Surah Al-Maidah Ayat 54-56; Seri Tadabbur Al Qur’an

Surah Al-Maidah Ayat 54-56

Pecihitam.org – Surah Al-Maidah Ayat 54-56 masih melanjutkan penjelasan ayat sebelumnya yaitu Surah Al-Maidah Ayat 51-53. Sekaligus penjelasan dimana Allah menegaskan bahwasanya barangsiapa yang berpaling dari membela agama-Nya dan menegakkan syariat-Nya, maka Allah SWT akan menggantinya dengan orang yang lebih baik, lebih kuat, dan lebih lurus jalannya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir
Surah Al-Maidah Ayat 54-56

Surah Al-Maidah Ayat 54
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَنْ يَرْتَدَّ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ يُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لَائِمٍ ۚ ذَٰلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Penjelasan ayat: يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَنْ يَرْتَدَّ (Hai orang-orang yang beriman! Siapa yang murtad) yartadda pakai idgham atau tidak; artinya murtad atau berbalik مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ (di antara kalian dari agamanya) artinya berbalik kafir; ini merupakan pemberitahuan dari Allah SWT tentang berita gaib yang akan terjadi yang telah terlebih dahulu diketahui-Nya. Buktinya setelah Nabi Muhammad saw. wafat segolongan umat keluar dari agama Islam
فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ (maka Allah akan mendatangkan) sebagai ganti mereka بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ (suatu kaum yang dicintai oleh Allah dan mereka pun mencintai-Nya) sabda Rasulullah SAW, “Mereka itu adalah kaum orang ini,” sambil menunjuk kepada Abu Musa Al-Asyari; riwayat Hakim dalam sahihnya

Baca Juga:  Surah Al-Ma'arij Ayat 36-44; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ يُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لَائِمٍ (bersikap lemah lembut terhadap orang-orang mukmin dan bersikap keras) atau tegas (terhadap orang-orang kafir. Mereka berjihad di jalan Allah dan tidak takut akan celaan orang yang suka mencela) dalam hal itu sebagaimana takutnya orang-orang munafik akan celaan orang-orang kafir.

ذَٰلِكَ (Demikian itu) yakni sifat-sifat yang disebutkan tadi فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ وَاسِعٌ (adalah karunia Allah yang diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Allah Maha Luas) karunia-Nya عَلِيمٌ (lagi Maha Mengetahui) akan yang patut menerimanya.

Ayat ini turun ketika Ibnu Salam mengadu kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah! Kaum kami telah mengucilkan kami!”

Baca Juga:  Surah Al-Maidah Ayat 76-77; Seri Tadabbur Al Qur'an

Surah Al-Maidah Ayat 55
إِنَّمَا وَلِيُّكُمُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ وَالَّذِينَ آمَنُوا الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَهُمْ رَاكِعُونَ

Penjelasan ayat: (Sesungguhnya yang menjadi penolong kalian adalah Allah SWT dan rasul-Nya serta orang-orang yang beriman yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta mereka rukuk) maksudnya khusyuk atau melakukan shalat sunnah.

Surah Al-Maidah Ayat 56
وَمَنْ يَتَوَلَّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَالَّذِينَ آمَنُوا فَإِنَّ حِزْبَ اللَّهِ هُمُ الْغَالِبُونَ

Penjelasan ayat: وَمَنْ يَتَوَلَّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَالَّذِينَ آمَنُوا (Siapa yang mengambil Allah dan rasul-Nya serta orang-orang yang beriman sebagai penolongnya) lalu mereka dibela dan ditolongnya pula فَإِنَّ حِزْبَ اللَّهِ هُمُ الْغَالِبُونَ (maka sesungguhnya golongan agama Allah itulah yang akan menang) yang terjamin dengan pertolongan Allah SWT sedangkan pembelaan seseorang kepada agama Allah itu menjadi bukti bahwa ia dari golongan dan pengikut agama itu.

Baca Juga:  Surah Al-Maidah Ayat 72-75; Seri Tadabbur Al Qur'an

Demikian uraian mengenai Al Qur’an Surah Al-Maidah Ayat 54-56 dengan merujuk pada Tafsir Jalalain. Semoga menambah khazanah ilmu Al Qur’an kita.

M Resky S