Manfaat Menahan Amarah, Selain Dosanya Diampuni, Juga Baik untuk Kesehatan

manfaat menahan amarah

Pecihitam.org – Manusia di berikan kesempurnaan oleh Allah Swt berupa akal dan nafsu. Di antara kedua hal tersebut, manusia sering kalah ketika harus menahan hawa nafsunya. Salah satunya adalah nafsu seseorang untuk marah terhadap suatu hal.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Di dalam Al-Qur’an telah di tegaskan tentang perintah bagi umat islam untuk dapat menahan amarah dan memaafkan kesalahan-kesalahan orang lain terhadap dirinya. Sikap marah termasuk dalam perbuatan tercela, sehingga apabila ada manusia yang suka marah-marah maka ia akan terkesan buruk dan di jauhi oleh orang-orang di sekitarnya.

Dalam sebuah hadist telah di sebutkan bahwa seseorang yang memilih untuk menahan amarahnya demi mendapatkan keridhoan dari Allah Swt maka ia akan mendapatkan kedudukan yang mulia di sisi Allah Swt.

“Tidak ada sesuatu yang di telan seorang hamba yang lebih utama di sisi Allah, lebih suka menahan amarah yang telah di telannya karena mencari keridhoan di sisi Allah Swt.” (HR. Ahmad)

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari menahan amarah yang antara lain adalah :

Baca Juga:  Filosofi Tembang Sluku-sluku Batok Dakwah ala Sunan Kalijaga

1. Di ampuni dosa-dosanya orang yang menahan amarah

Ketika seseorang dengan besar hati bersedia untuk memaafkan orang lain, sedangkan didalam hatinya ada sebuah amarah tetapi ia tidak melampiaskan amarah tersebut, maka Allah Swt akan mengampuni dosa-dosanya. Sebagaimana telah Allah Swt jelaskan dalam Surat At-Taghabun ayat 14, berikut:

ياأيها الذين آمنوا ان من أمنوا ان من ازواجكم وأولادكم عدوا لكم فاذروهم وان تعفوا وتصفحوا وتغفروا فان الله غفور رحيم

“Dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka), maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. At-Taghabun: 14)

2. Termasuk dalam golongan orang-orang yang bertakwa

Salah satu ciri-ciri dari orang yang bertakwa adalah dia mampu menahan amarahnya dan lebih memilih untuk bersabar memaafkan orang lain. Hal ini di sebutkan dalam Al-Qur’an pada Surat Ali Imran ayat 134 berikut,

الذين ينفقون في السراء واضراء والكاضمين الغيظ والعا فين عن الناس والله يحب المحسنين

Baca Juga:  Sebentar Lagi Bulan Puasa, Mari Sambut dengan Gembira! Marhaban Ya Ramadhan

“Dan orang tua yang menahan amarahnya juga memaafkan (kesalahan) orang lain. Allah menyukai orang-orang yang mengambil kebajikan.” (QS. Ali Imran : 134).

3. Termasuk orang yang kuat

Manusia yang paling kuat adalah ketika ia sanggup menahan amarahnya sebagaimana di sebutkan oleh Rasulullah Saw dalam hadist riwayat Imam Muslim berikut,

“ Orang yang paling kuat bukanlah mengalahkan orang yang dapat di kalahkan oleh orang lain. Tapi orang yang paling kuat adalah orang yang bisa memahami dirinya sendiri, ketika dia sedang marah.” (HR. Muslim)

Jadi, seseorang yang paling kuat adalah dia yang sedang dalam keadaan marah lalu ia mampu mempertahankan dirinya sehingga tidak melampiaskan emosinya tersebut pada hal-hal yang keliru.

4. Bermanfaat bagi kesehatan fisik

Setelah di lakukan beberapa kali observsi, ternyata menahan amarah juga mempunyai manfaat bagi kesehatan juga. Seperti hasil penelitian dari Univercity Of Callifornia San Diego pada tahun 2012, menyebutkan bahwa orang-orang yang tidak suka marah dan mau memaafkan kesalahan orang lain memiliki resiko tekanan darah yang lebih rendah.

Baca Juga:  Betulkah Minum Air Kencing Unta Itu Boleh Dijadikan Obat?

Sedangkan, hasil dari riset Lowa State Uniersity menyampaikan bahwa sikap marah juga dapat beresiko kematian. Dari hasil riset tersebut menunjukkan 25 % orang yang suka marah memiliki resiko kematian 1.57 kali lebih besar di bandingkan dengan mereka yang jarang marah.

Demikian, pembahasan tentang beberapa manfaat menahan amarah selain dosa-dosanya akan di ampuni oleh Allah Swt, menahan amarah juga dapat menjadikan seseorang menjadi lebih sehat sebab mengurangi tekanan darah. Semoga bermanfaat.

Arif Rahman Hakim
Sarung Batik