Surah Al Fatihah; Terjemahan, Tafsir dan Keutamaan Membacanya

Surah Al Fatihah; Terjemahan, Tafsir dan Keutamaan Membacanya

Pecihitam.org – Surah Al Fatihah (الفاتحة) merupakan surah yang paling pertama di dalam al-Qur’an. Diturunkan di Mekah dengan lengkap terdiri dari 7 ayat. Surah ini disebut Al Fatihah (Pembukaan), karena dengan surah inilah dibuka dan dimulainya Al-Quran.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Surah Al Fatihah juga disebut sebagai Ummul Qur’an atau Ummul Kitab, karena ia merupakan induk dari seluruh isi Al-Quran. Selain itu, ia juga disebut sebagai As Sab’ul matsaany (السبع المثاني; tujuh yang berulang-ulang) sebab jumlah ayatnya tujuh dan dibaca berulang-ulang dalam sehari semalam minimal sebanyak 17 kali bacaan, khususnya ketika kita sedang shalat fardhu.

Terjemahan Surah Al Fatihah dan Tafsirnya

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Terjemah: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Tafsir: Surat ini dimulai dengan menyebut nama Allah (satu-satunya Tuhan yang berhak disembah) Yang memiliki seluruh sifat kesempurnaan dan tersucikan dari segala bentuk kekurangan. Dialah Pemilik rahmah (sifat kasih) yang tak habis-habisnya, Yang menganugerahkan segala macam kenikmatan, baik besar maupun kecil.

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Terjemah: Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Tafsir: Segala puja dan puji kita persembahkan kepada Allah semata, karena Dialah Yang menciptakan dan memelihara seluruh makhluk.

Baca Juga:  Surah Al-Ahzab Ayat 26-27; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ

Terjemah: Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

Tafsir: Dia adalah Pemilik dan Sumber rahmah yang tak pernah putus memberikan segala kenikmatan, baik besar maupun kecil.

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ

Terjemah: Yang menguasai di Hari Pembalasan.

Tafsir: Dan Dialah Penguasa satu-satunya pada hari kiamat, hari penghitungan dan pembalasan. wewenang-Nya pada hari itu bersifat mutlak dan tidak disekutui oleh suatu apa pun.

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

Terjemah: Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.

Tafsir: Hanya Engkaulah yang kami sembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan.

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ

Terjemah: Tunjukilah kami jalan yang lurus,

Tafsir: Kepada Engkaulah kami meminta untuk menunjuki kami jalan kebenaran, kebajikan dan membawa kepada kebahagiaan.

صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Terjemah: (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Tafsir: Yaitu jalan para hamba-Mu yang telah Engkau beri petunjuk untuk beriman kepada-Mu dan Engkau anugerahkan hidayah dan keridaan-Mu; bukan jalan orang-orang yang Engkau murkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat dari kebenaran dan kebajikan karena mereka tidak beriman dan mengingkari petunjuk-Mu.

Baca Juga:  Surah Maryam Ayat 77-80; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Keutamaan Membacanya

Surah al Fatihah adalah surah yang memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan. Di antara keutamaan membacanya adalah;

1. Didampingi malaikat saat tidur.

Diriwayatkan kitab Tarikh Damsyik, Ibnu Asakir bahwa dalam sebuah hadits dari Syaddad bin Aus, RAsulullah SAW bersabda:

إذا أخذا أحدكم مضجعه ليرقد، فليقرأ بأم الكتاب وسورة، فإن الله يوكل به ملكا يهب معه إذاهب

Artinya: “Jika seseorang dari kalian hendak tidur, maka bacalah ummul kitab (surat fatihah) dan salah satu dari surat dalam Alquran, maka Allah akan mewakilkan untuknya malaikat yang akan bangun bersamanya jika dia bangun.”

2. Setiap hurufnya mengandung pahala

Ibn Abbas pernah bercerita, ketika Rasulullah Saw. sedang bersama malaikat Jibril. Satu saat tiba-tiba Jibril mendengar suara yang amat keras dari atas, dia pun langsung mengarahkan pandangannya ke atas, lalu berkata kepada Nabi. Itu pertanda dibukanya suatu pintu di langit yang belum pernah dibuka sebelumnya.

Ibn Abbas melanjutkannya, dari pintu itu keluar malaikat mendatangi Nabi Saw. seraya berkata, “Sampaikanlah berita gembira kepada umatmu mengenai dua cahaya, kedua cahaya itu telah diberikan kepadamu, dan belum pernah sama sekali diberikan kepada nabi sebelummu. Yaitu surah Al fatihah dan beberapa ayat terakhir surah Al baqarah. Tidaklah kamu baca satu huruf saja membacanya, kecuali akan diberi pahala.” (HR. Muslim).

Baca Juga:  Surah Al-Isra' Ayat 82; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

3. Sebagai obat penyakit hati.

Surat Al-Kafiyatu As-Syafiyah, nama lain dari surat Alfatihah. Al-Kafiyah berarti pencukup dan As-Syafiah yang berarti penyembuhan, maka di dalam surat tersebut ada penyembuh untuk berbagai macam penyakit hati maupun badan. Penyakit hati, sebagai misal sombong, riya, ujub, dan lain-lain dapat disembuhkan dengan Al-Fatihah.

Dalam kitab Fadhoil Suwar wa Ayat Qur’aniyah karya Sayyid Muhammad Saad ibnu Alawi al-Idrusi, dijelaskan bahwa Abdul Malik ibu Umair mengatakan,

الكتاب شفاء من كل داءفاتحة

“surah yang menjadi pembuka dalam Alquran adalah obat segala sesuatu, surah tersebut adalah surah al-Fatihah.”

Wallahu A’lam

M Resky S

Leave a Reply

Your email address will not be published.