Surah Al-Maidah Ayat 48-50; Seri Tadabbur Al Qur’an

Surah Al-Maidah Ayat 48-50

Pecihitam.org – Pada Surah Al-Maidah Ayat 48-50 ini Allah SWT mulai menceritakan tentang Al Qur’an Al-Adzhim yang diturunkan kepada hamba-Nya dan Rasul-Nya, setelah sebelumnya Allah menceritakan tentan kitab Taurat dan Injil yang pantas diikuti.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir
Surah Al-Maidah Ayat 48-50

Surah Al-Maidah Ayat 48
وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ ۖ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ عَمَّا جَاءَكَ مِنَ الْحَقِّ ۚ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا ۚ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَلَٰكِنْ لِيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ ۖ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ إِلَى اللَّهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

Penjelasan ayat: وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ (Dan telah Kami turunkan kepadamu) hai Muhammad الْكِتَابَ (kitab) yaitu Al-Qur’an بِالْحَقِّ (dengan kebenaran) berkaitan dengan anzalnaa مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ (membenarkan apa yang terdapat di hadapannya) maksudnya yang sebelumnya مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِنًا (di antara kitab dan menjadi saksi) atau batu ujian عَلَيْهِ (terhadapnya) kitab di sini maksudnya ialah kitab-kitab terdahulu.

فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ (Karena itu putuskanlah perkara mereka) maksudnya antara ahli kitab jika mereka mengadu kepadamu بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ (dengan apa yang diturunkan Allah) kepadamu وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ (dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka) dengan menyimpang عَمَّا جَاءَكَ مِنَ الْحَقِّ ۚ لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا (dari kebenaran yang telah datang kepadamu. Bagi tiap-tiap umat di antara kamu Kami beri) hai manusia (aturan dan jalan) maksudnya jalan yang nyata dan agama dan yang akan mereka tempuh.

Baca Juga:  Surah Fatir Ayat 12; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً (Sekiranya dikehendaki Allah tentulah kalian dijadikan-Nya satu umat) dengan hanya satu syariat وَلَٰكِنْ (tetapi) dibagi-bagi-Nya kamu kepada beberapa golongan لِيَبْلُوَكُمْ (untuk mengujimu) mencoba فِي مَا آتَاكُمْ (mengenai apa yang telah diberikan-Nya kepadamu) berupa syariat yang bermacam-macam untuk melihat siapakah di antara kalian yang taat dan siapa pula yang durhaka فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ (maka berlomba-lombalah berbuat kebaikan) berpaculah mengerjakannya.

إِلَى اللَّهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا (Hanya kepada Allahlah kembali kamu semua) dengan kebangkitan فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ (maka diberitahukan-Nya kepadamu apa yang kamu perbantahkan itu) yakni mengenai soal agama dan dibalas-Nya setiap kamu menurut amal masing-masing.

Surah Al-Maidah Ayat 49
وَأَنِ احْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ وَاحْذَرْهُمْ أَنْ يَفْتِنُوكَ عَنْ بَعْضِ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ إِلَيْكَ ۖ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَاعْلَمْ أَنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ أَنْ يُصِيبَهُمْ بِبَعْضِ ذُنُوبِهِمْ ۗ وَإِنَّ كَثِيرًا مِنَ النَّاسِ لَفَاسِقُونَ

Baca Juga:  Surah Al-Maidah Ayat 78-81; Seri Tadabbur Al Qur'an

Penjelasan ayat: وَأَنِ احْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ وَاحْذَرْهُمْ (Dan hendaklah kamu putuskan perkara di antara mereka dengan apa yang diturunkan Allah dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu mereka dan berhati-hatilah terhadap mereka) agar أَنْ يَفْتِنُوكَ (supaya mereka) tidak (memfitnahmu) artinya menyesatkanmu عَنْ بَعْضِ مَا أَنْزَلَ اللَّهُ إِلَيْكَ ۖ فَإِنْ تَوَلَّوْا (dari sebagian yang telah diturunkan Allah kepadamu. Jika mereka berpaling) dari hukum yang diturunkan dan bermaksud mengubahnya

فَاعْلَمْ أَنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ أَنْ يُصِيبَهُمْ (maka ketahuilah bahwasanya Allah menghendaki akan menimpakan kepada mereka musibah) hukuman di dunia بِبَعْضِ ذُنُوبِهِمْ (disebabkan sebagian dosa-dosa mereka) yang mereka perbuat di antaranya berpaling itu. Dan akan membalas semua dosa itu di akhirat kelak. وَإِنَّ كَثِيرًا مِنَ النَّاسِ لَفَاسِقُونَ (Dan sesungguhnya banyak di antara manusia itu orang-orang yang fasik.)

Baca Juga:  Surah Al-Maidah Ayat 72-75; Seri Tadabbur Al Qur'an

Surah Al-Maidah Ayat 50
أَفَحُكْمَ الْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُونَ ۚ وَمَنْ أَحْسَنُ مِنَ اللَّهِ حُكْمًا لِقَوْمٍ يُوقِنُونَ

Penjelasan: أَفَحُكْمَ الْجَاهِلِيَّةِ يَبْغُونَ (Apakah hukum jahiliah yang mereka kehendaki) dengan memakai ya dan ta; artinya dengan berpaling itu mereka hanyalah hendak bermanis mulut dan mengambil muka sedangkan pertanyaan di sini berarti sanggahan وَمَنْ (dan siapakah) artinya tak seorang pun أَحْسَنُ مِنَ اللَّهِ حُكْمًا لِقَوْمٍ (yang lebih baik hukumannya daripada Allah bagi kaum) artinya di sisi orang-orang يُوقِنُونَ (yang yakin) kepada-Nya. Diistimewakan menyebutkan mereka karena hanya merekalah yang bersedia merenungkan hal ini.

Demikian telah kita uraikan kandungan Al Qur’an Surah Al-Maidah Ayat 48-50 menurut Tafsir Jalalain. Semoga bermanfaat

M Resky S