Amalan Sunnah di Malam Jumat, Istimewa dan Berpahala

amalan sunnah di malam jumat

Pecihitam.org – Rasulullah SAW menyebut bahwa hari Jumat merupakan hari yang agung. Hari jumat juga disebut Sayyidul Ayyam artinya hari yang istimewa dibandingkan hari yang lain. Itulah mengapa beberapa amalan sunnah dianjurkan untuk dilaksanakan di malam atau hari jumat itu sendiri.

Dalam perhitungan kalender Hijriah satu hari baru dimulai ketika maghrib tiba. Berbeda dengan perhitungan Masehi dimana hari berawal ketika menginjak tengah malam. Itulah mengapa, malam Jumat atau tepat di hari Kamis petang adalah bagian dari hari Jumat itu sendiri.

Malam Jumat adalah bagian dari hari jumat itu sendiri dan dianggap begitu istimewa. Kebiasaan yang dilakukan umat muslim khususnya di Indonesia adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan ibadah mulai dari mengadakan pengajian, dakwah, tadarus Al Qur’an, dan amalan-amalan lainnya.

Rasulullah SAW menyebutkan beberapa keutamaan pada hari jumat yang agung ini. Bahkan banyak yang meyakini hari Jumat ialah hari yang terbaik dan utama dibandingkan dengan enam hari lainnya. Sebab hari Jumat menjadi saksi peristiwa besar yang menandakan bahwa Jumat begitu istimewa dalam islam.

Salah satunya adalah penciptaan Nabi Adam dan masuknya Adam menuju surga untuk kemudian dikeluarkan lagi. Selain itu hari Jumat juga hari yang ditetapkan sebagai hari kiamat di kemudian waktu.

Baca Juga:  Bacaan Dzikir Pagi untuk Memperoleh Keberkahan Sepanjang Hari

Keistimewaan Jumat sebagai hari agung pada dasarnya sudah ada pada beberapa surat dan hadist yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW bersama sahabat-sahabatnya. Hal itu seperti keterangan pada beberapa kutipan hadist berikut ini.

“Hari baik yang paling baik ketika terbitnya matahari adalah hari Jumat. Pada hari itu saat Adam diciptakan, Adam dimasukkan ke surga, dan kemudian beliau (Adam) dikeluarkan dari surga. Sementara hari kiamat tidaklah terjadi selain pada hari Jumat” (HR. Muslim).

“ Sesungguhnya Jumat adalah tuannya hari, serta hari yang paling mulia, paling agung disisi Allah SWT” (HR. Ibnu Majah; Hasan).

Kedua hadist riwayat diatas menerangkan bagaimana hari Jumat dianggap sebagai hari yang istimewa untuk umat muslim karena peristiwa besar Islam terjadi pada hari tersebut.

Sebab hari jumat adalah hari yang istimewa berikut adalah amalan sunnah di malam atau hari Jumat yang dianjurkan terkait al-Qur’an yaitu membaca surat al-Kahfi, sebagaimana hadis:

من قرأ سورة الكهف يوم الجمعة أضاء له من النور ما بينه وبين البيت العتيق

Baca Juga:  Doa Ziarah Makam Wali Lengkap Beserta Tatacaranya

“Barangsiapa membaca Surat al-Kahfi di hari Jumat, maka Allah menwrangi cahaya antara orang tersebut dengan Ka’bah.” (HR. al-Baihaqi. Sanadnya Shahih)

Kemudian menurut Ahli hadits Syaikh al-Manawi, amalan sunnah di malam atau hari Jumat tidak hanya surat al-Kahfi, tetapi ada surat lain, yakni membaca surat Yasin:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan Shaffat di malam Jumat, maka Allah memberikan kepadanya permintaannya.” (HR. Abu Dawud dari Ibn Abbas. Abdurrauf al-Munawi)

Beberapa hadis yang menjelaskan mengenai keutamaan membaca surat Yasin:

“Dari Ma’qil bin Yasar r.a. bahwa Rasulullah Saw. bersabda: Surat al-Baqarah adalah puncak keutamaan al-Quran, setiap ayatnya disertai delapan puluh malaikat, dan Ayatul Kursi dikeluarkan dari bawah ‘Arasy lalu bergabung bersamanya atau bergabung dengan surat al-Baqarah, sedangkan Yasin adalah inti Al-Qur’an tidaklah seseorang membacanya semata-mata karena menginginkan ridha Allah dan akhirat melainkan ia akan diampuni, dan bacakanlah ia untuk orang-orang yang meninggal di antara kalian.” (HR. Ahmad)

Dari Anas r.a. berkata, Rasulullah Saw. bersabda:

لكل شىء قلب وإن قلب القرآن و يس ، . ومن قرأ ديس ، كتب له بقراءته قراءة القرآن عشر مرات

Baca Juga:  Jangan Panik! Begini Bacaan Doa Saat Bencana Alam Terjadi

“Sesungguhnya segala sesuatu memiliki inti dan inti al-Qur’an adalah Yasin, barangsiapa yang membaca surat Yasin, maka Allah menuliskan baginya dikarenakan membacanya, pahala membacanya sebanyak sepuluh kali.” (HR. Tirmidzi)

Dari Anas r.a. berkata: Rasulullah Saw. bersabda:

من قرأ يس ابتغاء وجه الله غفر الله له

“Barangsiapa yang membaca Yasin pada suatu malam hanya karena Allah, maka ia akan di ampuni.” (HR. Ibnu Hibban).

Demikian amalan sunnah di malam dan hari jumat yang patut kita kerjakan. Selain itu sebetulnya masih banyak lagi ibadah-ibadah lain yang juga dianjurkan untuk diamalkan di malam dan hari jumat, seperti membaca shalawat, tahlil, sedekah dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat. Wallahua’lam bisshawab.

Arif Rahman Hakim

Santri, Wirausahawan dan Penulis at Pecihitam.org
Pengurus PWCINU dan LAZIZNU Okinawa - Jepang Tahun 2017
Arif Rahman Hakim
Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi, menyedekahkan sebagian harta kamu di Jalan Dakwah

DONASI SEKARANG