Kitab Hasyiyah al Bujairimi Karya Syaikh Sulaiman al Bujairimi

hasyiyah al bujairimi

Pecihitam.org – Kitab Hasyiyah al-Bujairimi, nama asli kitab ini adalah At-Tajrid li Naf’i Al-‘Abid. Secara singkat terkadang disebut dengan nama At-Tajrid.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Sebagian ada yang pernah meneliti memang ada yang kemungkinan bahwa kitab ini merupakan ringkasan dari kitab Hasyiyah Al-Jamal. Itulah sebabnya, wajar jika isi kitab ini lebih ringkas dari pada Hasyiyah Al-Jamal.

Nama pengarangnya adalah Sulaiman bin Umar bin Muhammad Al-Bujairimi. Lahirnya pada tahun 1131 H di Bujairim, sebuah desa di area barat Mesir. Saat kecil, beliau datang ke Kairo lalu belajar dan mengajar di Al-Azhar. Beliau dipuji sebagai seorang faqih, muhaddits, dan khotimatul muhaqqiqin.

Motivasi penulisan kitab ini adalah saran kawan-kawan al-Bujairimi. Barangkali beliau memaksudkan kawan-kawan ini adalah murid-muridnya, karena sudah biasa di kalangan ulama sebagai bentuk tawadhu untuk menyebut murid sebagai kawan atau sahabat. Akhlak tawadhu’ memang di antara ciri menonjol ulama.

Hasyiyah Al-Bujairimi sesungguhnya adalah gabungan dari catatan-catatan dan penjelasan terhadap kitab Fathu Al-Wahhab karya Zakariyya al_Anshori dan Hasyiyah Asy-Syabromallisi terhadap Fathu Al-Wahhab. Dua catatan ini dihimpun jadi satu kemudian diramu dengan penjelasan-penjelasan yang diperoleh Al-Bujairimi dari guru-gurunya, sehingga jadilah Hasyiyah Al-Bujairimi.

Telah kita ketahui bahwa ulama yang mrnyusun hasyiyah untuk kitab Fathu Al-Wahhab adalah Al-Jamal (w. 1204 H) dengan kitab yang berjudul Hasyiyah Al-Jamal. Dan Al Bujairimi dengan kitabnya tersebut.

Dua ini hasyiyah untuk kitab Fathu Al-Wahhab yang paling terkenal. Jika dalam pembicaraan dibincangkan hasyiyah untuk Fathu Al-Wahhab, maka yang langsung teringat adalah Hasyiyah Al-Jamal dan Hasyiyah Al-Bujairimi.

Baca Juga:  Kitab Fathu Al Aziz Syarah Al Wajiz Rofi'i

Kita perlu sedikit jeli karena jika disebut Hasyiyah Al-Bujairimi maka yang dimaksud adalah hasyiyah karya Al-Bujairimi yang mensyarah kitab Fathu Al-Wahhab.

Adapun jika disebut Al-Bujairimi ‘Ala Al-Khothib maka yang dimaksud adalah hasyiyah Al-Bujairimi yang mensyarah kitab “Al-Iqna’” karya Al-Khothib Asy-Syirbini yang merupakan syarah dari matan Abu Syuja’. Dua kitab ini, yakni Hasyiyah Al-Bujairimi dan Al-Bujairimi ‘Ala Al-Khothib adalah dua kitab yang berbeda. Dua-duanya sama-sama terkenal.

Adapun susunannya, Hasyiyah Al-Bujairimi di tulis bab-bab fikih seperti dalam kitab fikih pada umumnya. Dimulai bab ibadah, muamalah, nikah, jinayah, dan diakhiri dengan bab ummahatul aulad.

Dari sisi pembahasan fiqihnya, pendapat-pendapat internal madzhab Syafii disajikan, diuraikan dan diulas disertai tarjih mana pendapat yang paling kuat.

Kitab ini tidak mengulas pendapat di luar madzhab Syafii karena kitab ini tidak ditujukan sebagai rujukan perbandingan mazhab.

Beberapa ungkapan yang diperlukan penjelasan kadang diuraikan Al-Bujairimi baik secara bahasa, urf maupun analisis i’robnya. Penyebutan dalil dari Al-Qur’an maupun As-Sunnah tidak disajikan dalam bentuk isti’ab (komplit-tuntas) tetapi sekedarnya saja.

Barangkali Al-Bujairimi menganggap pembaca kitabnya memang sudah level ulama, sehingga tidak perlu lagi penjelasan dalil detail karena mereka sudah menguasainya secara umum.

Adapun untuk istilah yang dipakai di dalamnya, jika Al-Bujairimi dalam kitab ini menyebut lafaz syaikhuna maka yang dimaksud adalah Al-‘Asymawi guru langsung dari Al-Bujairimi. Dari syaikh Al-‘Asymawi ini, Al-Bujairimi meneguk ilmu beliau secara langsung dalam bentuk talaqqi dalam berbagai majelis.

Baca Juga:  Kitab Sullamul Munawraq (Ilmu Mantiq), Karya Syekh Abdurrahman al-Akhdhori

Majelis ilmu yang diasuh Al-‘Asymawi dan diikuti Al-Bujairimi diantaranya majelis yang mengkaji sahih Al-Bukhari, Sahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Sunan At-Trirmidzi, Fathu Al-Wahhab, Tuhfatu Al-Muhtaj, Nihayatu Al-Muhtaj dan lain-lain.

Adapun untuk ulama-ulama yang lain, Al-Bujairimi menyebut mereka dengan simbol dan singkatan-singkatan sebagaimana dipakai dalam Hasyiyah Al-Jamal.

Dengan melihat cara Al-Bujairimi menulis hasyiyah ini, bisa disimpulkan bahwa ilmu beliau adalah kombinasi ilmu yang didapatkan melalui proses talaqqi dan proses muthola’ah/membaca pribadi.

Porsi ilmu yang didapatkan melalui proses muthola’ah lebih besar, dan seperti ini memang umumnya para ulama yang memiliki banyak karya tulis. Saat Al-Bujairimi menyebut “syaikhuna”, artinya ilmu yang beliau tulis adalah ilmu yang didapatkan dari Al-‘Asymawi yang beliau dapatkan dari talaqqi. Tetapi, jika beliau menyebut ulama dengan singkatan maka itu adalah hasil muthola’ah.

Sebagian ulama mensyarah lagi Hasyiyah Al-Bujairimi. Syarah untuk hasyiyah dikenal dengan istilah “Taqrir”. Di antara yang membuat taqrir untuk kitab ini adalah Muhammad Al-Marshofi yang dicetak oleh Al-Maktabah Al-Islamiyyah di Diyar Bakr; Turki.

Manuskrip kitab ini bisa ditemukan di Perpustakaan:

  1. Markaz Al-Malik Faishol li Al-Buhuts wa Ad-Dirosat Al-Islamiyyah di Riyadh; Saudi Arabia.
  2. Maktabah Makkah Al-Mukarromah” di Mekah, Saudi Arabia.
  3. Al-Maktabah Al-Markaziyyah bi Jami’ati Al-Imam Muhammad bin Su’ud Al-Islamiyyah di Riyadh; Saudi Arabia.
  4. Al-Maktabah Al-Azhariyyah di Kairo; Mesir.
  5. Maktabah Azh-Zhohiriyyah” di Damaskus; Suriah.
  6. Al-Ashifiyyah” di Haidarabad; India.
  7. Khuda Bakhsh Oriental Library di Patna Bihar; India, dan lain-lain.
Baca Juga:  Matan Abu Syuja' (Kitab Al-Ghoyah Wa At-Taqrib) Karya Abu Suja'

Di antara yang menerbitkannya;

  1. Bulaq dalam 4 jilid tahun 1309 H.
  2. Mushthofa Al-Baby Al-Halaby tahun 1340 H, 1345 H dan 1368 H.
  3. Dar Al-Kutub Al-‘Arobiyyah Al-Kubro di Mesir tahun 1330 H dalam 4 jilid.
  4. Al-Maktabah Al-Islamiyyah di Diyar Bakr Turki dalam 4 jilid.
  5. Dar Al-Fikr di Beirut dalam 4 jilid.
  6. Dar Al-Kutub Al-‘Ilmiyyah Syarikatu At-Turots li Al-Barmajiyyat tahun 2015, dan lain-lain.

Silahkan download kitab tersebut pada link di bawah ini:

Kitab Hasyiyah al-Bujairimi karya al-Bujairimi

Penting: Kitab ini berbentuk digital, jika anda menemukan link download yang error atau isi kitab yang tidak sesuai dengan teks aslinya silahkan komentar dibawah atau kirimkan email ke redaksi. Dan disarankan lebih baik membeli kitab yang berbentuk cetakan asli dari penerbit terpercaya sebagai bentuk kehati-hatian. Terima kasih

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *