5 Alasan Penting Perlunya Membaca Sirah Nabawiyah

5 Alasan Penting Perlunya Membaca Sirah Nabawiyah

PeciHitam.org – Sirah Nabawiyah merupakan kumpulan kisah perjalanan hidup Nabi Muhammad saw mulai dilahirkan hingga meninggal dunia dan memiliki komposisi besar dalam sejarah perkembangan bangsa Arab.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Sebelum kedatangan beliau bangsa Arab sejatinya belum memiliki materi sejarah yang sebenarnya, kecuali hanya saling mewarisi cerita-cerita yang berkembang di antara mereka.

Setelah itu semua muncullah sumber yang baru dengan kedatangan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa Sallam dengan dimulainya da’wah olehnya: yaitu dengan melalui hadis-hadis yang disampaikannya kepada para sahabatnya, lalu dilanjutkan oleh sahabat kepada tabi’in seputar kelahiran Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam dan kehidupannya, menyinggung tentang jihad atau perjuangan di jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang dilakukan dan memenuhi catatan kisah perjuangan Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam, berperang melawan kaum Musyrikin dan orang-orang yang berada di luar agama Islam, serta mendakwahkan ketauhidan hingga tetes darah terakhir.

Sirah Nabawiyah adalah rekaman seluruh mata rantai perjalanan Nabi besar Muhammad  SAW dari lahir, kecil, remaja, dewasa, pernikahan, menjadi Nabi, perjuangannya yang heroik dan tantangan-tantangan besar yang dilaluinya, hingga wafatnya.

Membaca Sirah Nabawiyah, bagaikan menelusuri tapak-tapak kehidupan Sang Rasul secara detail dan rinci. Membaca sirah Nabi, laksana mengurai perjalanan hidup Sang Nabi yang penuh warna. Perjalanan hidup yang kaya nuansa. Perjalanan hidup yang penuh cita rasa.

Baca Juga:  Sejarah Terbentuknya Banser NU (Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama)

Dan Intisari yang bisa kita petik dari Sirah Nabawiyah adalah Islam itu ketika Allah turunkan ke dunia ini, ia menjelma dalam diri Nabi kita Muhammad, karena beliau adalah Mushtafa (Pilihan Allah) yang dipilih oleh Allah untuk mewakili ajaran-Nya di dunia melalui ucapan dan perbuatan-Nya yang dibimbing langsung oleh Allah SWT.

Berikut lima alasan pentingnya mengkaji Sirah Nabawi sebagaimana dijelaskan Dr. Said Ramadhan al-Buthi dalam Fiqhus Sīrah, (Damaskus: Dār al-Fikr), h. 15-16.

  • Meningkatkan keyakinan bahwa Muhammad saw. adalah utusan Allah.

Dengan mengkaji perjalanan hidup nabi, maka kita akan memahami kepribadian Rasulullah saw. Bagaimana beliau melalui liku-liku kehidupan, menjalani kehidupan manusia seutuhnya, akhirnya membawa manusia ke pesan universal agama.

Dengan melihat fakta ini, maka akan terbukti bahwa Rasulullah saw. bukan sekadar sosok jenius yang sangat terpandang di kalangan kaumnya. Beliau pasti lebih daripada itu. Beliau adalah utusan Tuhan yang risalahnya didukung oleh wahyu yang diturunkan langsung dari hadirat-Nya.

  • Mendapatkan suri teladan terbaik dalam diri Rasulullah saw.
Baca Juga:  Cerita Masjid Cordoba Andalusia Berubah Menjadi Gereja La Mezquita

Dalam setiap fase hidup Nabi, umat muslim dapat menemukan sosok suri teladan paling luhur. Sebagai apapun seseorang, entah seniman, guru, pengusaha, atau suami, seorang dapat mencontoh Nabi dalam bentuk yang paling sempurna. Dengan demikian, seorang dapat menjadikan beliau sang suri teladan yang segala tindakannya benar-benar diikuti. Itulah alasan Allah Swt. sendiri menahbiskan Rasulullah saw. sebagai teladan bagi umat manusia.

  • Meningkatkan pemahaman yang utuh atas Alquran.

Ketika seorang memahami sirah Nabi dengan baik, maka semakin mudah baginya memahami Alquran, merasakan ruh kehadiran dan tujuan Alquran. Hal ini demikian karena sebagian besar ayat Alquran turun berkenaan dengan peristiwa yang menimpa Rasulullah saw. Jadi dengan memperhatikan peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan turunnya ayat tersebut, makna ayat tertentu menjadi lebih terang dan lebih jelas.

  • Menyempurnakan keislaman kita.

Perjalanan hidup Rasulullah memberikan setiap muslim banyak manfaat menyangkut ranah akidah, hukum, maupun akhlak. Apalagi, tidak disangsikan bahwa kehidupan Rasulullah saw. adalah potret nyata bagaimana sebuah peradaban Islam mampu menghimpun semua prinsip pokok ajaran Islam dalam bentuknya yang paling ideal.

  • Menyukseskan dakwah dengan mencontoh metode Rasulullah saw.
Baca Juga:  Hal Yang Melatarbelakangi Berdirinya Dinasti Abbasiyah

Rasulullah adalah seorang pendidik sukses. Dengan mempelajari sejarah hidup beliau, maka setiap dai dan guru dapat menerapkan berbagai metode pendidikan yang diwariskan Rasulullah Saw. Beliau adalah seorang pendidik yang paling utama.  Beliau telah berhasil dengan sangat gemilang dalam berdakwah. Semua metode pendidikan paling cemerlang ini dapat ditemukan di sepanjang fase dakwah yang beliau lalui.

Mohammad Mufid Muwaffaq

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *