Inilah 6 Surah dalam Al-Qur’an yang Diambil dari Nama Nabi, Yuk Baca!

Inilah 6 Surah Dalam Al-Quran yang Diambil dari Nama Nabi

Pecihitam.org – Sebuah nama biasanya tidak lepas dari konteks sejarah atau substansi dari sesuatu yang diberi nama. Misalnya di Indonesia ada kota yang bernama Pontianak, karena konon di sana dulu banyak terdapat hantu Pontianak (Kuntilanak).

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Begitu juga dengan nama surah yang ada di dalam Al-Qur’an. Dari jumlah 114, ternyata ada 6 surah di dalam Al-Qur’an yang diambil dari nama nabi. Berikut 6 surat tersebut beserta alasan penamaannya.

1). Surat Yunus
Surat ke-10 yang tedapat pada Juz 11 ini sebagian besar tergolong Surat  Makkiyah, kecuali ayat 40, 94, dan 95 yang termasuk Madaniyyah.

Walaupun surat ini dinamakan sebagai surat Yunus tetapi ayat yang berjumlah ratusan ini tidak banyak mengisahkan tentang kehidupan Nabi Yunus.

Hanya ada satu ayat yang menyebutkan kata Yunus, yakni ayat ke-97 berikut

فَلَوْلَا كَانَتْ قَرْيَةٌ آمَنَتْ فَنَفَعَهَا إِيمَانُهَا إِلَّا قَوْمَ يُونُسَ لَمَّا آمَنُوا كَشَفْنَا عَنْهُمْ عَذَابَ الْخِزْيِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَمَتَّعْنَاهُمْ إِلَىٰ حِينٍ

Dan mengapa tidak ada (penduduk) suatu kota yang beriman, lalu imannya itu bermanfaat kepadanya selain kaum Yunus? Ketika mereka (kaum Yunus itu) beriman, Kami hilangkan dari mereka adzab yang menghinakan dalam kehidupan dunia, dan Kami beri kesenangan kepada mereka sampai kepada waktu yang tertentu. (QS. Yunus ayat 97)

Ayat ini lebih banyak bercerita tentang kisah Nabi Musa. Sementara kisah nabi Yunus banyak termuat di dalam Surat Al-Anbiya’.

Baca Juga:  Surah Al-An'am Ayat 154-155; Seri Tadabbur Al Qur'an

2). Surah Hud
Surah Hud merupakan bagian dari kategori Surah Makkiyah yang terdiri dari 123 ayat. Surah ini erupakan surat ke-11 yang terlatak setelah Surat Yunus yang sama-sama termuat dalam Juz 11.

Dinamakan Surat Hud karena disebabkan surah ini mencakup kisah tentang Nabi Hud alaihimassalam l beserta kaum ‘Ad yang tertuang di dalam ayat 50-60. Surah ini juga mencakup tentang dasar-dasar aqidah, amal shalih, hari kebangkitan, hari hisab, dan kenabian Nabi Muhammad SAW.

3). Surah Yusuf
Sesuai dengan namanya, nyaris sepanjang surah ini menceritakan kisah Nabi Yusuf. Mulai masa kecil, remaja, hingga dewasa dan menjadi anak.

Kisah tentang Nabi Yusuf merupakan ahsanal qashas (kisah terbaik) yang pernah ada dalam sejarah manusia. Karena memang sebagaimana dijelaskan dalam surat yang berjumlah 111 ayat ini, kisahnya sangat komplit.

Allah SWT berfirman

نَحْنُ نَقُصُّ عَلَيْكَ اَحْسَنَ الْقَصَصِ بِمَآ اَوْحَيْنَآ اِلَيْكَ هٰذَا الْقُرْاٰنَۖ وَاِنْ كُنْتَ مِنْ قَبْلِهٖ لَمِنَ الْغٰفِلِيْنَ

Kami menceritakan kepadamu (Muhammad) kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al-Qur’an ini kepadamu, dan sesungguhnya engkau sebelum itu termasuk orang yang tidak mengetahui. (QS. Yusuf ayat 3)

4). Surah Ibrahim
Ini merupakan surah ke-14 dalam al-Quran. Surah ini terdiri atas 52 ayat dan termasuk golongan Surah Makkiyyah.

Baca Juga:  Surah An-Nahl Ayat 30-32; Terjemahan dan Tafsir Al-Qur'an

Dinamakan SurahbIbrahim, karena surah ini mengandung doa-doa Nabi Ibrahim yang terhimpun dari ayat 35 – 41.

Doa ini isinya antara lain: permohonan agar keturunannya mendirikan salat, dijauhkan dari menyembah berhala-berhala dan agar Mekkah dan daerah sekitarnya menjadi daerah yang aman dan makmur. membina Ka’bah bersama puteranya Ismail, di dataran tanah Mekkah yang tandus.

Berikut salah satu bunyi doanya

رَبَّنَآ اِنِّيْٓ اَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِيْ بِوَادٍ غَيْرِ ذِيْ زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِۙ رَبَّنَا لِيُقِيْمُوا الصَّلٰوةَ فَاجْعَلْ اَفْـِٕدَةً مِّنَ النَّاسِ تَهْوِيْٓ اِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِّنَ الثَّمَرٰتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُوْنَ

Ya Tuhan, sesungguhnya aku telah menempatkan sebagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan (yang demikian itu) agar mereka melaksanakan salat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan berilah mereka rezeki dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur. (QS. Ibrahim ayat 37)

5). Surah Muhammad
Surat dengan nama makhluk teragung ini merupakan surat ke-47 yang terdiri dari 38 ayat ini terhimpun semuanya dalam Juz 27.

Penamaan Surat Muhammad, karena pada ayat 1, 2 dan 3, Allah membandingkan antara hasil yang diperoleh oleh orang-orang yang tidak percaya kepada apa yang diturunkan kepada Nabi Muhammad dan hasil yang diperoleh oleh orang-orang yang percaya kepadanya.

Surah ini juga disebut dengan Surat  Al-Qital yang berarti “peperangan”, karena sebagian besar surah ini mengutarakan tentang peperangan dan pokok-pokok hukumnya, serta bagaimana seharusnya sikap orang-orang mukmin terhadap orang-orang kafir.

Baca Juga:  Surah Yusuf Ayat 77; Terjemahan dan Tafsir Al Qur'an

6). Surat Nuh
Surah terakhir dalam Al-Qur’an yang diambil dari Nama nabi adalah Surat Nuh.

Surah ini termasuk Surah Makkiyyah yang terdiri dari 28 ayat dan terdapat di dalam juz ke 29 serta menempati urutan surah ke 71.

Adapun penamaan Surah Nuh dikarenakan di dalamnya terdapat kisah tentang Nabi Nuh alaihimassalam. yang berdakwah kepada kaumnya tentang ketauhidan, peringatan tentang hari kebangkitan dan adzab Allah swt., dan keajaiban-keajaiban kuasa Allah swt.

Namun, kaumnya tetap kufur, sombong, dan memilih tetap menyembah berhala-berhala mereka. Lalu Nabi Nuh memintakan ampunan untuk orang-orang yang mau beriman dan meminta kehancuran untuk orang yang zalim.

Demikianlah 6 surah dalam Al-Qur’an yang diambil dari nama para nabi alaihimassalam. Wallahu a’lam bisshawab!

Faisol Abdurrahman