQH tingkat ASEAN dan Pasifik pada 9-12 Maret 2020.

Faisol Abdurrahman