PBNU Tegaskan Tak Pernah Produksi Video Ucapan Selamat Paskah

Pecihitam.org – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memastikan tidak pernah memproduksi video puisi ucapan Selamat Paskah untuk umat nonmuslim.

Hal itu diungkapkan Ketua PBNU Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Perundang-undangan H Robikin Emhas menanggapi video viral yang memperlihatkan anak kecil dengan mengenakan peci berlogo NU mengucapkan selamat Hari Paskah.

Robikin Emhas menyampaikan bahwa PBNU tidak pernah memproduksi konten video tersebut.

Pihaknya juga telah melakukan pengecekan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk memastikan apakah video tersebut masuk materi Belajar dari Rumah TVRI atau bukan.  

“PBNU tidak pernah memproduksi konten video itu. Bahkan kami tidak tahu siapa yang memproduksi. Kami sudah minta konfirmasi ke Kemendikbud, apakah video itu bagian dari materi pembelajaran? Mereka mengkonfirmasi bahwa video itu bukan subtansi yang disiapkan Kemendikbud selama program belajar di rumah,” ujar Robikin, dikutip dari NU Online, Rabu, 15 April 2020.   

Baca Juga:  Wasekjen Isfah Abidal Dukung Kepulangan Habib Rizieq, Sekjen PBNU: Itu Pandangan Pribadinya!

Adapun video itu, kata Robikin, mendapat perhatiaan banyak pihak, termasuk di kalangan nahdliyin.

“Hingga saat ini kami masih melakukan penelusuran dan menunggu klarifikasi dari pihak yang memproduksi video tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, umat Islam di Indonesia dihebohkan dengan beredarnya video yang memperlihatkan tiga anak kecil berbusana muslim dengan logo Nadhlatul Ulama (NU) mengucapkan selamat Hari Paskah.

Ucapan selamat dalam video tersebut merupakan Puisi Paskah karya Gus Ulil Abshar Abdallah dan diunggah lewat channel YouTube #BASTEL digitalart.

Wakil Sekretaris PBNU H Andi Najmi Fuadi mengatakan, seluruh struktural NU di semua tingkatan tidak pernah memproduksi video tersebut.

Najmi Fuadi juga meminta agar warga NU tetap tenang dan tidak terprovokasi dengan adanya video tersebut.

Baca Juga:  Sambut New Normal, Pegawai Kemenag Sulsel Mulai Masuk Kantor Juni 2020

“Pertama kepada warga NU saya ingin menyampaikan, saya pastikan itu tidak diproduksi oleh struktural NU di semua tingkatan. Kedua, harus menaggapai dengan suasana dingin,” kata Najmi.

Muhammad Fahri