Orang Tua Harus Punya Cara untuk Menghibur Anak, Diantaranya dengan Mengajak Jalan-jalan

Orang Tua Harus Punya Cara untuk Menghibur Anak, Diantaranya dengan Mengajak Berpergian

Pecihitam.org – Pada dasarnya  setiap anak suka akan hiburan, apalagi jika keseharian mereka sudah dipenuhi dengan kewajiban bersekolah dan kegiatan tambahan di luar sekolah. Oleh karena itu, orang tua harus mempunyai cara menghibur anak, salah satunya adalah mengajak anak berpergian supaya hilang kejenuhan mereka.

Pecihitam.org, dapat Istiqomah melahirkan artikel-artikel keislaman dengan adanya jaringan penulis dan tim editor yang bisa menulis secara rutin. Kamu dapat berpartisipasi dalam Literasi Dakwah Islam ini dengan ikut menyebarkan artikel ini ke kanal-kanal sosial media kamu atau bahkan kamu bisa ikut Berdonasi.

DONASI SEKARANG

Orang tua seharusnya menyisakan waktu di antara kesibukannya untuk mengisi waktunya bersama anak-anak. Betapa hiburan sangat penting untuk membangun hubungan yang harmonis antara anak-anak dan kedua orang tua.

Berpergian bersama seluruh keluarga merupakan kegiatan positif yang disenangi anak-anak. Mereka akan mengenal dunia di luar kesehariannya. Berpergian bisa dilakukan dalam mengunjungi saudara atau sanak kerabat untuk mempererat silaturahmi. Atau bisa juga pergi ke tempat wisata, misalnya pegunungan, pantai, museum, tempat bermain dan sebagainya.

Berpergian dapat juga dilakukan dalam rangka liburan, anak-anak akan senang menikmati pemandangan di sepanjang perlajanan. Selain itu, berpergian akan menambah pengalaman bagi anak. Malalui pengalaman tersebut ia akan memiliki pengetahuan baru yang menyenangkan.

Sambil berpergian kita bisa menunjukkan padanya nama-nama tempat yang dilalui, sejarahnya, lama perjalanannya dan sebagainya. Jika perjalan singkat kita bisa menyisipnya dengan pembicaraan yang bermanfaat.

Baca Juga:  Definisi Kafa’ah Dalam Pernikahan Menurut Hukum Islam

Sambil menikmati perjalanan tentu anak akan mendengar apa yang kita bicarakan. Mereka tentu akan antusias karena mereka dianggap penting  sehingga perlu dilibatkan dalam pembicaraan.

Bisa saja kita menyisipkan ilmu pengetahuan mengenai sesuatu, misalnya tentang jalan raya, jembatan, traffic light, bangunan-bangunan, pepohonan, taman, sungai dan sebagainya. Anak-anak akan senantiasa terhibur hatinya.

Rasulullah saw. menemani Anas dan anak Ja’far putra pamannya serta Al-Fadhl putra pamannya. Berikut ini adalah kisah yang dituturkan oleh ‘Abdullah ibnu ‘Abbas putra pamannya yang diajaknya bersama di atas unta kendaraannya.

Ibnu ‘Abbas ra. dapat menimba pengetahuan secara langsung berkat kebersamaan dalam kesempatan ini di udara yang terbuka, dengan pikiran yang bersih dan qalbu yang terbuka.

Dalam perjalanannya ini Rasulullah saw. mengisinya dengan beberapa pelajaran sesuai jenjang usianya dan kemampuan daya tampung pikirannya melalui dialog ringkas, langsung dan mudah, tetapi sarat dengan makna dan sesuai dengan usianya.

Menyenangkan anak-anak dengan hiburan akan semakin mempererat tali kasih antara orang tua dengan anak. Fisik pun akan terasa segar karena terlepas sejenak dari rutinitas yang menyebabkan kebosanan dan kejenuhan.

Baca Juga:  Konsep Kafa’ah Dalam Hukum Perkawinan Di Indonesia

Kebersamaan ini menunjukkan betapa Allah mengaruniakan kasih sayang antara orang tua dengan anak.

Sebagaimana Rasulullah saw. pernah bersabda sebagaimana riwayat Ibnu Abu Syaibah

“Pemberian tambahan seseorang kepada keluarganya lebih utama daripada pemberian tambahan kepada orang lain seperti keutamaan seseorang shalat berjamaah dibanding dengan shalat sendiri.” (HR. Ibnu Abu Syaibah)

Namun bagi orang tua yang memiliki pendapatan yang terbatas, mungkin tidak mampu memberi hiburan kepada anak-anak dengan berpergian. Tetapi itu tidak perlu khawatir, karena mencari hiburan itu bukan cuma di luar rumah bahkan di dalam rumah pun juga bisa memberikan hiburan kepada anak-anak.

Hiburan yang dapat diberikan di dalam rumah misalnya, nonton film bersama, berkebun, memelihara kelinci, memasak bersama dan sebagainya yang dapat menyenangkan hati anak-anak.

Yang terpenting bagi anak-anak adalah mereka bisa bermain dan menghabiskan waktu bersama orang tuanya. Jadi bagi orang tua yang mampu memberikan hiburan kepada anak-anak dengan berpergian atau berliburan, maka lakukanlah dan berikanlah waktu kalian sebentar untuk anak-anak agar mereka bisa menikmati dunia luar dan juga bisa menikmati indahnya alam ciptaan Allah swt.

Baca Juga:  Pentingnya Kursus Pra Nikah Dalam Membentuk Keluarga Sakinah

Inilah tips memberikan hiburan kepada anak dengan mengajaknya berpergian atau bisa juga menikmati hiburan di dalam rumah bagi orang tua yang tidak mampu untuk memberikannya di luar rumah. Anak-anak pasti merasakan senang dan bahagia karena orang tuanya mau meluangkan waktu untuk mengajak mereka bermain dan menikmati hiburan.

Demikianlah uraian singkat tentang cara menghibur anak. Semoga bermanfaat bagi saya dan pembaca semuanya. Amin. Wallahu ‘alam.

Mehri Andani MB