Ringkasan Kisah-Kisah yang Menjelaskan Mukjizat Nabi Muhammad SAW

Ringkasan Kisah-Kisah yang Menjelaskan Mukjizat Nabi Muhammad SAW

pecihitam.org- Mukjizat Nabi Muhammad SAW banyak sekali hingga mencapai ribuan. Yang telah popular dimuat dalam buku-buku hadis, di antaranya adalah Al-Quran Al-Karim sebagai mu’jizat yang tampak jelas dan bukti yang nyata, tidak bisa dikalahkan oleh kebatilan, baik dari depan maupun dari belakang.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Al Quran diturunkan dari Allah Yang Maha Bijaksana dan Maha Terpuji, mampu melemahkan para sastrawan dan membuat mereka tidak berdaya untuk membuat satu suratpun seperti Al Quran, walaupun mereka meminta bantuan semua makhluk.

Allah Ta’ala berfirman:

قُلْ لَئِنِ اجْتَمَعَتِ الْإِنْسُ وَالْجِنُّ عَلَىٰ أَنْ يَأْتُوا بِمِثْلِ هَٰذَا الْقُرْآنِ لَا يَأْتُونَ بِمِثْلِهِ وَلَوْ كَانَ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ ظَهِيرًا

Artinya: “Katakanlah: “Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Quran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain.”

Rasulullah SAW menantang para ahli sastra untuk membuat karya sekelas Al Quran, padahal jumlah mereka sangat banyak, mereka juga fasih dan sangat memusuhi beliau Nabi Muhammad SAW.

Namun tak satupun dari mereka mampu melakukan itu sampai hari ini. Adapun mukjizat-mukjizat nabi Muhammad SAW selain Al-Quran Al Karim, maka selamanya tidak mungkin untuk diringkas di sini, karena jumlahnya sangat banyak sekali, selalu muncul baru dan bertambah, karena sebenarnya kekeramatan para wali itu adalah termasuk bagian dari mu’jizat-mu’jizat Nabi mereka.

Baca Juga:  Inilah 7 Mukjizat Anggota Tubuh Nabi Muhammad Saw yang Jarang Diketahui

Akan tetapi kami akan menyebutkan sedikit dari mu’jizat-mu’jizat beliau SAW, di antaranya membelah bulan, menahan matahari, mengucurnya air dari jari-jemari beliau SAW, air dan makanan yang bisa menjadi banyak lantaran berkah beliau SAW, makanan yang bisa bertasbih, kerinduan pelepah kurma, pohon mengucapkan salam, berjalannya pohon kepada beliau SAW, persaksian pohon kepada kenabian beliau SAW, berkumpulnya dua pohon yang saling berjauhan tempatnya, dan kembalinya kedua pohon ke tempat masing-masing.

Selain itu, juga melimpahnya air susu dari kambing yang tidak bunting, mengembalikan mata sahabat Qatadah bin An Nu’man ra., setelah terlepas, dan beliau SAW mengembalikannya ke tempatnya semula.

Setelah itu tidak diketahui mata itu. Lalu, beliau SAW meludahi kedua mata Sayyidina Ali, karramallahu wajhah, yang sedang sakit, lalu sembuh saat itu juga. Mengusap kaki Abdullah bin Atiq ra., lalu sembuh saat itu juga, dan masih banyak lagi mu’jizat-mu’jizat serupa tentang penyembuhan orang-orang sakit dan orang-orang yang punya masalah penyakit.

Di antara mu’jizat beliau SAW lainnya adalah melihat hal-hal gaib dan apa saja yang akan terjadi, dan hadis-hadis tentang bab ini banyak sekali laksana lautan yang tidak diketahui dasarnya dan tidak bisa dikuras airnya.

Mu’jizat ini adalah merupakan mu’jizat yang sudah maklum dan beritanya sudah dipastikan muttasil secara mutawatir karena banyaknya para rawinya, sebagaimana kabar pemberitahuan Nabi SAW tentang tempat-tempat akan terbunuhnya orang-orang musyrik pada hari perang Badar.

Baca Juga:  Kezuhudan Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib

Maka orang-orang musyrik tersebut benar-benar terbunuh seperti yang disabdakan oleh Nabi SAW dan mereka tidak melebihi batas tempat yang ditentukan beliau SAW.

Rasulullah SAW juga memberitakan bahwa umat Islam akan berpecah belah menjadi 73 golongan. Dari tiga itu, yang selamat satu golongan, mereka itu adalah ahlus sunnah wal jama’ah. Bahwa akan terjadi peperangan di antara umat Islam.

Bahwa akan keluar para Dajjal yang pembohong. Bahwa akan keluar api dari bumi hijaz. Bahwa akan hilang orang yang paling utama, kemudian menyusul lagi orang yang lebih utama di kalangan masyarakat, masa saling berdekatan dan ilmu akan dicabut, fitnah-fitnah bermunculan dan keguncangan terjadi.

Rasulullah juga menyampaikan bahwa kekhilafan setelah intiqal-nya beliau SAW akan berjalan selama 30 tahun, kemudian akan berubah menjadi kerajaan, maka terjadilah seperti itu di masa Sayyidina Hasan bin Ali ra., dan beliau SAW bersabda,

“Sesungguhnya masalah ini mulai dengan kenabian dan rahmat, kemudian menjadi rahmat dan kekhilafahan, kemudian menjadi kerajaan yang banyak kezhaliman, kemudian menjadi kesombongan, kekuasaan kesewenang-wenangan, dan kerusakan pada umat, maka terjadilah seperti itu”.

Dan hal-hal serupa tersebut di atas, semuanya terbukti persis seperti yang disebutkan oleh Rasulullah SAW dengan jelas dan terang.

Baca Juga:  Wahai Rasulullah, Izinkan Saya untuk Berzina!

Di antara mu’jizat Rasulullah SAW adalah pemberitahuan beliau SAW tentang masalah beberapa orang sahabat ra. yang telah beliau lihat. Sebagaimana sabda beliau SAW kepada Tsabit bin Qais ra, ”Kamu akan hidup terpuji dan akan terbunuh sebagai syahid”. Maka dia benar-benar hidup terpuji dan mati syahid dalam perang di Al Yamamah ketika memerangi Musailamah Al Kadzdzab.

Semua mu’jizat yang kami sebutkan di atas merupakan merupakan sekelumit cuplikan dari mu’jizat-mu’jizat Nabi SAW. Bab ini lebih luas dan lebih banyak dari yang diuraikan, karena hadis-hadis tentang mu’jizat-mu’jizat beliau SAW sangat banyak sekali, hampir-hampir tidak bisa dihitung.

Contoh-contoh mukjizat nabi Muhammad SAW yang kami sebutkan di atas adalah kami ambil dari hadis-hadis yang populer dan yang ada di dalam buku-buku para Imam Hadis (muhadis).

Mochamad Ari Irawan