Surah Ar-Ra’d Ayat 6; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an

Surah Ar-Ra'd Ayat 6

Pecihitam.org – Kandungan Surah Ar-Ra’d Ayat 6 ini memberitahukan kepada kita bahwa ambillah pelajaran dari siksa yang diturunkan Allah Swt kepada umat-umat terdahulu, dan mintalah kasih sayang Tuhan. Rahmat dan kasih sayang Tuhan mendahului azab dan siksa-Nya.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Terjemahan dan Tafsir Al-Qur’an Surah Ar-Ra’d Ayat 6

وَيَسْتَعْجِلُونَكَ بِالسَّيِّئَةِ قَبْلَ الْحَسَنَةِ وَقَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِمُ الْمَثُلَاتُ ۗ وَإِنَّ رَبَّكَ لَذُو مَغْفِرَةٍ لِلنَّاسِ عَلَىٰ ظُلْمِهِمْ ۖ وَإِنَّ رَبَّكَ لَشَدِيدُ الْعِقَابِ

Terjemahan: Mereka meminta kepadamu supaya disegerakan (datangnya) siksa, sebelum (mereka meminta) kebaikan, padahal telah terjadi bermacam-macam contoh siksa sebelum mereka. Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar mempunyai ampunan (yang luas) bagi manusia sekalipun mereka zalim, dan sesungguhnya Tuhanmu benar-benar sangat keras siksanya.

Tafsir Jalalain: Ayat ini diturunkan berkenaan dengan permintaan mereka yang menginginkan disegerakannya azab; mereka kemukakan hal ini dengan nada mengejek.

وَيَسْتَعْجِلُونَكَ بِالسَّيِّئَةِ (Mereka meminta kepadamu supaya disegerakan datangnya keburukan) yakni azab قَبْلَ الْحَسَنَةِ (sebelum mereka meminta kebaikan) rahmat

Baca Juga:  Surah Al-Hijr Ayat 85-86; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

وَقَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِمُ الْمَثُلَاتُ (padahal telah terjadi bermacam-macam contoh siksa sebelum mereka) lafal matsulaat merupakan bentuk jamak dari kata tunggal al-matslah dengan wazan ats-tsamrah; artinya siksaan-siksaan yang telah menimpa orang-orang seperti mereka dari kalangan orang-orang yang mendustakan. Mengapa mereka tidak mengambil pelajaran daripadanya?

وَإِنَّ رَبَّكَ لَذُو مَغْفِرَةٍ لِلنَّاسِ (Dan sesungguhnya Rabbmu benar-benar mempunyai ampunan yang luas bagi manusia sekali pun) walaupun عَلَىٰ ظُلْمِهِمْ (mereka zalim) dan jika tidak demikian, niscaya tidak akan tersisa di permukaan bumi ini makhluk yang melata di atasnya.

وَإِنَّ رَبَّكَ لَشَدِيدُ الْعِقَابِ (Dan sesungguhnya Rabbmu benar-benar sangat keras siksaan-Nya) terhadap orang-orang yang durhaka kepada-Nya.

Tafsir Ibnu Katsir: Allah Ta’ala berfirman: وَيَسْتَعْجِلُونَكَ (“Mereka minta kepadamu”) yaitu orang-orang yang mendustakan. بِالسَّيِّئَةِ قَبْلَ الْحَسَنَةِ (“Agar disegerakan datangnya siksa, sebelum mereka meminta kebaikan.”)

Yaitu, dengan meminta hukuman karena mereka sangat mendustakan, mengingkari dan kafir atau tidak percaya, maka mereka meminta agar siksa Allah datang kepada mereka secepat mungkin.

Baca Juga:  Surah Ar-Ra'd Ayat 2; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Allah Ta’ala berfirman: وَقَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِمُ الْمَثُلَاتُ (“Padahal telah terjadi bermacam-macam contoh siksa sebelum mereka.”) Maksudnya, Kami telah menimpakan kemurkaan kepada umat-umat terdahulu, dan Kami jadikan mereka contoh dan nasihat bagi orang yang mau menjadikannya sebagai pelajaran.

Kemudian Allah memberitahukan bahwa jika bukan karena kelembutan dan ampunan-Nya, pasti Allah mendatangkan siksa itu kepada mereka dengan segera.

Allah berfirman: وَإِنَّ رَبَّكَ لَذُو مَغْفِرَةٍ لِلنَّاسِ عَلَىٰ ظُلْمِهِمْ (“Sesungguhnya Rabbmu benar-benar mempunyai ampunan [yang luas] bagi manusia, sekalipun mereka berbuat dhalim.”)

Maksudnya, Allah Ta’ala memiliki ampunan, maaf dan perlindungan bagi manusia, walaupun mereka itu orang-orang yang berbuat dhalim dan salah pada waktu Siang dan macam hari.

Kemudian Allah memberitahukan, bahwa bersamaan dengan keputusan ini, Allah juga sangat keras siksa-Nya.

Tafsir Quraish Shihab: Kesesatan mereka yang terlalu itu menggiring mereka untuk meminta agar siksa itu didatangkan segera, bukan malah meminta petunjuk yang dapat menyelamatkan mereka. Mereka menduga bahwa Allah tidak akan menurunkan siksa di dunia jika Dia berkehendak.

Baca Juga:  Surah Al-An'am Ayat 151; Seri Tadabbur Al Qur'an

Padahal, sebelum mereka dahulu telah pernah didatangkan siksa yang memusnahkan orang-orang seperti mereka. Namun demikian, Allah akan mengampuni kezaliman dari orang yang mau bertobat dan kembali ke jalan yang benar. Juga, Allah akan mendatangkan siksa yang pedih kepada orang yang tetap berada dalam kesesatan.

Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah Ar-Ra’d Ayat 6 berdasarkan Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga menambah khazanah ilmu Al-Qur’an kita.

M Resky S