Surah At-Taubah Ayat 38-39; Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an

Surah At-Taubah Ayat 38-39

Pecihitam.org – Kandungan Surah At-Taubah Ayat 38-39 ini justru memberi peringatan kepada kaum Muslimin, bahwa kenikmatan dunia yang kalian rasakan bila dibandingkan dengan kebahagiaan akhirat sangat sedikit sekali dan tidak ada artinya sama sekali.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Apabila kalian enggan berangkat ke medan perang, agama Allah tetap tidak bisa dikalahkan dan Allah akan menggantikan ketidakhadiran kalian dengan orang lain. Karena Allah mampu menjaga dan mempertahankan agama dan Nabi-Nya serta tidak membutuhkan kalian.

Terjemahan dan Tafsir Al Qur’an Surah At-Taubah Ayat 38-39

Surah At-Taubah Ayat 38
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَا لَكُمْ إِذَا قِيلَ لَكُمُ انْفِرُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ اثَّاقَلْتُمْ إِلَى الْأَرْضِ ۚ أَرَضِيتُمْ بِالْحَيَاةِ الدُّنْيَا مِنَ الْآخِرَةِ ۚ فَمَا مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا فِي الْآخِرَةِ إِلَّا قَلِيلٌ

Terjemahan: Hai orang-orang yang beriman, apakah sebabnya bila dikatakan kepadamu: “Berangkatlah (untuk berperang) pada jalan Allah” kamu merasa berat dan ingin tinggal di tempatmu? Apakah kamu puas dengan kehidupan di dunia sebagai ganti kehidupan di akhirat? Padahal kenikmatan hidup di dunia ini (dibandingkan dengan kehidupan) diakhirat hanyalah sedikit.

Tafsir Jalalain: Ayat ini diturunkan sewaktu Nabi SAW menyeru kaum muslimin untuk berangkat ke perang Tabuk sedangkan pada saat itu udara sangat panas dan cuacanya sulit sehingga hal itu membuat mereka berat untuk melakukannya

Baca Juga:  Surah At-Taubah Ayat 3; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَا لَكُمْ إِذَا قِيلَ لَكُمُ انْفِرُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ اثَّاقَلْتُمْ إِلَى الْأَرْضِ (Hai orang-orang yang beriman apakah sebabnya apabila dikatakan kepada kalian, “Berangkatlah untuk berperang pada jalan Allah lalu kalian merasa berat)

Lafal اثَّاقَلْتُمْ pada asalnya tatsaaqaltum kemudian huruf ta diganti dengan huruf tsa lalu diidgamkan atau digabungkan dengan huruf tsa yang asli setelah itu ditarik hamzah washal sehingga jadilah itstsaaqaltum.

Artinya kalian malas dan enggan untuk melakukan jihad (dan ingin tinggal di tempat kalian saja?) artinya ingin tetap di tempat tinggal, istifham/kata tanya pada permulaan ayat mengandung makna taubikh/celaan.

أَرَضِيتُمْ بِالْحَيَاةِ الدُّنْيَا (Apakah kalian puas dengan kehidupan di dunia) dengan kesenang-kesenangannya مِنَ الْآخِرَةِ (sebagai ganti kehidupan akhirat?) sebagai ganti kenikmatan ukhrawi

فَمَا مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا فِي (padahal kenikmatan hidup di dunia ini di) dibandingkan dengan kenikmatan الْآخِرَةِ إِلَّا قَلِيلٌ (akhirat hanyalah sedikit”) sangat kecil dan tidak ada artinya.

Tafsir Quraish Shihab: Hai orang-orang Mukmin, ketika rasul berkata kepada kalian, “Keluarlah untuk berjihad di jalan Allah,” mengapa sebagian dari kalian enggan untuk berjihad? Hal itu tidak seharusnya terjadi.

Baca Juga:  Surah Al-Qiyamah Ayat 26-40; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Kalian sungguh mengherankan! Apakah kalian lebih mengutamakan kehidupan dunia yang fana daripada kehidupan akhirat dan kenikmatannya yang abadi? Ketahuilah bahwa kesenangan dunia sangat sedikit dan remeh jika dibandingkan dengan kenikmatan akhirat.

Surah At-Taubah Ayat 39
إِلَّا تَنْفِرُوا يُعَذِّبْكُمْ عَذَابًا أَلِيمًا وَيَسْتَبْدِلْ قَوْمًا غَيْرَكُمْ وَلَا تَضُرُّوهُ شَيْئًا ۗ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Terjemahan: Jika kamu tidak berangkat untuk berperang, niscaya Allah menyiksa kamu dengan siksa yang pedih dan digantinya (kamu) dengan kaum yang lain, dan kamu tidak akan dapat memberi kemudharatan kepada-Nya sedikitpun. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Tafsir Jalalain: إِلَّا (Jika) lafal illaa di sini pada asalnya ialah gabungan antara in syarthiyah dan laa nafi تَنْفِرُوا (kalian tidak berangkat) keluar bersama dengan Nabi SAW untuk melakukan jihad

يُعَذِّبْكُمْ عَذَابًا أَلِيمًا (niscaya Allah menyiksa kalian dengan siksaan yang pedih)) yang menyakitkan وَيَسْتَبْدِلْ قَوْمًا غَيْرَكُمْ (dan diganti-Nya kalian dengan kaum yang lain) artinya Allah akan mendatangkan kaum yang lain sebagai pengganti kalian

وَلَا تَضُرُّوهُ (dan kalian tidak dapat memberi kemudaratan kepada-Nya) yakni kepada Allah atau kepada Nabi saw. شَيْئًا (sedikit pun) dikarenakan kalian tidak mau membantunya, maka sesungguhnya Allahlah yang akan menolong agama-Nya وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu) yang antara lain ialah menolong agama dan Nabi-Nya.

Baca Juga:  Surah At-Taubah Ayat 75-78; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

Tafsir Quraish Shihab: Apabila kalian tidak melaksanakan perintah Rasulullah untuk berjihad di jalan Allah, maka Allah akan menyiksa kalian dengan siksa yang sangat pedih.

Tuhan akan mengganti kalian dengan kaum lain yang mau menerima seruan Rasulullah dan tidak meninggalkan kewajiban berjihad. Kalian sama sekali tidak akan merugikan Allah dengan keengganan itu. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

Alhamdulillah, kita telah pelajari bersama kandungan Surah At-Taubah Ayat 38-39 berdasarkan Tafsir Jalalain dan Tafsir Quraish Shihab. Semoga khazanah ilmu Al-Qur’an kita semakin bertambah.

M Resky S