Saat Hamil Ternyata Sunnah Makan Kurma Lho, Ini Khasiatnya

sunnah makan kurma saat hamil

Pecihitam.org – Kurma merupakan makanan yang mengandung banyak sekali manfaat dan kasiat, makanan ini menjadi salah satu makanan favorit Rasulullah Saw. Kurma ini juga salah satu makanan yang dianjurkan untuk di makan saat perempuan sedang hamil, bahkan bisa termasuk sunnah. Dalam Al-Qur’an sendiri banyak ayat yang menyebutkan tentang kurma antara lain:

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Surat Ar Rahman ayat 11 berikut:

فِيهَا فَاكِهَةٌ وَالنَّخْلُ ذَاتُ الْأَكْمَامِ

Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang.

Surat Qaaf ayat 10:

وَالنَّخْلَ بَاسِقَاتٍ لَهَا طَلْعٌ نَضِيدٌ

Dan pohon kurma yang tinggi-tinggi yang mempunyai mayang yang bersusun-susun“.

Surat maryam ayat 25:

وَهُزِّي إِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسَاقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا

Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu.

Dan masih banyak ayat-ayat yang lainnya. Dari ayat-ayat Al-Qur’an diatas dapat kita ketahui bahwa kurma merupakan buah yang baik yang memiliki pohon yang indah bahkan tidak ada dari penjelasan dalam al qur’an tentang keburukan buah kurma.

Dari surat maryam ayat 25 diatas telah diceritakan tentang sayyidah Maryam yang sedang mengandung Nabi isa a.s, beliau mengasingkan diri dari kampungnya dan berjalan hingga ahirnya ia dapati akan rasa sakit karena hendak melahirkan.

Baca Juga:  3 Hal Penting Dalam Membangun Rumah Tangga Menurut Al-Quran

Ia bersandar pada pohon kurma, kemudian malaikat Jibril menyuruhnya untuk menggoyangkan pangkal pohon kurma dan memakan buah kurma yang terjatuh karena pongkol pohonnya digoyangkan olehnya.

Dapat kita ambil pelajaran bahwa salah satu isyarat bahwa buah kurma sangat baik dikonsumsi bagi ibu yang tengah hamil ataupun sedang bernifas. Lalu bagaimanakah sunnah Rasulullah Saw kepada ibu hamil untuk mengkonsumsi buah kurma?

“Berimakanlah buah kurma kepada isteri-isteri  kamu yang sedang hamil, Karena sekiranya wanita hamil itu memakan buah kurma, niscaya anak yang akan lahir kelak akan menjadi anak yang penyabar, bersopan santun serta cerdas. Sesungguhnya makanan Siti Maryam takkala melahirkan Nabi Isa a.s adalah buah kurma. Sekiranya, Allah s.w.t., menjadikan suatu buah yang lebih baik dari pada buah kurma, maka Allah telah memberi makan buah itu kepada Siti Maryam.” (H.R. Bukhari)

Anjuran Nabi Muhammad Saw ini memang sesuai dengan dunia kesehatan dan kedokteran, karena kurma mengandung banyak manfaat untuk kesehatan antara lain:

Baca Juga:  Bagaimana Cara Buang Air Kecil yang Benar dalam Islam?

1. Sumber energi

Kurma mengandung gula yang rendah akan kalori, jadi kurma dapat memberikan energi bagi yang memakannya.

2. Mencegah sembelit saat hamil

Kurma kaya akan serat sehingga menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan menghindari sembelit yang sering dialami ibu hamil. Dan juga, kurma dapat mengenyangkan, mengurangi kadar kolesterol, dan membantu menjaga berat badan agar tetap stabil.

3. Protein yang dibutuhkan untuk produksi asam amino

Kurma memberikan asupan protein yang cukup untuk membantu tubuh memproduksi asam amino yang dibutuhkan bagi perkembangan tubuh.

4. Mencegah terjadinya cacat lahir

Kurma juga mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mencegah cacat lahir yang bisa menyerang otak dan tulang belakang.

5. Kaya vitamin K

Vitamin K berguna untuk membantu pertumbuhan tulang. Saat bayi lahir memiliki kadar vitamin K yang rendah. Makan kurma bermanfaat bagi ibu hamil karena serat yang terkandung dalam kurma juga diasupkan untuk si bayi.

6. Mencegah Anemia

Kurma mengandung zat besi sehingga mencegah terjadinya anemia. Zat besi menjaga kadar hemoglobin di tubuh dan menguatkan sistem imun bumil dan bayi di dalam kandungan.

Baca Juga:  Kisah Asiyah binti Muzahim, Istri Firaun yang Dijamin Masuk Surga

7. Menjaga keseimbangan kadar air garam

Kandungan potasium di dalam kurma menjaga keseimbangan kadar air garam, mengatur tekanan darah, dan mencegah kram otot. Kekurangan potasium bisa memicu masalah ginjal.

8. Kaya akan magnesium

Magnesium menjaga formasi tulang dan gigi pada bayi agar normal. Magnesium juga mengatur kadar gula darah dan tingkat tekanan darah. Kekuarangan magnesium dapat menyebabkan gagal ginjal dan hati.

9. Memudahkan persalinan

Kurma mendorong oksitoksin untuk melakukan kontraksi di rahim sehingga meningkatkan sensivitas di uterus. Asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh di dalam kurma memberi asupan energi, juga memproduksi prostaglandins yang dibutuhkan untuk persalinan.

Demikian beberapa manfaat makan kurma bagi perempuan saat hamil, sebagaimana sunnah Rasulullah Saw menganjurkan untuk mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat.

Lukman Hakim Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *