Argumen Islam Tentang Ide Kebebasan Beragama

argumen islam tentang ide kebebasan beragama

Pecihitam.org – Islam adalah salah satu agama yang mendukung ide kebebasan beragama. Dalam Alquran ada ayat yang seringkali dikutip oleh para ulama untuk mendukung ide kebebasan beragama, yakni ayat “La Ikraha fi ad-Din” tidak ada paksaan dalam beragama.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Ayat ini ditafsirkan oleh seorang ulama bernama Jaudad Said bahwa Islam mendukung sepenuhnya kebebasan setiap individu untuk masuk ke dalam suatu agama dan untuk keluar dari suatu agama. Banyak ulama yang berkata bahwa ayat ini termasuk di dalam kategori ayat, lafadz, dan teks yang sangat umum, yang disebut dengan lafadz “am”.

Dalam pandangan ushul fiqh madzhab Hanafi, lafadz “am” merupakan dhalalahnya qadh’i, artinya tidak bisa dibatalkan oleh hadits ahad. Karena hadits ahad dhalalahnya adalah dhanni, sementara lafadz “am” dhalalahnya adalah qadh’i, maka banyak ulama yang berkata bahwa pindah agama sangat dibenarkan berdasarkan ayat “La Ikraha fi ad-Din”.

Tapi tentu saja, pandangan seperti ini akan banyak ditolak oleh ulama lain, karena sebagian ulama menyatakan bahwa dhalalahnya lafadz “am” itu dhanni. Sehingga ayat itu bisa dibatalkan oleh hadits ahad. Salah satu hadits yang seringkali dipakai sebagai hambatan untuk menggagalkan ide kebebasan beragama adalah hadits “Man badhala dinnahu faqtulu” barang siapa yang pindah agama maka bunuhlah.

Baca Juga:  Pentingnya Filsafat bagi Kaum Muslim; Mengikis Fanatisme, Meredam Ekstremisme

Namun menurut penjelasan Jaudad Said, hadits di atas dinyatakan bukan hanya tidak jelas dari sudut perawinya, seperti tentang bagaimana asal-usul kemunculnya, banyak ulama justru meragukan kebenaran hadits itu karena bertentangan dengan prinsip dasar yang tertuang dalam ayat Alquran.

Sebagian ulama berkata bahwa ketika hadits bertentangan dengan Alquran, maka bukan Alquran yang dibatalkan, tapi justru hadits itu sendiri yang dibatalkan dan disesuaikan dengan Alquran. Ini bisa dianalogikan misalnya, di dalam kasus Indonesia, ketika terjadi seperangkat perundang-undangan, atau produk undang-undang baru yang ternyata bertentangan dengan UUD 45, maka bukan UUD itu yang dibatalkan, tapi produk baru dari undang-undang itu yang harus diadaptasikan dan disesuaikan dengan UUD.

Begitu juga dalam kasus Islam, ketika ada hadits yang menyatakan “membunuh orang yang pindah agama itu dibenarkan”, maka hadits ini harus diadaptasikan dan dicocokkan dengan penjelasan ayat Alquran. Dan, ketika Alquran menyatakan “La Ikraha fi ad-Din”, tidak ada paksaan di dalam beragama, maka jelaslah bahwa ayat inilah yang harus didahulukan untuk menguatkan argumentasi atas ide kebebasan beragama.

Baca Juga:  KH Afifuddin Harisah: Rasulullah Membenci Chaos, Pelakunya dan Segala Bentuk Provokasi

Ayat ini juga menjadi dasar bagi sebagian para pemikir Islam mutakhir untuk mendukung ide-ide kebebasan beragama. Dukungan ini jelas tidak keliru karena di dalam ayat Alquran seringkali dinyatakan bahwa Alquran memberikan kebebasan kepada manusia, apakah ia ingin menjadi orang yang beriman atau ingin menjadi kafir.

Dengan demikian, seharusnya masyarakat Islam tidak memandang bahwa kebebasan beragama itu merupakan ide yang dicangkok dari dunia luar, tetapi justru kebebasan beragama merupakan gagasan yang muncul dan dikembangkan secara internal dalam khazanah Islam.

Sekali lagi, ide kebebasan beragama bukanlah diadopsi dari luar Islam, terutama dari dunia Barat yang sekuler dan liberal, tapi ide kebebasan beragama digali dari perut peradaban pemikiran Islam. Karenanya, umat Islam tidak perlu ragu untuk mendukung ide kekebasan beragama ini. Sebab, kebebasan beragama sangatlah sesuai dan cocok dengan ajaran yang tertuang dalam Alquran.

Sehingga, berbagai fenomena pindah agama yang beberapa bulan terakhir cukup hangat dibicarakan di Indonesia, khususnya adanya sebagian dari kalangan artis yang pindah agama, tidak seharusnya membuat para penganut agama, baik muslim maupun non-muslim, merasa risau dengan kejadian itu. Justru yang perlu dilakukan adalah sebuah apresiasi bahwa orang-orang yang telah pindah agama, dengan seluruh hak dan kebebasan yang dimilikinya, telah benar-benar menemukan keyakinan yang sejati sesuai dengan hati nuraninya.

Baca Juga:  Berimanlah Tanpa Perlu Menghina Iman Orang Lain

Agama sejatinya soal keyakinan individual, ketika seseorang telah mencapai usia matang, dia memiliki kebebasan dan hak untuk pindah agama sesuai dengan suara hati dan keteguhan iman baru yang sampai kepadanya.

Fenomena pindah agama juga tidak perlu dijadikan isu kontroversi di kalangan masyarakat. Sebab, ketika hidayah atau petunjuk telah sampai kepada seseorang, maka tidak ada satu orang pun yang dapat menghalangi untuk pindah agama sesuai dengan petunjuk yang menyertainya.

Rohmatul Izad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *