Kitab Kanzu Ar Roghibin Karya Jalaluddin Al Mahalli

kitab kanzu ar roghibin

Pecihitam.org – Kitab Kanzu Ar-Roghibin (كنز الراغبين) termasuk kitab syarah tua untuk kitab Minhaj Ath-Tholibin. Telah diketahui ada empat syarah terpenting dan menjadi tumpuan ulama-ulama Syafiiyyah untuk kitab Minhaj Ath-Tholibin karangan imam Nawawi. Di antara ratusan kitab syarah yang ada empat kitab syarah terkenal yaitu;

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

  1. Manhaju Ath-Thullab karya Zakariyya Al-Anshori (yang kemudian disyarah menjadi Fathu Al-Wahhab dan kemudian melahirkan kitab Futuhat Al-Wahhab atau yang dikenal dengan nama Hasyiyah Al-Jamal).
  2. Kanzu Ar-Roghibin karya Jalaluddin Al-Mahalli.
  3. Tuhfatu Al-Muhtaj karya Ibnu Hajar Al-Haitami dan
  4. Nihayatu Al-Muhtaj karya Syamsuddin Ar-Romli.

Kata “kanzun” bermakna simpanan berharga dan kata “roghibin” bermakna orang-orang yang memiliki keinginan. Bisa di bilang sang pengarang kitab bermaksud agar orang yang ingin memahami dan mendalam kitab Minhaj Ath-Tholibin maka dia akan mendapati kitab ini sebagai kekayaan simpanan yang harganya tak ternilai. Penulisan kitab ini selesai sekitar tahun 860 H.

Pengarangnya bernama Al-Mahalli (المحلي). Kaum muslimin di Indonesia tentu tidak asing dengan salah satu karya legendaris beliau dalam bidang tafsir yang kemudian terkenal dengan nama Kitab Tafsir Jalalain. Tafsir ini diawali penulisannya oleh Jalaluddin Al-Mahalli (mulai dari surah Al-Kahfi sampai An-Nas ditambah Al-Fatihah) kemudian disempurnakan oleh Jalaluddin As-Suyuthi (mulai dari Surah Al-Baqarah sampai surah Al-Isro’). Mengapa kitab ini dinamakan Tafsir Al-Jalalain dikarenakan tafsir ini ditulis oleh “dua orang Jalal” begitulah ceritanya.

Baca Juga:  Kitab Faidhul Barakat Karya Kiai Arwani Saat Masih Nyantri di Pesantren al-Munawwir Krapyak

Beliau punya nama lengkap Jalaluddin Abu Abdillah Muhammad bin Ahmad Al-Mahalli. Nama singkatnya Jalaluddin Al-Mahalli atau Al-Mahalli saja. Beliau lahir di awal Syawwal tahun 791 H di Kairo, Mesir. Di antara guru-guru beliau yaitu: Al-Bulqini (w. 805 H), Ibnu Al-Mulaqqin (w.804 H), Ibnu Hajar Al-‘Asqolani (w.852 H), Asy-Syams Al-Birmawi (831 H), dan lain-lain.

Beliau dikenal sangat cerdas sampai diumpamakan akalnya bisa menembus intan. Maka tak heran jika beliau hafal matan “At-Tanbih” karya Asy-Syirozi dalam fiqih madzhab Syafii. Di antara muridnya yang terkenal adalah, As-Suyuthi (911 H) dan As-Sakhowi (w. 902 H). Beliau berprofesi sebagai seorang pedagang. Pernah suatu ketika beliau ditawari untuk menjadi qodhi (hakim) menggantikan gurunya, Ibnu Hajar namun beliau menolak.

Kitab Kanzu Ar-Roghibin dapat digolongkan sebagai syarah ringkas. Bahasa yang dipakai singkat padat. Sampai-sampai penyebutan dalil pun juga disajikan secara singkat. Di antara yang menunjukkan tingginya mutu kitab ini adalah dijadikannya sebagai referensi penting oleh ulama-ulama ternama Syafiiyyah. Ibnu Hajar Al-Haitami menjadikannya sebagai rujukan pada saat menyusun Tuhfatu Al-Muhtaj, demikian pula Asy-Syarbini saat menyusun Mughni Al-Muhtaj dan tak lupa Ar-Romli saat menyusun Nihayatu Al-Muhtaj.

Malahan bisa dikatakan bahwa hampir semua syarah untuk Minhaj Ath-Tholibin sesudah lahirnya kitab Kanzu Ar-Roghibin mesti mengambil dan mengutip kandungan ilmu yang ada di dalamnya. Demikian pentingnya kitab ini sampai-sampai Asy-Syarbini memberikan istilah khusus untuk pengarangnya pada saat menulis Mughni Al-Muhtaj, yakni Asy-Syirbini menyebut istilah Asy-Syarih untuk penyebutan Jalaluddin Al-Mahalli dalam Kanzu Ar-Roghibin ini. Kitab ini juga dipuji tinggi oleh Ar-Romli pada saat menulis muqoddimah kitabnya yang bernama Nihayatu Al-Muhtaj.

Baca Juga:  Kitab Mughni Al Muhtaj Karangan Syekh Khatib Syarbini

Dalam muqodddimah diawal kitab, Al-Mahalli memaparkan bahwa syarahnya ini berfungsi mengurai lafadz-lafadz dalam Minhaj Ath-Tholibin Imam Nawawi, menjelaskan maksudnya, memudahkan pemahaman ungkapan-ungkapan sulitnya, dan membuka tabir makna dengan bahasa yang mudah. Semua itu dilakukan dengan metode yang konsisten, tidak bertele-tele, mengandung penjelasan dalil dan mengandung penjelasan ta’lil. Dalil yang dipakai adalah Al-Qur-an, As-Sunnah, Ijma’ dan Qiyas yang diperkuat dengan ucapan-ucapan ulama.

Oleh karena kitab ini bermutu tinggi, maka sejumlah ulama telah bangkit untuk membuat hasyiyah-hasyiyah untuknya. Di antaranya adalah:

  1. Al-Ibtihaj bi Hawasyi Al-Minhaj ‘Ala Syarh Al-Mahalli karya Al-Jalal Al-Bakri (w. 891 H).
  2. Hasyiyah Abu Al-Hasan Al-Bakri (w.952 H).
  3. Hasyiyah Ibnu As-Suyufi (w.925 H).
  4. Hasyiyah Ahmad Al-Burullusi (w. 957 H) atau lebih dikenal dengan nama Hasyiyah Amiroh.
  5. Hasyiyah Ibnu Abdil Haqq As-Sanbathi (w. 995 H).
  6. Hasyiyah Ibnu Rodhiyuddin Al-Ghozzi (w.984 H).
  7. Hasyiyah Al-Qolyubi (1069 H)
  8. Hasyiyah Ibnu Kholaf Asy-Syadzili, dan lain-lain.
    Dari banyak hasyiyah tersebut, yang paling terkenal dan telah dicetak ada dua kitab yaitu “Hasyiyah Al-Qolyubi” dan “Hasyiyah ‘Amiroh”.
Baca Juga:  Kitab Kifayatu Al Akhyar Fi Halli Ghoyatu Al Ikhtishor Karya Al Hishni

Sejumlah penerbit tercatat pernah mempublikasikan kitab ini seperti penerbit Bulaq di Mesir, Al-Mathba’ah Al-Maimaniyyah, Dar Al-Minhaj, Dar ihya’ Al-Kutub Al-‘Arobiyyah, dan lain-lain. Dar Al-Minhaj telah mencetak kitab Kanzu ini dalam empat jilid atas jasa tahqiq Mahmud Al-Hadidi dengan ketebalan total sekitar 1500 an halaman.

Silahkan download kitab tersebut pada link dibawah ini:

Kitab Kanzu Ar-Roghibin karya Al Mahalli

Penting: Jika anda menemukan link yang eror atau isi kitab yang tidak sesuai dengan aslinya silahkan komentar dibawah atau kirimkan email ke redaksi. Dan disarankan lebih baik membeli kitab yang berbentuk cetakan asli dari penerbit terpercaya sebagai bentuk kehati-hatian. Terima kasih

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *