6 Manfaat Wudhu Sebelum Tidur

Manfaat Wudhu Sebelum Tidur

PeciHitam.org6 Manfaat Wudhu Sebelum Tidur Menjelang tidur, umat muslim di anjurkan untuk berdoa, memohon perlindungan dari hal-hal yang tidak diinginkan kepada Allah swt. dalam ajaran agama islam sendiri, umat muslim dianjurkan berwudhu karna terdapat banyak keutamaan yang terkandung dalam sunnah berwudhu sebelum tidur ini.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Wudhu tak hanya dapat dilakukan sebelum mendirikan salat, sebelum membaca Al Quran atau beribadah dalam bentuk lainnya. Sebisa mungkin wudhu dilaksanakan kapan pun dan dimana pun bahkan ketika tak akan mendirikan ibadah sekalipun. Mengutip dari berbagai sumber, wudhu juga merupakan salah satu aktivitas yang sangat disarankan untuk dilakukan sebelum tidur.

Terdapat hadis yang menunjukkan bahwa dianjurkan untuk bersuci sebelum tidur. Salah satunya, hadis oleh Al-Barra’ bin Azib radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلَاةِ ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الْأَيْمَنِ ، ثُمَّ قُلْ : اللَّهُمَّ أَسْلَمْتُ وَجْهِي إِلَيْكَ ، وَفَوَّضْتُ أَمْرِي إِلَيْكَ ، وَأَلْجَأْتُ ظَهْرِي إِلَيْكَ ، رَغْبَةً وَرَهْبَةً إِلَيْكَ ، لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَا مِنْكَ إِلَّا إِلَيْكَ ، اللَّهُمَّ آمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِي أَنْزَلْتَ ، وَبِنَبِيِّكَ الَّذِي أَرْسَلْتَ ؛ فَإِنْ مُتَّ مِنْ لَيْلَتِكَ فَأَنْتَ عَلَى الْفِطْرَةِ ، وَاجْعَلْهُنَّ آخِرَ مَا تَتَكَلَّمُ بِهِ

Baca Juga:  Begini Nalar Pembolehan Hukum Masturbasi Versi Ibnu Hazm

“Apabila engkau hendak tidur, berwudhulah sebagaimana wudhu ketika hendak shalat. Kemudian berbaringlah miring ke kanan, dan bacalah: Ya Allah, aku tundukkan wajahku kepada-Mu, aku pasrahkan urusanku kepada-Mu, aku sandarkan punggungku kepada-Mu, karena rasa takut dan penuh haram kepada-Mu. Tidak ada tempat berlindung dan menyelamatkan diri dari hukuman-Mu kecuali kepada-Mu. Ya Allah, aku beriman kepada kitab-Mu yang telah Engkau turunkan, dan kepada nabi-Mu yang telah Engkau utus. Jika kamu mati di malam itu, kamu mati dalam keadaan fitrah. Jadikanlah doa itu, sebagai kalimat terakhir yang engkau ucapkan sebelum tidur.” (HR. Bukhari; 247 dan Muslim; 2710)

Selain manfaat wudhu seperti yang dijelaskan oleh Rasulullah saw. diatas, beberapa manfaat yang lain adalah sebagai berikut;

  1. Terjaganya kesehatan kulit dan wajah. Berwudhu sebelum tidur akan memiliki kulit yang sehat dan bersih. Ia juga memiliki wajah yang sehat dan bersih. Hal ini terjadi dikarenakan dengan berwudhu, seseorang sama dengan membersihkan kulit dari berbagai kotoran dan kuman yang kemungkinan besar menempel di kulit dan wajah.
  2. Merasa tenang dan nyaman saat tidur. Berwudhu sebelum tidur akan membuat perasaan menjadi lebih tenang dan nyaman. Lebih lagi jika dibarengi membaca doa dan dzikir sebelum tidur.
  3. Rileksnya otot-otot tubuh. Dikarenakan air wudhu yang segar, secara tidak langsung akan membuat otot-otot tubuh lebih rileks.
  4. Mengurangi risiko terserang virus dan kuman berbahaya. Wudhu yang merupakan aktifitas bersuci, membuat tubuh bersih dari kuman serta virus yang disebabkan kurang bersihnya diri.
  5. Lebih dekat dengan Sang Pencipta. Saking mulianya berwudhu, disarankan untuk seseorang selalu menjaga wudhu dan kesucian diri. Wudhu dilakukan setiap kali seseorang akan melakukan ibadah dan bertemu dengan sang pencipta. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika orang-orang yang menjaga wudhunya akan semakin dekat dengan Sang Pencipta dan semakin tulus beribadah kepada Sang Pencipta.
  6. Mengurangi masalah insomnia. Buat kamu yang sering merasa tidak bisa tidur atau insomnia, disarankan agar mengambil air wudhu sebelum tidur. Dikarenakan wudhu akan membuat otot lebih rileks, pikiran merasa lebih tenang dan nyaman serta malaikat senantiasa menemani kamu saat tidur (hadis lainnya tentang manfaat wudhu sebelum tidur), bisa jadi akan membuat kamu terbebas dari masalah insomnia dan tidur malam kamu pun akan semakin berkualitas.
Baca Juga:  Sholat Sunnah Sebelum Sholat Jumat, Sholat Apakah Itu?

Demikian beberapa manfaat dari wudhu sebelum tidur. Tidak cuma membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak, berwudhu sebelum tidur akan membuat kamu mendapatkan berkah dari Allah yang lebih banyak. Bagi kita yang seorang muslim dan seorang yang beriman, usahakan untuk menjaga wudhu kita dan usahakan untuk melakukan wudhu sebelum tidur. Semoga informasi ini bermanfaat dan meningkatkan keimanan kita kepada Allah swt. Amiin..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *