Surah Al-Isra Ayat 41; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an

Surah Al-Isra Ayat 41

Pecihitam.org – Kandungan Surah Al-Isra Ayat 41 ini, menjelaskan bahwa dalam Alquran, Allah telah memberikan peringatan berkali-kali, baik berupa bukti-bukti kebenaran eksistensi Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya, ataupun alasan-alasan yang menunjukkan kebenaran tauhid,

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Alquran juga berisi beberapa kisah tentang nasib umat yang menyekutukan Allah dengan yang lain, agar kaum musyrikin Mekah dapat mengambil pelajaran dari berbagai peristiwa tersebut dan menghentikan kemusyrikan dan kebiasaan mereka yang jelek. Semestinya keterangan dan peringatan yang berulang-ulang itu dap

Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an Surah Al-Isra Ayat 41

وَلَقَدْ صَرَّفْنَا فِي هَذَا الْقُرْآنِ لِيَذَّكَّرُوا وَمَا يَزِيدُهُمْ إِلَّا نُفُورًا

Terjemahan: Dan sesungguhnya dalam Al Quran ini Kami telah ulang-ulangi (peringatan-peringatan), agar mereka selalu ingat. Dan ulangan peringatan itu tidak lain hanyalah menambah mereka lari (dari kebenaran).Dan sesungguhnya dalam Al Quran ini Kami telah ulang-ulangi (peringatan-peringatan), agar mereka selalu ingat. Dan ulangan peringatan itu tidak lain hanyalah menambah mereka lari (dari kebenaran).

Baca Juga:  Surah Thaha Ayat 127; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Tafsir Jalalain: وَلَقَدْ صَرَّفْنَا (Dan sesungguhnya telah Kami jelaskan) kami terangkan فِي هَذَا الْقُرْآنِ (di dalam Alquran ini) misal-misal, janji dan ancaman لِيَذَّكَّرُوا (agar mereka selalu ingat) maksudnya mengambil pelajaran darinya وَمَا يَزِيدُهُمْ (Akan tetapi tidak menambahkan kepada mereka) hal tersebut إِلَّا نُفُورًا (melainkan hanya menambah mereka lari) dari perkara yang hak.

Tafsir Ibnu Katsir: Allah berfirman yang artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah mengulang-ulang kepada manusia dalam al-Qur’an ini tiap-tiap macam perumpamaan.” (QS. Al-Israa’: 89)

Maksudnya, Kami (Allah) telah mengulang-ulang ancaman di dalamnya agar mereka mengingat hujjah-hujjah, penjelasan-penjelasan, dan berbagai pelajaran, sehingga mereka akan menjauhkan din dari kemusyrikan, kedhaliman dan pembuatan berita bohong yang mereka lakukan.

Baca Juga:  Surah Al-Isra Ayat 11; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

وَمَا يَزِيدُهُمْ (Dan ulangan peringatan itu tidak menambah mereka) yaitu orang-orang dhalim di antara mereka; إِلَّا نُفُورًا (Melainkan melarikan diri) yakni dari kebenaran, dan jauh dari kebenaran itu.

Tafsir Kemenag: Pada ayat ini dijelaskan bahwa dalam Al-Qur’an, Allah telah memberikan peringatan berkali-kali, baik berupa bukti-bukti kebenaran eksistensi Allah melalui ciptaan-ciptaan-Nya, ataupun alasan-alasan yang menunjukkan kebenaran tauhid,

Al-Qur’an juga berisi beberapa kisah tentang nasib umat yang menyekutukan Allah dengan yang lain, agar kaum musyrikin Mekah dapat mengambil pelajaran dari berbagai peristiwa tersebut dan menghentikan kemusyrikan dan kebiasaan mereka yang jelek.

Semestinya keterangan dan peringatan yang berulang-ulang itu dapat melunakkan hati dan menyadarkan pikiran mereka, agar mau mengikuti seruan Al-Qur’an. Namun demikian, keterangan-keterangan itu ternyata hanya membuat mereka lari dari Al-Qur’an.

Baca Juga:  Surah Al-Isra Ayat 54-55; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Mereka tidak mau mendengarkan dan menerima kebenarannya karena jiwa mereka telah dikotori oleh kebiasaan-kebiasaan buruk. mereka tidak bisa lagi menilai suatu kebenaran sebagai kebenaran, bahkan mereka menjauh darinya dan lebih memilih bergelimang dalam kebatilan.

Shadaqallahul ‘adzhim. Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Al-Isra Ayat 41 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Kemenag. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S