Harus Coba! Inilah Lima Amalan Agar Hidup Lebih Istiqomah

amalan agar istiqomah

Pecihitam.org – Manusia hidup di dunia sejatinya adalah untuk beribadah kepada Allah Swt. Tidak jarang kita dihadapkan dengan berbagai persoalan sebagai bentuk ujian keimanan.Ujian pun bukan hanya kesedihan, kebahagiaan juga bisa salah satu bentuk ujian bagi manusia.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ ۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (Al Baqarah ayat 155).

dalam ujian tersebut yang akan menjadikan apakah manusia bertambah taat atau justru membuat orang terjerumus untuk melakukan maksiat. Itu sebabnya sebagai orang yang beriman kita harus senantiasa teguh dalam pendirian atau istiqomah. Lantas adakah amalan bagaimana caranya agar kita menjadi insan yang seenantiasa istiqomah? Simak informasi berikut!

1. Shalat Lima Waktu

Amalan pertama agar kita hidup lebih istiqomah adalah dengan selalu melaksanakan shalat lima waktu. Seperti yang diketahui bahwa shalat adalah tiang agama dan wajib hukumnya. Dalam keadaan apapun shalat tetap harus dilaksanakan, bahkan sakit, dalam perjalanan atau sesibuk apapun.

Shalat begitu penting dalam ajaran Islam, dikarenakan shalat adalah perintah langsung dari Allah kepada nabi Muhammad Saw dan umatnya. Ada ilustrasi menarik yang disampaikan oleh Rasulullah SAW tentang shalat.

Baca Juga:  Bahaya dan Keburukan Sifat Dengki yang Patut Kita Jauhi

Rasulullah Saw bersabda, “Bagaimana pendapat kalian seandainya di depan pintu seorang dari kalian terdapat sebuah sungai. Setiap hari ia mandi lima kali di dalamnya. Apakah masih ada kotoran yang melekat di tubuhnya?” Mereka menjawab, “Tidak ada!” Rasulullah bersabda, “Itulah perumpamaan shalat lima waktu. Dengannya Allah menghapus semua kesalahan.” (HR Bukhari Muslim).

Dari hadits diatas dapat kita ketahui bahwa apabila dalam sehari semalam kita senantiasa melaksanakan shalat lima waktu, maka sama saja dengan kita membersihkan diri dari dosa, tubuh kita akan bersih, dan sehat. Sehingga hal ini akan menambah kepercayaan diri dan membuat hidup seseorang menjadi lebih istiqomah.

2. Membaca Al-Qur’an

Amalan yang kedua agar hidup istiqomah adalah dengan senantiasa membaca Al-Qur’an. Apabila amalan ini dilakukan dengan hati yang sungguh-sungguh maka akan menimbulkan banyak kebaikan bagi siapapun mereka yang mengamalkannnya.

Dengan membaca Al-Qur’an juga akan mendamaikan suasana hati serta menghindarikan diri kita dari maksiat. Orang yang gemar membaca Al-Qur’an akan memiliki kehidupan yang mulia. Tidak hanya untuk pribadi sendiri, namun juga akan berdampaki besar bagi kehidupan umat Islam lainnya.

Jika kita melihat sejarah banyakk sekali ilmuwan-ilmuawan muslim kita terdahulu yang hafal Al Quran. Katakanlah seperti, Fakhrudin Ar-Razi, Ibnu Khaldun, Ibnu Sina dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Jenis dan Syarat Asuransi yang Diperbolehkan dalam Islam

Hal ini menunjukkan, bahwa kebiasaan membaca al Quran selain bernilai ibadah juga akan membuat diri menjadi hebat. Maka bangunlah tradisi membaca Al-Qur’an minimal untuk diri sendiri setiap harianya agar kehidupan kita menjadi lebih baik dunia-akhirat.

3. Silaturrahim

Silaturahim begitu penting, sebab di zaman yang semakin modern ini kita juga harus menjalin hubungan yang baik dengan banyak orang. Dengan bersilaturahim selain menambah umur, rezeki juga baik untuk kehidupan akhirat kelak. Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturahim.” (HR Bukhari).

4. Sedekah

Tidak dipungkiri bahwa sedekah juga menjadi amalan yang bisa membuat hidup seseorang lebih istiqomah. Biasanya orang yang sudah sukses, akan merasakan betul manfaat dari sedekah yang ia dilakukan.

Namun, jangan khawatir jika hanya memiliki ekonomi yang masih pas-pasan. Kita tetap bisa bersedekah, tidak harus dengan uang. Bisa dengan membantu teman yang sedang kesulitan, menyingkirkan duri dijalan bahkan sekedar senyum yang tulus kepada sesama pun jadi sedekah.

5. Shalat Tahajud

Baca Juga:  Jangan Terlewatkan! Raihlah Keberkahan Waktu Antara Maghrib dan Isya'

Nah, Amalan terakhir agar membuat hidup lebih istiqomah yaitu shalat tahajud. Seperti yang diketahui bahwa jika kita bangun malam dan shalat tahajud maka potensi doa kita akan lebih cepat dikabulkan,selain itu kita juga akan diangkat derajatnya oleh Allah Swt.

Pelaksanaan shalat tahajud mengajarkan kita hidup istiqamah sebab mengharuskan kita mengatur waktu dan diri untuk bangun malam. Shalat Tahajud juga dapat meningkatkan percaya diri serta mendamaikan hati seseorang, sebab waktu malam akan jauh dari urusan duniawi. Selain itu waktu melaksanakan shalat tahajud juga sangat tenang, udara steril, sehingga saangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Demikianlah lima amalan yang dapat membuat hidup lebih istiqomah. Selain berpahala, amalan-amalan ini juga semakin meninggkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah Swt. Semoga bermanfaat.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik